Comscore Tracker

5 Alasan Seorang Kakak Rentan Terkena Depresi Sejak Dini

Hidupmu butuh ketenangan sejenak 

Berbagai macam penyakit mental umumnya ialah hal yang tak semua orang tahu, banyak yang mengabaikan atau malah menganggapnya remeh.

Jika tak segera diatasi akan banyak orang yang tersiksa jiwanya hanya karena tekanan mental dan keadaan yang diabaikan, maka perlu penanganan khusus ke psikolog untuk berkomunikasi atas masalah yang dilalui.

Hal seperti ini harus diperhatikan, banyak generasi muda yang bunuh diri dikarenakan masalah sepele dan mental mereka yang tak teratasi.

Karena anak muda adalah penerus generasi selanjutnya yang diharapkan lebih peduli dengan kesehatan mental dan tak ragu berkonsultasi agar tak membebani diri sendiri, untuk itu sangat disayangkan jika banyak anak muda mengakhiri hidupnya karena stres menghadapi tekanan yang mereka lewati.

1. Memikirkan masalah sepele yang tak berujung

5 Alasan Seorang Kakak Rentan Terkena Depresi Sejak Dinipexels.com/JESSICA TICOZZELLI

Masalah yang dirimu alami akan menjadi kekuatanmu dalam menjalani pahitnya hidup, semua memiliki porsinya masing - masing.

Tak usah risau dengan apa yang kamu hadapi sekarang, suatu saat dirimu akan mensyukuri apa yang telah tuhan berikan kepadamu. Alihkan pikiranmu melalui hobby dan kegiatan positif lainnya, karena dirimu hanya perlu terbiasa menghadapi dan melaluinya dengan tenang.

2. Berusaha menyembuhkan trauma

5 Alasan Seorang Kakak Rentan Terkena Depresi Sejak Dinipexels.com/Ezekixl Akinnewu

Berusaha melupakan namun tetap teringat bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, apapun yang terjadi di masa lalu ialah pembelajaran bagi dirimu agar tak terjebak pada kesalahan yang sama.

Hanya karena kamu membutuhkan waktu lebih lama untuk berproses bukan berarti kamu gagal, keinginanmu untuk sembuh dari trauma masa lalu harus lebih kuat dari pikiran negatif yang akan membuat dirimu merasa terpuruk.

3. Sulit membuka diri dan menerima orang lain 

5 Alasan Seorang Kakak Rentan Terkena Depresi Sejak Dinipexels.com/Spencer Selover

Menjalin relasi pertemanan akan menambah banyak pengalaman dan hal yang belum kamu ketahui sebelumnya, dengan menjalin relasi kamu akan tahu ada banyak sekali yang belum dirimu pahami tentang kehidupan.

Mengungkapkan apa yang menjadi keresahanmu selama ini juga perlu, dirimu butuh sesuatu yang baru untuk belajar menjadi seseorang yang berbeda dan unggul dalam berbagai hal.

Baca Juga: 5 Hal tentang Gangguan Afektif Musiman, Depresi saat Perubahan Musim

4. Menciptakan pikiran negatif dengan kejadian yang tak terduga

5 Alasan Seorang Kakak Rentan Terkena Depresi Sejak Dinipexels.com/Elijah O'Donnell

Dukungan dan usaha dari dirimu sendiri untuk mencapai apa yang menjadi impianmu butuh usaha yang maksimal, lampauilah batas dirimu yang membuatmu hebat tanpa perlu memperlihatkannya.

Tenangkan dirimu sejenak dan belajar berdamai dengan keadaan, karena tak semua inginmu harus terwujudkan segera. Semua butuh proses yang panjang hingga kamu tahu bahwa perjuanganmu menuai hasil yang maksimal.

5. Rasa insecure dalam diri yang semakin tumbuh

5 Alasan Seorang Kakak Rentan Terkena Depresi Sejak Dinipexels.com/Viajero

Dirimu tak akan menjadi lebih baik jika terus membanding - bandingkan sesuatu dengan orang lain, di luar sana pasti ada yang lebih baik dan lebih hebat. Namun bukan berarti dirimu harus selalu dibandingkan, karena setiap orang memiliki keunikan masing - masing yang tak dimiliki orang lain.

Tetaplah konsisten pada prinsip dirimu yang terus berusaha mewujudkan apa yang dirimu impikan tanpa orang lain tahu, karena disaat semua tak seperti biasanya dirimu juga harus terbiasa tanpa semuanya.

Kalahkan ego dan rasa takut dalam dirimu untuk terus melangkah maju, tak pernah ada yang tahu apa yang menanti dirimu di depan namun apa yang kamu perjuangkan saat ini akan menentukan jalannya.

Baca Juga: 5 Manfaat Tidur dengan Anjing yang Sudah Terbukti, Anti Depresi!

Noer Suhasbi Photo Verified Writer Noer Suhasbi

Sedang mengetik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya