Comscore Tracker

5 Tips Mengatur Biaya Pendidikan Anak, Ibu Cerdas Wajib Tahu!

Demi masa depan anakmu kelak...

Dalam kehidupan, manusia memiliki kebutuhan yang bermacam-macam dan tentunya harus terpenuhi. Kebutuhan itu pun terus bertambah dan meningkat dari waktu ke waktu. Sehingga, manusia akan berusaha dengan cara bekerja keras agar bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka masing-masing.

Tentu berbeda jika kamu adalah seseorang yang masih single atu lajang. Biasanya, kamu hanya perlu memenuhi kebutuhan hidupmu sendiri, tanpa perlu menanggung beban kebutuhan orang lain. Padahal, jika kamu adalah sudah menikah atau bahkan punya anak, maka kebutuhan yang harus ditanggung tentu menjadi berlipat-lipat.

Jika kamu adalah seorang istri, tentulah diharapkan agar kamu bisa memiliki penghasilan sendiri yang dapat menyokong penghasilan suami. Kemudian, kedua penghasilan tersebut akan digabung dan digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan bersama. Kebutuhan bersama bisa meliputi kebutuhan sandang, pangan, papan untuk satu keluarga, hingga kebutuhan lain seperti biaya sekolah anak-anak.

Nah, biaya sekolah anak –anak inilah yang kemudian perlu menjadi perhatian serius bagi kamu selaku orang tua. Pasalnya, pendidikan formal atau sekolah merupakan salah satu hal penting dalam tumbuh kembang anak. Pendidikan formal melalui sekolah tentu tidak bisa ditinggalkan atau dilewatkan. Setiap anak yang sudah memasuki usia sekolah diwajibkan untuk bisa mengikuti pendidikan formal di sekolah. Kemudian, dari mulai Taman Kanak-kanak, pendidikan tersebut akan terus berlanjut hingga anak dewasa atau sampai pada jenjang Universitas.

Kamu merasa bingung untuk mengatur biaya sekolah anak? Membayangkan betapa banyaknya biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhi pendidikannya? Berikut adalah tips-tips mengatur biaya sekolah anak yang bisa kamu praktikkan!

1. Menyusun rencana pendidikan anak

5 Tips Mengatur Biaya Pendidikan Anak, Ibu Cerdas Wajib Tahu!unsplash.com/BrunoNascimento

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyusun rencana pendidikan anak. Tentunya, hal yang satu ini harus dilakukan sedini mungkin, bisa sebelum atau sesudah anak lahir. Diskusikan dengan pasanganmu tentang rencana-rencana apa saja yang akan dilakukan kaitannya dengan sekolah anak. Dalam diskusi tersebut, kamu dan pasangan bisa mengkalkulasi biaya pendidikan yang dibutuhkan dan membandingkannya dengan penghasilanmu dan pasangan.

2. Konsultasikan pada pakarnya

5 Tips Mengatur Biaya Pendidikan Anak, Ibu Cerdas Wajib Tahu!unsplash.com/SaiDeSilva

Melakukan diskusi sendiri, antara kamu dan pasangan mungkin saja mengalami jalan buntu. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan seputar cara-cara mengatur biaya sekolah anak. Jika sudah begitu, akan lebih baik jika kamu dan pasangan menemui ahlinya yaitu konsultan keuangan. Biasanya, mereka akan bisa menjelaskan dan memberikan pengarahan juga saran dalam upaya mengatur biaya sekolah anak tersebut.

3. Menabung

5 Tips Mengatur Biaya Pendidikan Anak, Ibu Cerdas Wajib Tahu!unsplash.com/EdwardCisneros

Cara pertama yang paling mudah dan konvensional adalah menabung. Menabung ini tentu harus dilakukan sejak jauh-jauh hari, bahkan mungkin sebelum kamu menikah. Menabung bisa dilakukan dengan cara menyisihkan sebagian gaji untuk secara teratur dikumpulkan.

Dalam proses menabung ini, kamu bisa menggunakan fasilitas tabungan biasa, tabungan pendidikan, atau dengan cara deposito. Percayalah bahwa menabung sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit alias menjadi banyak.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Mendukung Pendidikan Anak Sesuai Minat & Bakatnya

4. Menyiapkan asuransi pendidikan

5 Tips Mengatur Biaya Pendidikan Anak, Ibu Cerdas Wajib Tahu!unsplash.com/JonFlobrant

Cara lain yang sifatnya lebih modern adalah dengan membuat asuransi pendidikan. Nah, cara inilah yang kini lazim diminati kebanyakan orang. Pasalnya, dengan mendaftarkan anak untuk memiliki asuransi pendidikan, akan memungkinkan kepastian pendidikannya. Utamanya, anak perlu memiliki asuransi pendidikan sejak lahir atau saat balita. Semakin dini anak memiliki asuransi pendidikan, maka semakin tinggi kesempatannya untuk memperoleh pendidikan yang layak.

5. Sumber biaya sekolah dari reksadana

5 Tips Mengatur Biaya Pendidikan Anak, Ibu Cerdas Wajib Tahu!unsplash.com/TanaphongToochinda

Perlu diketahui bahwa biaya sekolah anak juga bisa didapat melalui cara investasi. Yaitu ketika biaya sekolah anak yang sudah kamu miliki dikelola atau diinvestasikan pada perusahaan yang bergerak di bidang manajemen investasi.

Biasanya, pihak reksa dana akan mengirim laporan perkembangan reksadana kamu, misal setiap satu bulan sekali. Reksadana juga memiliki beberapa jenis yang penggunaannya bisa dilakukan secara berkala sesuai jenjang pendidikan masing-masing anak.

Nah gimana? Sudah punya gambaran tentang cara mengatur biaya pendidikan anak yang akan kamu pilih? Sebaiknya mulai persiapkan kebutuhan ini sedini mungkin ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Keunikan Pendidikan Anak Usia Dini di Jepang

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You