Comscore Tracker

Tips Menjadi Ibu Pintar di Era Digital, Wajib Up to Date!

Jadi ibu yang up to date!

Dengan segudang kegiatan, menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah. Dengan kegiatan yang begitu banyak, pastilah ibu tetap menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Zaman sekarang kita sudah dimudahkan dengan teknologi sehingga informasi pun dengan mudah didapat.

Dalam acara Shopee Moms Club yang diadakan di 100 Eatery & Bar, Jakarta pada Jumat (21/2), Sandra Ratnasari (Editor in Chief Popmama.com) dan Sarwendah membagikan tips menjadi ibu pintar di era digital, apa saja ya? Yuk kita simak!

1. Bergaul dengan komunitas yang mendukung

Tips Menjadi Ibu Pintar di Era Digital, Wajib Up to Date!Sesi talkshow Shopee Moms Club. 21 Februari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

Tips pertama yanng diberikan oleh Sandra (Editor in Chief Popmama.com) adalah Bergabung dengan komunitas yang mendukung dan memberi manfaat. Dengan mengikuti komunitas, moms akan dengan cepat mendapat infomasi yang bermanfaat.

Pilar komunitas yang harus diingat oleh para moms adalah mendapat teman yang baik, dapat pengetahuan yang bermanfaat untuk keluarga dan lingkungan, serta dapat sharing kebaikan.

2. Bertemu para expert

Tips Menjadi Ibu Pintar di Era Digital, Wajib Up to Date!(Kanan) Sandra Ratnasari (Editor in Chief Popmama.com) saat talkshow. 21 Februari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

Jangan ragu untuk menemui para ahli dari bidangnya. Jika moms memiliki keluhan ataupun hal yang harus ditanyakan. Dengan bertanya langsung pada ahlinya, moms pasti mendapat masukan yang lebih akurat.

3. Bergabung dengan forum yang tidak menghakimi

Tips Menjadi Ibu Pintar di Era Digital, Wajib Up to Date!(Ki-ka) MC, Christin Djuarto (Direktur Shopee Indonesia), Sarwendah (selebriti) saat talkshow Shopee Moms Club. 21 Februari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

Sekarang ini banyak sekali judgement yang ditujukan pada para ibu. Karena itu, masuklah dalam forum yang sehat dan menghindari anggotanya yang saling menghakimi. Judgement seperti ini bisa berbahaya lho, bisa-bisa ibu kehilangan percaya diri dalam membesarkan anaknya.

Baca Juga: Jadi Ibu Muda, 5 Influencer Ini Kerap Bagi Tips Parenting di Instagram

4. Jangan berhenti belajar

Tips Menjadi Ibu Pintar di Era Digital, Wajib Up to Date!Pemenang kuis Shopee Moms Club. 21 Februari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

Teruslah belajar dan berbagi dengan sesama. Sebagai sesama ibu, bisa saling sharing pengetahuan yang sesuai dengan passion-nya. Contohnya jika moms memiliki hobi masak, bisa sharing mengenai resep, atau jika moms peduli linkungan, bisa juga mengajak moms yang lain untuk kampanye cinta lingkungan.

5. Melek teknologi

Tips Menjadi Ibu Pintar di Era Digital, Wajib Up to Date!Sarwendah (Selebriti) di acara Shopee Moms Club. 21 Februari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

Sarwendah pun menambahkan nih tips menjadi ibu pintar, yaitu dengan melek teknologi.  Jangan malu untuk searching, karena sekarang zaman sudah canggih. Sekarang kita bisa bertanya di grup komunitas atau internet untuk informasi yang kita butuhkan.

"Malu searching sesat di jalan" ujar istri Ruben Onshu ini.

6. Pintar mengelola waktu

Tips Menjadi Ibu Pintar di Era Digital, Wajib Up to Date!Foto bersama narasumber Shoppe Moms Club. 21 Februari 2020. IDNTimes/Nadin Azani

Waktu bersama buah hati akan terasa cepat berlalu, dan mereka akan sibuk dengan dunianya masing-masing. Hal inilah yang menyebabkan Sarwendah sebisa mungkin memanage waktu dengan baik agar waktu dengan sang buah hati tak terlewatkan begitu saja.

“waktu anak anak tak akan keulang lagi, aku harus bonding sama mereka. Jadi aku kalau belanja online tengah malem” sambung Sarwendah.

Nah itu dia beberapa tips menjadi ibu pintar di era digital ini. Walau sudah dibantu dengan internet dan teknologi, manfaatkan dengan bijaksana ya!

Baca Juga: Mantap Nikah Muda, 10 Artis Ini Jadi Ibu Sebelum Berusia 23 Tahun

Topic:

  • Nadin Azani
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya