Comscore Tracker

5 Sikap Orangtua yang Bisa Membuat Anak Kehilangan Rasa Percaya Diri

Kenali dan hindari!

Salah satu faktor penting dalam membangun rasa percaya diri anak, datang dari orang terdekatnya, yaitu orangtua. Sayangnya, terkadang secara tidak sadar, sikap orangtua bukannya membentuk anak menjadi tangguh.

Sebaliknya, ada sikap yang justru membentuk anak menjadi tidak percaya diri. Lantas, sikap apa saja itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Berteriak dan memukul anak

5 Sikap Orangtua yang Bisa Membuat Anak Kehilangan Rasa Percaya Diripixabay/Robin Higgins

Berteriak dan memukul anak sama saja dengan menunjukkan kemarahan. Hal ini bisa melemahkan anak. 

Bahkan, dengan berteriak dan memukul, orangtua bisa mengganggu kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah dan mengatasi konflik. Hal ini juga bisa membuat anak tidak percaya diri hingga usianya besar nanti.

2. Selalu mengungkit masalah yang sebenarnya sudah selesai

5 Sikap Orangtua yang Bisa Membuat Anak Kehilangan Rasa Percaya Diripexels/Ketut Subiyanto

Hubungan antara orangtua dan anak tidaklah selalu mulus. Terkadang, ada saja konflik atau masalah yang dihadapi. Ketika masalah tersebut sudah selesai, terkadang orangtua lupa dan kerap membahas kesalahan anak yang telah lalu ketika sedang marah.

Hal ini sama saja dengan mengajarkan anak untuk memendam emosi dan dendam kepada orang lain. Selain itu, anak pun akan sulit memperbaiki perilakunya untuk jadi lebih positif dan mengembangkan kepercayaan dirinya.

3. Berbicara kasar

5 Sikap Orangtua yang Bisa Membuat Anak Kehilangan Rasa Percaya Diripexels/mohamed Abdelgaffar

Dalam keadaan apa pun, sebaiknya usahakan untuk tidak berbicara dengan kasar kepada anak. Hal ini juga termasuk jika kamu sedang berada dalam emosi yang membuncah atau sedang diselimuti amarah.

Sebab, ucapan kasar pada dasarnya dapat menyakiti hati anak dan membuatnya malu serta merasa tidak percaya diri. Ketika itu terjadi, hubungan antara orangtua dan anak pun akan terganggu, bukan?

Baca Juga: 6 Sikap Orangtua Ini Diimpikan oleh Anak Introver yang Sulit Bercerita

4. Sering membuat anak merasa bersalah

5 Sikap Orangtua yang Bisa Membuat Anak Kehilangan Rasa Percaya Diripexels/Ketut Subiyanto

Tak hanya berhenti mengungkit masalah yang pernah terjadi, namun sebagai orangtua, kamu juga harus berhenti memarahi dan menekan anak secara berlebihan. Sebab, sikap ini justru dapat membuat anak merasa bersalah terus menerus.

Ia jadi sulit mengelola perasaan yang dimiliki. Pada akhirnya, sang anak akan mengalami krisis kepercayaan diri.

5. Terlalu ikut campur dengan urusan anak

5 Sikap Orangtua yang Bisa Membuat Anak Kehilangan Rasa Percaya Diripexels/Ketut Subiyanto

Orangtua kerap kali merasa cemas jika sang anak harus melakukan segala sesuatu secara mandiri. Pada momen tersebut, biasanya mereka akan berusaha untuk mencampuri urusan sang anak agar apa yang dikerjakan dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Dalam hal ini, memberikan kepercayaan pada anak merupakan sesuatu yang penting untuk membangun rasa percaya diri. Meski dihadapkan pada kegagalan, hal tersebut bisa jadi pelajaran yang berharga agar mereka lebih dewasa dan mampu menghadapi permasalahan yang sama ke depannya.

Bila sebagai orangtua, kamu telah menyadari bahwa sikap yang dilakukan terhadap anak merupakan hal yang salah, cobalah untuk memperbaikinya! Hal ini tentu akan sangat baik untuk perkembangan perilaku anak ke depannya, termasuk membangkitkan rasa percaya dirinya.

Baca Juga: 5 Cara Membantu Anak Temukan Potensinya, Orangtua Wajib Banget Paham

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya