Comscore Tracker

Bukan Pergaulan, Ini 5 Sikap Orangtua yang Berpengaruh ke Pribadi Anak

#IDNTimesLife Kemajuan anak bisa terhambat

Masa kecil anak yang tak akan terulang dua kali adalah periode emas untuk membentuk kepribadian mereka. Gak cukup hanya dengan membeli baju-baju lucu dan mainan mahal, hadiah yang paling mereka butuhkan adalah kehadiran orangtuanya secara nyata. Beberapa menit dari waktu yang diberikan orangtua setiap harinya, jadi modal utama untuk mengokohkan kepribadian anak.

Memang, pengaruh gawai dan lingkungan pergaulan, punya andil dalam membentuk kepribadian anak. Tapi tetaplah orangtua yang sebenarnya memegang kendali. Itulah urgensinya mendidik anak sedini mungkin, supaya mereka punya prinsip yang bisa dipegang saat terjun ke lingkungan luar.

Lalu apa saja sih sikap orangtua yang justru bisa menghambat kemajuan pribadi anak? Simak poin-poinnya, ya!

1. Lebih banyak menceramahi daripada mendengar isi hati anak 

Bukan Pergaulan, Ini 5 Sikap Orangtua yang Berpengaruh ke Pribadi Anakpexels.com/josh willink

Sebenarnya anak-anak lebih membutuhkan figur yang bisa diteladani daripada kritikan. Kalau orangtua ingin anak melakukan A, maka berilah mereka contoh perbuatan A. Terlalu banyak mengkritik kelalaian mereka, bisa menimbulkan kebencian pada apa yang seharusnya dilakukan.

Alih-alih mengkritik, cobalah untuk sedikit bersabar dengan mau mendengar alasan di balik perilaku anak. Boleh jadi maksud anak berbeda dengan dugaan negatif orangtua.

2. Gak bisa jauh dari HP saat menemani anak bermain

Bukan Pergaulan, Ini 5 Sikap Orangtua yang Berpengaruh ke Pribadi Anakpexels.com/kamaji ogino

Gimana anak bisa dekat kalau orangtuanya sendiri gak hadir secara utuh? Orangtua memang hadir secara fisik, tapi HP terlalu sering mengambil alih perhatiannya. Padahal warisan termahal orangtua untuk anaknya adalah beberapa menit dari waktunya setiap hari.

Simpanlah ponselmu saat bermain dengan anak, kalau perlu matikan. Biarkan anak merasakan cintamu yang begitu besar. Rasakan kesejukan jiwa saat melihat anak-anak tertawa.

3. Malas memotivasi anak dengan obrolan sarat nasihat setiap hari

Bukan Pergaulan, Ini 5 Sikap Orangtua yang Berpengaruh ke Pribadi Anakpexels.com/August de Richelieu

Internet, televisi dan lingkungan pertemanan selalu punya celah untuk memberi pengaruh buruk pada anak. Karena itu, penting bagi orangtua meluangkan waktu untuk menjalin obrolan dengan anak. Bisa dengan bertanya hal-hal apa saja yang mereka alami lalu selipkan nasehat yang relevan.

Kurangnya komunikasi akan membuat anak sulit untuk terbuka. Kalau anak sudah tertutup pada orangtua sendiri, lantas bagaimana mau memotivasi mereka?

Baca Juga: 5 Film Hollywood Tentang Toxic Parenting yang Punya Pesan Moral

4. Menuntut anak patuh pada larangan tapi enggan mendengar tangisannya 

Bukan Pergaulan, Ini 5 Sikap Orangtua yang Berpengaruh ke Pribadi Anakpexels.com/Vlada Karpovich

Ketika anak harus menjauhi larangan, orangtua kerap menegurnya dengan emosi. Tak ayal, anak pun langsung menangis. Boleh bersikap tegas, tapi tidak dengan cara mengacuhkan perasaan anak. Jangan bosan menjelaskan sederet alasan di balik larangan. Rangkul anak saat ia menangis, tapi tetap terapkan aturannya.

Sambil mendekap tangisannya, orangtua bisa menjelaskan dampak buruk seandainya larangan itu tetap dilakukan. Gak mudah memang menghadapi rengekan anak. Tapi kalau orangtua konsisten dengan larangannya, anak bakal berusaha memahaminya.

5. Malas mendampingi anak untuk mencintai nilai-nilai agama 

Bukan Pergaulan, Ini 5 Sikap Orangtua yang Berpengaruh ke Pribadi Anakpexels.com/Gabby K

Ingin anak mencintai agama tapi malas memperkenalkan mereka pada keutamaan kitab suci? Selain mengantar anak pada guru mengaji atau sekolah agama, orangtua juga perlu meluangkan menitnya untuk mengajarkan nilai-nilai kebaikan yang diperintah Tuhan.

Penanaman nilai kehidupan dari orangtua langsung, adalah wujud cinta yang lebih dibutuhkan anak untuk menapaki hidupnya ke depan. Karena itu, sebisa mungkin orangtua harus menjauhi bentuk sikap kelalaian yang disebutkan di atas, kalau gak ingin anak punya kepribadian yang buruk.

Bukan kah anak adalah investasi terbesar orangtua?

Baca Juga: 10 Akun Instagram Ibu Muda yang Wajib Follow untuk Parenting

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Hai !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

Berita Terkini Lainnya