Comscore Tracker

5 Hal Paling Jujur yang Dirasakan Anak Pertama Saat Orangtua Meninggal

Harus kuat dan tahan banting!

Kehilangan salah satu bahkan kedua orang yang paling berpengaruh dalam hidup kita sangatlah menyakitkan. Kenangan indah bersama orang terkasih takkan pernah hilang sampai kapan pun juga. Sebagai anak pertama dalam keluarga, Hal-hal ini tentu kamu rasakan ketika kehilangan orang tua yang kamu sayangi:

1. Kehilangan pegangan hidup

5 Hal Paling Jujur yang Dirasakan Anak Pertama Saat Orangtua Meninggalpixabay.com/Free-Photos

Ketika Ayah maupun ibu yang kamu sayangi telah pergi untuk selamanya, pastinya akan membuatmu merasa tidak ada lagi yang akan dapat memberikanmu kenyamanan dalam menjalani hidup. Ketika setiap hari selalu ada di sisimu dan terus memberikan semangat padamu, dan mereka harus meninggalkanmu pasti akan terasa seperti separuh jiwamu pergi.

Sebagai anak pertama tentunya kamu harus memotivasi dirimu sendiri agar lekas move on dari kesedihanmu. Kamu bisa memulai dengan berjalan-jalan di sekitar rumah agar dapat me-refresh pikiranmu.

2. Menurunnya berat badan

5 Hal Paling Jujur yang Dirasakan Anak Pertama Saat Orangtua Meninggalpixabay.com/mojzagrebinfo

Ketika mendapat kabar yang menyedihkan apalagi tentang kepergian orang yang paling kamu sayangi akan membawa dampak pada keseharianmu. Terlalu banyak hal yang kamu pikirkan juga dapat membuatmu melupakan jam makan yang berakibat dengan menurunnya berat badanmu.

Hal yang perlu kamu ingat adalah jika kamu melewatkan jam makan maka kamu akan kehilangan berat badan dan dapat terserang penyakit. Jadi, demi keluargamu jangan sampai jatuh sakit ya!

3. Stres yang berlebihan

5 Hal Paling Jujur yang Dirasakan Anak Pertama Saat Orangtua Meninggalpixabay.com/Counselling

Kesedihan yang mendalam ditambah pula dengan kewajiban mengurus keluarga dan terbebani dengan tagihan dan kebutuhan keluarga dapat menyebabkan stres juga loh. Untuk menghindarinya kamu pasti membutuhkan seseorang untuk mencurahkan isi hatimu. Dengan curhat dengan orang terpercaya dapat membuatmu sedikit lega dengan segala hal yang terngiang di kepalamu.

Jangan lupa untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga besarmu dan jangan memendam semuanya sendirian. Jalan-jalan santai di taman maupun rekreasi singkat bisa menjadi alternatif healer mu loh.

Baca Juga: 7 Sifat Cewek Anak Sulung yang Berpotensi Membuat Mereka Lebih Sukses

4. Menjadi tulang punggung keluarga

5 Hal Paling Jujur yang Dirasakan Anak Pertama Saat Orangtua Meninggalpixabay.com/StartupStockPhotos

Satu hal yang pasti dirasakan oleh anak pertama ketika orang tua nya meninggal dunia adalah menjadi tulang punggung keluarga. Apalagi jika yang meninggal dunia adalah ayah kandung. Kamu harus mulai terbiasa dengan beberapa tekanan dan juga tagihan yang masuk dan dibebankan kepadamu.

Mulailah langkahmu dengan menabung sebagian dari penghasilan bulananmu yang nantinya akan kamu gunakan untuk keperluan pribadi maupun keperluan keluarga besarmu. Ambilah beberapa tagihan ringan jika kamu baru saja terjun ke dunia kerja dan baru merasakan gaji pertama. Jadi, harus sering berhemat ya!

5. Memiliki peran ganda dalam keluarga

5 Hal Paling Jujur yang Dirasakan Anak Pertama Saat Orangtua Meninggalpixabay.com/geralt

Sebagai anak pertama pastinya kamu harus mulai terbiasa dengan urusan rumah tangga. Ketika salah satu bahkan kedua orang tuamu meninggal dunia, kini kamu memiliki peran ganda dalam keluarga.

Di satu sisi sebagai anak dan sisi lainnya dapat menjadi ayah maupun ibu. Tugas ini memang berat, namun dengan keyakinan kamu pasti akan terbiasa. Hal ini dapat membawa dampak positif juga lho. Kamu akan makin terbiasa dalam mengurus urusan rumah tangga kelak di saat kamu sudah berkeluarga.

Janganlah menjadikan kehilangan sebagai akhir dari duniamu. Segeralah bangkit dan tunjukkan pada Orang tua dan seluruh dunia bahwa kamu bisa melewati ini semua. Tetap semangat ya!

Baca Juga: 5 Keuntungan Anak Sulung Ketika Kuliah Di Rantau

Nur Maulidiyah Agustin S Photo Verified Writer Nur Maulidiyah Agustin S

A Mickey Mouse lovers | Singing | Photography | ♌ |

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You