Comscore Tracker

Terapkan 7 Aturan Ini untuk Wujudkan Pernikahan yang Tenteram

Kamu dan pasangan bisa mencobanya

Kehidupan pernikahan memang tak pernah luput dari pasang surut masalah. Hal kecil bisa menjadi besar, begitupun sebaliknya. Semua tergantung dari bagaimana kamu dan pasangan dalam menyikapinya. Pernikahan adalah sebuah hubungan sakral dimana kamu harus bisa menerima segala kelebihan dan kekurangan pasangan termasuk juga berkompromi di dalamnya.

Jika ingin kehidupan pernikahan yang bahagia, tenteram dan damai, kamu bisa mencoba tujuh aturan berikut bersama pasangan. Apa saja aturannya?

1. Jangan pernah saling marah dalam satu waktu

Terapkan 7 Aturan Ini untuk Wujudkan Pernikahan yang Tenteramilustrasi pasangan marah (unsplash.com/itsmiki5)

Aturan paling utama adalah dengan mengendalikan emosi ketika pasangan sedang marah. Jangan membalas amarah pasangan dengan ikut-ikutan marah pula. Jika itu kamu lakukan maka tidak akan ada jalan keluar. Sebaliknya kendalikan emosimu ketika mengetahui pasangan sedang tidak enak hati dan marah. Biarkan dirinya meluapkan apa yang membebani hatinya, lalu bicarakan baik-baik tanpa ikut menjadi marah pula.

2. Jika harus memenangkan argumen, biarkan itu untuk pasangan

Terapkan 7 Aturan Ini untuk Wujudkan Pernikahan yang Tenteramilustrasi bertengkar dengan pasangan (unsplash.com/ericjamesward)

Saat sedang marah, maka seringkali ego menjadi nomor satu. Kamu cenderung tidak peduli dengan pasangan dan ingin memenangkan perdebatan. Sehingga suasana akan menjadi semakin kacau dan berantakan. Sebaiknya ketika kamu ingin memenangkan argumen maka biarkan itu menjadi argumen pasanganmu. Sehingga dengan sendirinya emosinya akan menurun dan menyadari kekeliruannya.

3. Jangan pernah mengungkit masa lalu

Terapkan 7 Aturan Ini untuk Wujudkan Pernikahan yang Tenteramilustrasi pasangan menerima satu sama lain (unsplash.com/ronnysison)

Apa yang telah menjadi masa lalu maka biarkan menjadi kenangan. Jangan pernah coba kamu ungkit kembali jika itu menyangkut kesalahan, rasa malu atau hal yang tidak baik lainnya. Tutup masa lalu dan maafkan, jangan ungkit kembali meskipun kamu ingin sekali melakukannya. Mengungkit-ungkit masa lalu bisa menjadi satu jebakan yang membuatmu terus merasa tidak nyaman dan curigaan. Jadi, sebaiknya dihindari ya!

4. Selesaikan masalah apapun sebelum tidur

Terapkan 7 Aturan Ini untuk Wujudkan Pernikahan yang Tenteramilustrasi menyelesaikan masalah sebelum tidur (unsplash.com/somnoxsleep)

Jangan membawa masalah apapun ke tempat tidur. Wajib untuk kamu dan pasangan menuntaskan apa yang menjadi perdebatan sebelum kalian tidur. Jangan tidur dalam rasa marah, dendam apalagi benci. Kamu tidak tahu apakah kalian bisa saling memaafkan setelah bangun dari tidur, atau menjadi tidur untuk selamanya. Menuntaskan masalah sebelum tidur juga bisa membawa kelegaan yang membuat tidur nyenyak.

Baca Juga: 5 Dampak Sexless Marriage, Pernikahan dengan Frekuensi Seks Minim

5. Jika melakukan kesalahan, akui dan minta maaf

Terapkan 7 Aturan Ini untuk Wujudkan Pernikahan yang Tenteramilustrasi saling berpegangan tangan (unsplash.com/pabloheimplatz)

Meminta maaf bisa menjadi sangat sulit dilakukan, jika kamu memiliki ego yang sangat tinggi. Tetapi pada dasarnya penting untuk bisa saling meminta maaf dan memaafkan saat berbuat kesalahan. Jangan bersikap defensif seakan kamu selalu benar dan gengsi untuk minta maaf. Pada dasarnya meminta maaf itu mudah, yang membuat sulit adalah ego dalam diri setiap orang.

6. Setidaknya satu kali sehari berikan pujian pada pasangan

Terapkan 7 Aturan Ini untuk Wujudkan Pernikahan yang Tenteramilustrasi membantu pasangan (unsplash.com/beccatapert)

Membangkitkan gairah cinta dan kasih sayang bisa kamu lakukan sehari-hari bersama pasangan. Pastikan untuk memberikan pujian paling tidak satu kali sehari sebagai bentuk rasa cinta dan penghargaan pada pasangan. Hal ini sangat mudah kamu lakukan dan bisa berdampak besar dalam kehidupan pernikahan. Terlebih lagi jika kamu dan pasangan telah menjalin bahtera rumah tangga yang begitu lama. 

7. Abaikan seluruh dunia, tetapi jangan pasanganmu

Terapkan 7 Aturan Ini untuk Wujudkan Pernikahan yang Tenteramilustrasi pasangan yang berbahagia (unsplash.com/juanparodriguez)

Jangan pernah abaikan pasanganmu, sekalipun dunia menyilaukanmu. Akan ada begitu banyak godaan yang bisa membuatmu abai dan mungkin lupa pada pasangan. Jangan sampai hal itu terjadi padamu dan pasangan. Ingatlah bahwa pasanganmu telah membersamaimu dan menerimamu atas apa adanya dirimu. Jangan sampai membuatnya kecewa dan meninggalkanmu.

Itulah tujuh aturan yang bisa membuat kehidupan rumah tangga aman dan tenteram. Harus saling introspeksi dan mengalah satu sama lain ya!

Baca Juga: 5 Tanda kalau Kamu Masih Belum Siap Terikat dalam Pernikahan

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya