Comscore Tracker

Membuat Hunian Pintar Ramah Kantong, Ini Dia Penjelasan dan Tipsnya!

Hunian pintar yang sangat membantu kehidupan sehari-hari

Mengusung tema “Hunian Pintar Ramah Kantong” dan membahas tren hunian pintar yang digemari masyakarat Indonesia dalam beberapa tahun ke belakang, Shopee mengadakan Bincangshopee 6.6 Rumah & Hobi Sale pada Selasa (24/5/2022) secara daring. Acara ini dihadiri oleh aktor dan pengusaha Christian Sugiono dan arsitek Revano Satria.

Shopee bersama kedua narasumber tersebut gak hanya berdiskusi mengenai tren smart home, tetapi juga membagikan langkah mudah atau tips yang bermanfaat untuk dapat mewujudkannya. Yuk, simak!

1. Mengenal apa itu hunian pintar

Membuat Hunian Pintar Ramah Kantong, Ini Dia Penjelasan dan Tipsnya!ilustrasi rumah pintar (pexels.com/Designecologist)

Hadirnya smart home atau hunian pintar sangat membantu kita untuk mengoperasikan rumah tanpa harus melibatkan ART (Asisten Rumah Tangga). Gak hanya dari sistem teknologi yang digunakan, sebuah hunian juga dapat dikatakan pintar jika dalam penggunaannya dapat membuat sang penghuni nyaman dan tetap produktif di rumah. 

Hunian pintar ini juga membuat kita berpikir secara smart mengenai bagaimana seharusnya menata barang dengan rapi pada tempatnya, awet, dan gak mengganggu pemandangan. Revano menjelaskan tentang rumah pintar yang gak hanya jadi hunian pintar secara teknologi, tetapi juga bisa menciptakan suasana bahagia.

“Istilah konsep smart home itu sendiri adalah ketika secara keseluruhan sebuah rumah bisa menjadi hunian yang tidak hanya pintar secara teknologi yang dipakai, tetapi juga di saat yang bersamaan dapat menciptakan suasana bahagia dan mendorong produktivitas para penghuninya," kata Revano.

2. Hal penting serta kelebihan hunian pintar yang bisa membantu kehidupan sehari-hari

Membuat Hunian Pintar Ramah Kantong, Ini Dia Penjelasan dan Tipsnya!Christian Sugiono dalam Bincangshopee 6.6, Selasa (24/5/2022) (IDN Times/Mitha Aullia)

Hal terpenting saat mempunyai hunian pintar adalah sebuah kenyamanan. Christian Sugiono merasa bahwa sistem hunian pintar jadi solusi yang dapat membantu meringankan pekerjaan sekaligus menghemat waktu. Selain nyaman dan enak dihuni, hunian pintar juga higienis, efisien, dan terjamin dalam aspek keamanan rumah.

Smart home menunjang higienis, seperti di kamar mandi yang memakai smart closet sehingga orang-orang gak perlu menyentuh apa-apa karena semua bisa berfungsi sendiri. Kemudian efisiensi, misalnya AC. Saya lupa matiin AC, tapi kita bisa tetap kontrol melalui handphone dan soal keamanan bisa menggunakan CCTV karena gak mungkin sepanjang hari staf memperhatikan setiap sudut rumah. Maka, pentingnya CCTV untuk bisa melihat sesuatu yang gak setiap saat kita lihat,” jelas Christian Sugiono.

Saat mempunyai rumah berbasis smart home, hidup jadi lebih praktis. Dengan bantuan teknologi yang canggih, kita bisa mengandalkan hal tersebut dan gak mengganggu aktivitas sehari-hari, terlebih ini akan sangat berguna karena kita juga bisa tetap mengontrolnya walaupun saat berada jauh dari rumah.

3. Tips saat membangun hunian pintar, khususnya untuk pemula

Membuat Hunian Pintar Ramah Kantong, Ini Dia Penjelasan dan Tipsnya!Tips membangun rumah pintar ala Revano Satria (IDN Times/Mitha Aullia)

Membangun hunian rumah pintar ini tentunya juga mempunyai beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga tercipta hunian yang nyaman ditinggali. Revano memberikan tips apa saja hal yang harus dilakukan untuk membuat hunian pintar yang ramah kantong, khususnya bagi pemula. Ada 5 cara, antara lain:

1. Gali informasi tentang keunggulan konsep smart home
2. Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki 
3. Cari tahu apa yang hunian kamu butuhkan
4. Pastikan peralatan smart home sesuai dengan tipe hunian kamu
5. Bandingkan fungsi dan kualitas dari peralatan smart home

Barang hunian pintar saat ini begitu banyak, namun gak semuanya pasti diperlukan. Untuk itu, butuh riset lebih dalam mencari barang-barang tersebut.

Carilah barang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup. Untuk pemula, coba dari membeli barang yang murah terlebih dahulu kemudian lihat kualitasnya melalui review. Karena harganya yang gak mahal, gak ada salahnya buat kamu coba-coba.

Baca Juga: 8 Desain Rumah Bernuansa Tropis, Serasa Tinggal di Resor 

4. Aspek hunian pintar yang harus kamu ketahui

Membuat Hunian Pintar Ramah Kantong, Ini Dia Penjelasan dan Tipsnya!Ilustrasi perabot di rumah pintar (Pexels.com/John Tekeridis)

Selain tips, ada pula aspek yang harus kamu ketahui saat membangun dan mendekorasi hunian rumah pintar. Pencahayaan merupakan salah satu aspek terpenting karena jadi hal pertama yang dicari. Pemakaian smart lamp tentunya sangat membantu pemilik rumah dalam mengontrol pemakaian lampu.

Selain itu, fungsi dan tampilan juga menjadi aspek penting. Karena saat kita memasuki hunian, yang dilihat pertama kali merupakan tampilan dari interior rumah. Saat ini, banyak produk yang menunjang tampilan hunian pintar, seperti sistem curtain otomatis.

“Hunian pintar juga bisa diciptakan dari berbagai aspek, seperti di rumah saya sendiri misalnya. Kami selalu menjaga barang-barang dan rumah tetap tersusun rapi dan bersih, juga memanfaatkan setiap ruangan yang ada di rumah dengan maksimal untuk mendukung aktivitas kami sehari-hari seperti untuk bekerja, belajar hingga berolahraga. Intinya, saya ingin memastikan bahwa semua penghuni bisa tinggal dengan nyaman di rumah,” ungkap Christian Sugiono.

5. Peran Shopee yang sangat membantu masyarakat untuk membangun hunian pintar

Membuat Hunian Pintar Ramah Kantong, Ini Dia Penjelasan dan Tipsnya!Checklist hunian pintar ramah kantong (dok. Shopee)

Mewujudkan hunian pintar itu gak selamanya membutuhkan peralatan yang mahal dan ongkos besar. Berbagai pilihan produk atau perangkat rumah pintar dengan harga yang ramah di kantong, kini dapat dengan mudah ditemukan.

“Sebagai e-commerce yang senantiasa memperhatikan kebutuhan dan tren yang sedang berkembang di tengah masyarakat, kami melihat bahwa hunian pintar kini telah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat Indonesia karena berbagai manfaat serta kemudahan yang ditawarkan,” ungkap Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia.

Di Shopee, kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai barang hunian rumah pintar. Apalagi dengan adanya campaign Shopee 6.6 yang diikuti beragam promo belanja yang menguntungkan, seperti gratis ongkir dan super diskon 60 persen. Review dari pelanggan lain juga memudahkanmu untuk mengetahui kualitas barang tersebut.

Seperti beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa smart home atau rumah pintar itu sangat membantu masyarakat dalam mengorganisir rumah sehingga menciptakan rumah yang nyaman dengan barang-barang yang fungsional. Nah, yuk mulai coba membangun smart home!

Baca Juga: 9 Desain Rumah Tradisional dari Berbagai Negara, Ada Rumah Gua!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya