Comscore Tracker

Ini 5 ‘Ritual’ Pagi Anak Sebelum Mereka Sekolah Online di Rumah 

Anak-anak jadi makin semangat nih!

Jakarta, IDN Times - Sekolah online jadi bentuk nyata kebiasaan baru untuk anak-anak tetap bersekolah. Tapi kenyataannya, sekolah online ini punya banyak rintangannya lho. Gak mudah dilakukan oleh anak-anak dan orangtua. 

Buat kamu para millennial parents yang punya keluhan yang sama. Ssst, kamu nggak sendiri kok, IDN Times punya lima 'ritual' di pagi hari yang bisa kamu coba sebelum anak-anak memulai sekolah online di rumah. Check this out! 

1. Tetap bangun pagi

Ini 5 ‘Ritual’ Pagi Anak Sebelum Mereka Sekolah Online di Rumah Shutterstock/Ronnachai Palas

Kebiasaan bangun pagi tetap harus dilakukan ya, meski saat ini anak-anak masih menjalani sekolah dari rumah. Agar anak-anak tetap bisa bangun pagi, kamu sebagai orangtua juga harus bisa memberikan contoh ya. Soalnya anak-anak ini suka meniru kebiasaan orang-orang di sekitarnya terutama orangtua.

Gak perlu khawatir kok, ada masanya anak-anak merasa malas untuk bangun pagi. Itu hal yang wajar banget, makanya peran kamu sebagai orangtua sangat dibutuhkan agar mereka semangat bangun pagi

Baca Juga: 6 Cara Asyik Biar Bangun Pagi Lebih Awal, Butuh Konsisten

2. Ajak anak untuk berolahraga ringan

Ini 5 ‘Ritual’ Pagi Anak Sebelum Mereka Sekolah Online di Rumah Shutterstock/TORWAISTUDIO

Agar anak-anak lebih semangat menjalani sekolah online, kamu bisa ajak mereka untuk berolahraga ringan dulu ya. Kamu bisa ajak mereka jalan pagi, bersepeda, senam, atau olahraga yang mereka suka. 

Berolahraga juga membantu fisik mereka untuk terus bergerak. Apalagi saat sekolah online, anak-anak cenderung lebih banyak duduk saja ya. Jadi, penting banget nih mengajak mereka berolahraga di pagi hari.

3. Sarapan dan minum susu

Ini 5 ‘Ritual’ Pagi Anak Sebelum Mereka Sekolah Online di Rumah Shutterstock/all_about_people

Hal yang gak kalah penting yang harus dilakukan di pagi hari, yaitu sarapan. Saat tubuh punya amunisi yang cukup untuk beraktivitas seharian, efeknya bisa berpengaruh sama konsentrasi juga lho. Terutama untuk anak-anak yang sedang sekolah online, fokus dan konsentrasi jadi hal harus dimiliki nih!

Tak hanya saat sarapan saja, amunisi untuk anak-anak juga bisa diberikan ketika mereka membutuhkan waktu istirahat. Seperti yang bisa mereka dapatkan di sekolah, meski di rumah mereka juga butuh ‘break’ juga lho. Nah, agar energi mereka kembali pulih, kamu bisa berikan anak-anak MILO Kotak.

Siapa hayo di antara kamu yang gak suka minum MILO? Minuman kombinasi coklat, susu dan malt ini memang sudah populer banget ya, bahkan sejak kamu kecil. Oh iya, MILO Kotak ini bisa banget jadi sahabat anak, soalnya MILO dapat memberikan energi berkelanjutan yang mendukung aktivitas dan belajar anak sepanjang hari selama di rumah. Wah, harus banget nih berikan anak-anak kebaikan MILO Kotak selama belajar di rumah ya! Kamu bisa langsung dapatkan di sini lho.

4. Persiapkan buku dan alat pendukung untuk belajar online

Ini 5 ‘Ritual’ Pagi Anak Sebelum Mereka Sekolah Online di Rumah Shutterstock/TY Lim

Sebelum anak-anak mulai sekolah online, wajib banget nih kamu sebagai orangtua mengajak anak-anak untuk mempersiapkan buku dan alat-alat pendukung lainnya. Sebab, jika kurang persiapan, itu bisa membuat mereka kurang fokus menerima pelajaran.

Sebisa mungkin dampingi mereka untuk selalu mempersiapkan semuanya ya. Lebih bagus lagi, jika hal itu dipersiapkan sejak malam hari. Sehingga, keesokan harinya bisa lebih tenang dan gak terburu-buru ya!

5. Tetap pakai seragam sekolah dong

Ini 5 ‘Ritual’ Pagi Anak Sebelum Mereka Sekolah Online di Rumah Shutterstock/Travelpixs

Anak-anak pasti merasa kangen ya dengan situasi sekolah. Makanya, kamu bisa membuat vibes rumah jadi terasa seperti sekolah nih. Beberapa guru pasti juga menganjurkan anak-anak ketika sekolah online dengan tetap memakai seragam. Hal ini dilakukan, agar anak-anak gak kehilangan semangat belajar lho!

Selain itu, kamu juga bisa menata ruangan belajar layaknya ruang kelas ya. Bisa juga dikasih hiasan-hiasan agar anak-anak gak cepat merasa bosan ketika belajar di rumah. Dan jangan lupa ya, mematikan televisi, silent handphone agar anak-anak tetap bisa berkonsentrasi.

Dari kelima ‘ritual’ ini apakah kamu siap menjalaninya bersama dengan anak-anak? (CSC)

Baca Juga: Sekolah Online Lebih Mudah Jika Orangtua dan Anak Kompak di 5 Hal Ini

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi
  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya