Comscore Tracker

5 Kewajiban yang Harus Dipenuhi oleh Suami kepada Istri Menurut Islam

#IDNTimesLife Wajib memberikan rasa cinta dan kasih sayang

Menikah gak hanya sebatas tinggal bersama hingga maut memisahkan. Dalam ajaran Islam, suami dan istri memiliki kewajiban dalam pernikahan yang patut dipatuhi terhadap pasangannya.

Berikut ini beberapa kewajiban suami terhadap istri dalam pernikahan menurut Islam. Yuk, simak!

1. Memberikan mahar dan nafkah

5 Kewajiban yang Harus Dipenuhi oleh Suami kepada Istri Menurut IslamInstagram.com/lambe_turah

Kewajiban pertama yang harus dilakukan oleh suami kepada istri adalah memberikan mahar dan nafkah. Mahar sendiri merupakan mas kawin yang patut laki-laki berikan saat menikahi perempuan.

Nafkah dapat berupa sandang, pangan, dan papan (memberi pakaian, makanan, dan rumah). Hal ini disebutkan pula dalam Al-Qur'an Surat An-Nisa ayat 4, yang berbunyi, "Berikanlah mas kawin kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan."

Kemudian, diperkuat dengan Surat Al-Baqarah ayat 233, yang berbunyi, "Dan kewajiban bapak memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya..."

2. Memberikan rasa cinta dan kasih sayang

5 Kewajiban yang Harus Dipenuhi oleh Suami kepada Istri Menurut Islamfreepik.com/freepic_diller

Suami tentunya wajib memberikan rasa cinta dan kasih sayang kepada istri. Kewajiban ini bahkan disampaikan dalam Qur'an Surat Ar-Rum ayat 21, yang terjemahannya berbunyi:

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih sayang dan rahmat. Sesungguhnya yang demikian itu benar-benar menjadi tanda-tanda bagi kaum yang berpikir."

Jadi, sebagai suami kamu bisa memberikan rasa cinta dan kasih sayang kepada istri dengan bertutur kata lembut, memberi rasa tenang, mengekspresikan rasa cinta, dan menunjukkan kasih sayang.

3. Menjaga istri

5 Kewajiban yang Harus Dipenuhi oleh Suami kepada Istri Menurut Islamfreepik.com/rsdesign888

Dalam Islam, suami juga wajib menjaga istrinya dengan baik. Artinya, suami wajib menjaga harga diri istri, menjunjung tinggi kehormatannya, dan melindunginya dari segala sesuatu yang dapat menodai kehormatannya. Selain itu, suami wajib menjaga rahasia yang dimiliki istrinya.

Baca Juga: 5 Sikap Durhaka kepada Orangtua dalam Ajaran Islam, Harus Dihindari!

4. Membimbing istri

5 Kewajiban yang Harus Dipenuhi oleh Suami kepada Istri Menurut Islampixabay.com/elkimmelito

Selanjutnya, suami wajib memberikan bimbingan agama pada istri dan menyuruhnya untuk selalu taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Dalam konteks ini, suami juga wajib menjaga istrinya dari perbuatan dosa yang dapat mendatangkan keburukan bagi keluarga sebagaimana disebutkan dalam surat At-Tahrim ayat 6, yang berbunyi:

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."

5. Menggauli istri secara baik

5 Kewajiban yang Harus Dipenuhi oleh Suami kepada Istri Menurut IslamPexels.com/Alex Green

Dalam ajaran Islam, menggauli pasangan dengan baik adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh suami kepada istri. Artinya, suami wajib bercinta dengan istri dengan cara yang baik dan gak kasar atau sampai menyakiti sang istri.

Kewajiban ini disebutkan dalam Qur'an Surat An-Nisa ayat 19, yang terjemahannya berbunyi, "Dan bergaul lah dengan mereka secara patut. Kemudian, bila kamu tidak menyukai mereka, (bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak."

Itu dia beberapa kewajiban yang harus dipenuhi oleh seorang suami kepada istri menurut ajaran Islam. Selalu perlakukan istrimu dengan baik dan mulia, ya!

Baca Juga: Punya Arti Buruk, 12 Nama Bayi Ini Dilarang dalam Islam

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya