Comscore Tracker

7 Cara Sederhana Bilang Sayang Pada Ibu Tanpa Perlu Mengatakannya

Sudah menyiapkan apa untuk hari ibu?

Jika ditanya siapa orang yang sangat berarti di dalam hidupmu, mungkin kamu akan menyebut ibumu diurutan pertama. Karena sebagai orang yang melahirkanmu, merawat dan membesarkanmu, tanpa ibu kamu bukan apa-apa. Tapi pernah nggak sih kamu ungkapin rasa sayangmu sama ibu? Bagi sebagian anak mengatakan rasa sayang pada ibu mungkin membuat canggung. Cara-cara sederhana ini bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan rasa sayang tanpa perlu mengatakannya.

1. Makan masakannya dengan lahap

7 Cara Sederhana Bilang Sayang Pada Ibu Tanpa Perlu MengatakannyaPexels/rawpixel

Salah satu hal sederhana yang paling mudah untuk kamu lakukan adalah makan masakan yang disiapkan ibumu dengan lahap. Mungkin bagimu makanan yang dibuat seorang ibu hanya bagian dari rutinitas sehingga kamu tidak perlu memaknainya berlebihan. Tapi percaya deh, ibumu memasaknya dengan cinta, berharap kamu menikmati masakannya. Jadi, cobalah untuk menghargai setiap masakan yang dibuatkan ibumu untuk membuatnya merasa senang.

2. Membantu pekerjaannya

7 Cara Sederhana Bilang Sayang Pada Ibu Tanpa Perlu Mengatakannyapexels.com

Kamu mungkin merasa orang yang paling sibuk di dunia. Tugas sekolah atau kantormu sudah banyak dan menunggu untuk dikerjakan. Tapi pekerjaan ibumu juga tidak mudah lo. Selain pekerjaan rumah yang tidak selesai dari bangun tidur hingga tidur lagi, ia juga selalu mengkhawatirkanmu setiap saat dan mampu melakukan apapun untuk melindungimu. Jadi tidak ada salahnya untuk membantu sebagian pekerjaannya. Mungkin ibu tidak akan menunjukkan reaksi apapun, namun percaya deh dalam hatinya ibumu merasa senang.

3. Memijit atau membuatkan teh untuknya

7 Cara Sederhana Bilang Sayang Pada Ibu Tanpa Perlu Mengatakannyapexels.com

Perhatian kecil seperti memijit atau membuatkan teh hangat untuk ibu ternyata berharga sekali bagi mereka. Kadang sebagai anak kamu mungkin terlalu sibuk hidup dalam duniamu dan merasa tidak perlu hal sederhana seperti itu. Padahal memberi perhatian kecil seperti memijit dan membuatkan teh membuat ibumu merasa diperhatikan.

Baca Juga: Anak Tunggal, 10 Potret Hangatnya Hubungan Cinta Laura & Orangtua

4. Mendengarkan curhatannya

7 Cara Sederhana Bilang Sayang Pada Ibu Tanpa Perlu Mengatakannyapexels.com

Pernah mendengarkan curhatan hati ibumu? Atau selama ini kamu hanya menjadi tempat curhat yang baik bagi temanmu? Untuk menunjukkan kepedulianmmu, coba deh untuk mendengarkan curhatan ibumu. Menjadi seorang ibu adalah pekerjaan yang tidak mudah. Ada banyak masalah yang kadang hanya bisa dipendam sendiri karena tidak punya tempat berbagi. Ibumu pasti akan sangat bahagia jika anaknnya mau mendengar curahan hatinya.

5. Bertanya bagaimana harinya

7 Cara Sederhana Bilang Sayang Pada Ibu Tanpa Perlu Mengatakannyapexels.com

Salah satu hal sederhana lain yang membuat ibumu merasa dipedulikan adalah bertanya bagaimana hari yang dilaluinya. Bertanya tentang perasaannya atau apa masalah yang ibumu sedang hadapi. Setelah bertanya tentang bagaimana harinya, kamu juga bisa menceritakan bagaimana kegiatanmu seharian.

6. Memberikan hadiah yang dia butuhkan

7 Cara Sederhana Bilang Sayang Pada Ibu Tanpa Perlu Mengatakannyapixabay.com

Kamu tentu juga bisa menunjukkan rasa kasih sayang dengan memberikan hadiah. Sesekali membelikan sesuatu secara khusus untuk ibumu akan membuatnya merasa spesial. Tidak perlu hadiah mahal, hanya saja pastikan kamu memikirkan ibumu ketika membeli atau membuatkannya sesuatu.

7. Memujinya

7 Cara Sederhana Bilang Sayang Pada Ibu Tanpa Perlu MengatakannyaPexels/Victoria Borodinova

Hal sederhana lainnya adalah memujinya. Ingat nggak kapan kamu terakhir kali memujinya? Memuji masakannya, memuji selera berpakaiannya atau memujinya untuk hal lain? Asal kamu lakukan dengan tulus, ibumu pasti akan menghargainya dan merasa senang karena. Meski menurut kamu itu hal sepele, untuk ibumu itu adalah hal yang sangat berkesan.

Ada banyak cara yang bisa kamu pilih untuk menunjukkan kasih sayang pada orangtua. Tidak peduli cara apa yang kamu pilih, ketulusan hatimu adalah yang terpenting.

Baca Juga: Anak Rantau, Ini Bahaya 'Empty Nest Syndrome' bagi Orangtuamu

Ruuru Photo Community Writer Ruuru

Everything will work out someday

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You