Comscore Tracker

Selamat Hari Ibu! 5 Tips biar Mama jadi Rasa Teman buatmu

Bikin hubungan ibu dan anak semakin erat

Ibu adalah segalanya untuk anak-anaknya. Ibu merupakan sosok teladan bagi anaknya. Ibu adalah orang tua yang sangat mulia, oleh karenanya surga berada di telapak kaki ibu. Banyak anak yang gak dekat dengan ibunya, buat kamu yang pengen membangun kedekatan, bisa dicoba cara di bawah ini.

1. Menjadikannya tempat cerita yang aman

Selamat Hari Ibu! 5 Tips biar Mama jadi Rasa Teman buatmuIlustrasi belajar (unsplash.com/Alexander Dummer)

Tidak disadari ketika ada masalah, terpikirkan untuk meluapkan masalah kita kepada teman atau sahabat kita. Tapi, apakah cerita kita sudah aman di teman kita? Hal tersebut perlu dipertimbangkan kepada siapa kita bercerita.

Teman tentu sangat berbeda dengan ibu, ketika seorang anak mengalami adanya masalah dalam dirinya. Sosok ibu yang menjadi orang pertama bagi anaknya untuk menceritakan hal-hal yang terjadi pada diri anak. Ibu senantiasa akan mendengarkan cerita kita. Ibu juga memberikan solusi, nasihat yang baik bagi diri kita.

2. Hangout asyik bersama ibu

Selamat Hari Ibu! 5 Tips biar Mama jadi Rasa Teman buatmuIlustrasi hangout (unsplash.com/Rendy Novantino)

Sudah pernahkah kalian hangout bersama ibu? Jika belum, cobalah kalian hangout bersama ibu. Melakukan hangout dengan ibu akan menjadi fun, asyik, dan tentunya akan menjadi lebih seru serta mempunyai cerita tersendiri antara kamu dengan ibu.

Hangout tidak hanya dilakukan dengan makan, minum bahkan shopping saja. Tetapi, kita juga bisa melaksanakan agenda kita bersama ibu dengan melakukan berbagi rezeki yang kita punya untuk diberikan kepada orang lain yang membutuhkan. Selain hangout kita juga bisa belajar menjadi orang yang bermanfaat walaupun dilakukan dengan sedikit demi sedikit.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Anak-anak Suka Melanggar Ucapan dari Orangtua

3. Fashion ibu dan anak sama

Selamat Hari Ibu! 5 Tips biar Mama jadi Rasa Teman buatmuIlustrasi Fashion (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Memiliki selera yang sama dalam hal model dan fashion bagi ibu dan anak akan menjadi kesenangan tersendiri antara keduanya. Anak perempuan biasanya cenderung lebih meniru gaya model fashion dari ibunya. 

Anak akan cenderung suka dengan model dan fashion yang sedang update. Ibu dan anak yang memiliki kesamaan fashion menjadi keuntungan tersendiri yakni tidak akan mengalami kesulitan untuk memilih gaya model fashion ketika sedang belanja karena sudah memiliki karakter tersendiri dalam gaya model fashion.

4. Melakukan hobi bersama

Selamat Hari Ibu! 5 Tips biar Mama jadi Rasa Teman buatmuIlustrasi masak (unsplash.com/Hillshire Farm)

Hobi yang kamu miliki tidak akan jauh berbeda dengan orang tua. Anak perempuan biasanya cenderung meniru kegemaran dari ibunya. Menyalurkan hobi dapat dilakukan pada weekend. Misalnya dengan melakukan kegiatan memasak bersama ibu. Kita dapat belajar dari ibu mengenai menu andalan ibu atau menu baru. 

Selain memasak, bagi yang suka traveling bisa dilakukan dengan bersepeda dengan mengelilingi desa-desa yang berada di sekitar desa kita dengan melihat pemandangan alam yang sangat indah. Menyalurkan hobi kita bersama ibu tentunya akan menjadi lebih asyik, berkesan, dan tentunya bermanfaat.

5. Mengenalkan sahabat dan teman kepada ibu

Selamat Hari Ibu! 5 Tips biar Mama jadi Rasa Teman buatmuIlustrasi pertemanan (unsplash.com/Duy Pham)

Ketika kamu sudah mulai beranjak remaja, pasti  mulai beradaptasi dengan teman atau lingkungan pertemanan yang baru. Tak jarang dari kamu memiliki teman bahkan sahabat yang banyak. Penting bagimu untuk mengenalkan teman atau sahabat kepada ibu. Dengan begitu, seorang kamu secara langsung belajar menjalin silaturahmi serta menambah persaudaraan dalam pertemanan dan keluarga.

Punya ibu terasa teman bagimu memang memiliki kelebihan tersendiri. Menjadi ibu terasa teman bukan menjadikanmu menjadi manja tetapi, melatihmu untuk bisa memiliki karakter keterbukaan terhadap orangtua termasuk ibu, melatih tanggung jawab, disiplin, dan menghargai satu sama lain.

Baca Juga: 5 Tips Melakukan Bonding Time dengan Anak dari Psikolog Anak-Remaja

nur azizah Photo Writer nur azizah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya