Comscore Tracker

Berdampak Serius, 5 Alasan Penting Terapkan Parenting Sejak Dini

Dirimu butuh keluarga yang selalu ada #IDNTimesLife

Setiap orang tua ingin melakukan yang terbaik bagi anaknya, mencukupi semua kebutuhannya dan tempat tinggal yang membuatnya nyaman. Meski ada beberapa hal yang menjadi permasalahan, keluarga ialah satu - satunya tempat ternyaman untuk kembali dari rutinitas yang padat dan membuatmu penat.

Terkadang orang tua tanpa sadar melakukan hal-hal yang justru menyakiti hati anak, karena orang tua hanya berpikir dari sudut pandang mereka sebagai seorang dewasa yang jauh lebih berpengalaman dari anak-anak mereka.

Maka dari itu ilmu parenting sangat dibutuhkan dalam lingkungan rumah tangga agar tidak terjadi kesalahpahaman atau ketidaktahuan orang tua yang menyebabkan runtuhnya keluarga, apa pun yang terjadi dalam keluarga harus kamu syukuri. Berikut lima alasan pentingnya ilmu parenting bagi anak, apa saja?

1. Saling menghargai dalam lingkungan keluarga

Berdampak Serius, 5 Alasan Penting Terapkan Parenting Sejak DiniIlustrasi keluarga bahagia (pexels.com/Caleb Oquendo)

Banyak orang tua memberikan janji kepada anak-anak mereka, namun mereka tidak konsisten dalam perbuatan dan perkataannya. Terkadang hal sepele itu tidak disadari oleh orang tua dan membuat si anak merasa tidak dihargai, kekecewaan itu akan membuat anak berpikir bahwa orang tuanya suka berbohong. Sebagai orang tua harus memberikan pemahaman yang jelas agar anak benar-benar mengerti bahwa yang mereka inginkan tak harus selalu dikabulkan.

2. Memahami karakter anak 

Berdampak Serius, 5 Alasan Penting Terapkan Parenting Sejak Diniilustrasi bermain bersama anak (pexels.com/Tatiana Syrikova)

Memberikan kasih sayang dan membangun hubungan dekat dengan anak tidak bisa dilakukan hanya dengan memberi mereka hadiah, berikan mereka apresiasi atas pencapaian yang mereka lakukan dalam hobi atau kegiatan lainnya.

Hal ini akan membuat anak merasakan kasih sayang dari keluarga yang terus ada dan tumbuh menjadi seseorang yang tangguh dan dukungan penuh dari keluarganya.

3. Mempererat kekeluargaan 

Berdampak Serius, 5 Alasan Penting Terapkan Parenting Sejak DiniIlustrasi keharmonisan orangtua dan anak (pexels.com/cottonbro)

Semarah apa pun kamu kepada anak, jangan sampai kamu berbicara dengan nada tinggi dan berteriak kepadanya. Karena perlakuan seperti itu akan membuat anak merasa ditolak dan tidak diinginkan keberadaannya, tindakan dan perkataan kasar orangtua akan memicu anak untuk berbuat hal yang kasar kepada orang lain termasuk orang tuanya sendiri. Berikan anak dukungan yang penuh kasih sayang dan alasan yang membuat mereka mengerti tentang apa yang mereka lakukan itu tak semuanya benar.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Kurangnya Ilmu Parenting dalam Rumah Tangga

4. Menjaga kesehatan mental anak

Berdampak Serius, 5 Alasan Penting Terapkan Parenting Sejak DiniIlustrasi bercanda bersama keluarga (pexels.com/Elina Fairytale)

Orangtua adalah contoh yang baik dan terdekat bagi setiap anak, sebagai orang tua harus bersikap konsisten dalam berkata-kata. Bertingkah laku yang baik dan tidak melakukan apa yang kamu larang untuk anak, lakukan itu dimanapun dirimu berada agar anak bisa meneladani sikap orang tuanya dengan baik. Karena orang tua sangat berpengaruh bagi masa depan anak dalam masa perkembangannya.

5. Membiasakan tutur kata dan perilaku yang baik 

Berdampak Serius, 5 Alasan Penting Terapkan Parenting Sejak DiniIlustrasi mengajarkan sopan santun pada anak (pexels.com/Gustavo Fring)

Sebagai orang tua jangan biasakan untuk mengeluarkan kata-kata negatif kepada anak, karena kata-kata tersebut akan tertanam dibenak anak-anak. Apa yang orang tua pernah lakukan pada anak, itulah yang akan diingat oleh mereka hingga mereka beranjak dewasa.

Untuk itu penting bagi orang tua selalu mengajarkan dan memberikan yang apa yang tidak mereka ketahui tentang kehidupan. Tindakan dan apresiasi dari keluarga akan berpengaruh bagi mental dan masa depan anak, karena kebiasaan orang tua akan ditiru oleh anak hingga mereka dewasa.

Meski kecewa kamu perlu memahami bahwa setiap orangtua juga tidak selalu mengerti apa maumu, beri kesempatan bagi mereka untuk memahami meskipun itu sulit. Ubahlah dirimu agar kamu mampu memahami setiap persoalan dengan tenang dan selalu belajar dari kesalahan.

Baca Juga: 5 Tips Parenting di Film 'Wonderful Life' yang Patut Dijadikan Catatan

Noer Suhasbi Photo Verified Writer Noer Suhasbi

Sedang mengetik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya