Comscore Tracker

7 Tanda Anak Cerdas yang Seringkali Diabaikan Orangtua

Ternyata bisa dideteksi sejak kecil lho!

Setiap orang tua pasti mendambakan anak yang cerdas. Anak cerdas memiliki ciri-ciri tersendiri yang bisa dibilang beda dari yang lain. Mereka cenderung memiliki perkembangan yang lebih cepat dari anak-anak lain yang seumuran.

Tanda-tanda anak cerdas ini ternyata bisa diamati sejak anak usia dini. Maka dari itu kamu  harus peka dalam mengenali tanda-tandanya dan memperhatikan dengan baik perkembangan anak. Nah apakah anakmu memiliki salah satu dari tanda-tanda anak cerdas berikut ini?

1. Sudah bisa membaca sejak kecil

7 Tanda Anak Cerdas yang Seringkali Diabaikan Orangtuaunsplash.com/Jerry Wang

Anak yang cerdas akan memiliki daya ingat yang sangat kuat. Ketika ia diajari untuk membaca maka dengan cepat bisa merekam apa yang telah diajarkan kepadanya. Sehingga dengan daya ingat yang sangat baik serta kemampuan untuk belajar dengan cepat akan membuat mereka mampu membaca pada usia yang sangat dini.

Selain itu, ia akan bisa belajar lebih cepat bila dibandingkan dengan anak yang lain. Tentunya, mengajari anak yang cerdas akan lebih mudah apabila dibandingkan dengan anak yang memiliki perkembangan biasa-biasa saja. Pasalnya, anak akan langsung paham tanpa perlu mengulangi apa yang sudah diajarkan.

2. Memiliki kemampuan berjalan dan bicara di usia dini

7 Tanda Anak Cerdas yang Seringkali Diabaikan Orangtuaunsplash.com/Marjorie Bertrand

Anak yang cerdas akan lebih cepat untuk berjalan dan berberbicara. Hal yang menyebabkan cepatnya perkembangan berjalan dan berbicara tersebut dikarenakan anak memiliki kemampuan koordinasi tubuh yang sangat baik. Terlebih, biasanya kemampuan motorik kasarnya akan lebih cepat berkembang bila dibandingkan dengan kemampuan motorik halusnya. Hal ini tentu saja memudahkan mereka untuk bisa berjalan dan berbicara bahkan sejak usia dini.

3. Anak cerdas cenderung aktif bertanya

7 Tanda Anak Cerdas yang Seringkali Diabaikan Orangtuaunsplash.com/stem.T4L

Anak cerdas biasanya cepat bosan dan selalu ingin tahu tentang hal-hal baru. Nah dengan rasa ingin tahu yang besar, ia akan selalu aktif bertanya tentang hal-hal yang ingin diketahuinya sampai puas. Jadi, jangan justru marah atau kesal ketika anakmu banyak bertanya ya, karena hal itu membuktikan kalau ia sebenarnya cerdas.

Baca Juga: Unik, Ini 9 Kebiasaan Perempuan Yahudi saat Hamil Agar Anak Cerdas

4. Ia aktif dalam berargumentasi

7 Tanda Anak Cerdas yang Seringkali Diabaikan Orangtuaunsplash.com/Blake Barlow

Anak cerdas akan suka mengemukakan pendapatnya kepada orang lain. Ia sering memiliki gagasan yang bagus serta mampu memahami masalah secara mendalam dan berpikir tentang solusi. Karena kemampuan berpikir analitisnya berkembang pesat, ia akan sangat aktif berargumentasi dalam kelas atau ketika diajak berbicara.

5. Memiliki kreativitas dan banyak akal

7 Tanda Anak Cerdas yang Seringkali Diabaikan Orangtuaunsplash.com/Edi Libedinsky

Anak cerdas memiliki kemampuan kreativitas yang terbilang tinggi. Biasanya, anak akan mulai bisa mengutak-atik kemampuan berpikirnya. Misalnya, jika seorang anak memiliki atau mempunyai permasalahan tertentu maka ia akan dapat mencari solusi untuk memecahkan permasalahannya.

6. Ia yang cerdas suka memperhatikan hal detil

7 Tanda Anak Cerdas yang Seringkali Diabaikan Orangtuaunsplash.com/Markus Spiske

Ia yang cerdas memiliki "mata tajam" untuk hal-hal detil. Misalnya saja untuk anak yang lebih tua mungkin ingin tahu rincian spesifik tentang bagaimana segala sesuatu bisa bekerja. Sementara, anak dengan usia yang lebih muda biasanya akan dapat menaruh kembali mainan persis di mana ia mendapatkannya atau memperhatikan jika sesuatu telah dipindahkan dari tempat biasanya. Hebat 'kan?

7. Energik dan senang bereksperime

7 Tanda Anak Cerdas yang Seringkali Diabaikan Orangtuaunsplash.com/Olivia Bauso

Anak cerdas biasanya tak kenal lelah, sehingga tidak mau tidur siang dan susah disuruh tidur meski sudah larut malam. Dengan daya kreativitas yang sangat tinggi membuat mereka sangat suka mencoba melakukan berbagai hal baru, yang bisa jadi cukup ekstrim. Ditambah minat yang sangat tinggi untuk belajar tentang beberapa macam hal. Tentunya, hal semacam itu akan menjadikan anak-anak menjadi pengamat yang baik dan memiliki rentang perhatian yang panjang.

Dengan mengenali tanda-tanda di atas, kamu akan mengetahui apakah anakmu termasuk anak cerdas atau biasa-biasa saja. Bukan berarti mengutamakan anak yang cerdas daripada mereka yang biasa-biasa saja ya. Namun pengetahuan ini diperlukan agar kamu sebagai orang tua bisa menentukan pola asuh dan pendidikan yang tepat bagi anakmu. Hal ini pastinya akan menghantarkan anak menjadi anak yang hebat dan bermanfaat bagi sekitarnya.

Baca Juga: 7 Hal Aneh yang Biasanya Dilakukan Anak-anak Cerdas Sejak Kecil

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya