Comscore Tracker

Jangan Dilarang, 6 Manfaat Ini Akan Dirasakan Anak Ketika Main di Luar

Jauh lebih baik daripada terus bermain gadget di rumah

Apakah di keluargamu ada anak-anak? Mungkin kamu sudah menikah dan memiliki anak. Atau mungkin kamu punya adik atau keponakan yang masih kecil. Apa pun hubunganmu dengan si anak, kamu pasti sangat sayang dan menginginkan yang terbaik baginya, bukan?

Nah, salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan bagi kebaikan anak-anak adalah membiarkan mereka bermain. Anak-anak, terutama yang masih kecil, memang butuh menghabiskan banyak waktu untuk bermain. Tapi jangan biarkan mereka bermain gadget saja di dalam rumah. Sebaliknya, coba anjurkan dan ajak mereka bermain di luar.

Memang, membiarkan anak bermain di luar punya risiko tersendiri. Tapi selama ada orang dewasa yang bisa mengawasi, jangan larang anak-anak untuk bermain di luar ruangan. Kenapa? Karena anak-anak akan mendapatkan setidaknya enam manfaat berikut ini.

1. Bisa lebih sehat

Jangan Dilarang, 6 Manfaat Ini Akan Dirasakan Anak Ketika Main di Luarpexels/jonas mohamadi

Alasan pertama adalah soal kesehatan. Dibandingkan dengan bermain gadget sambil duduk seharian, bermain di luar rumah jelas jauh lebih sehat. Anak-anak bisa melakukan gerak badan, menghirup udara segar, dan menikmati sinar mentari yang menyehatkan.

Jangan khawatir pula bahwa si anak akan jatuh sakit karena terkontaminasi berbagai bakteri dan kuman di luar rumah. Justru sebaliknya, terpapar hal-hal yang gak higienis malah bisa melatih kekebalan tubuh anak. Akhirnya si anak justru jadi lebih kuat dan gak gampang sakit.

2. Melatih kemampuan motorik anak

Jangan Dilarang, 6 Manfaat Ini Akan Dirasakan Anak Ketika Main di Luarpexels/Tetyana Kvyrina

Gerak badan yang dilakukan anak di luar rumah gak hanya menyehatkan, tapi juga melatih kemampuan motorik anak. Anak-anak akan terlatih berlari, melompat, berenang, dan sebagainya. Semua itu akan sangat berguna untuk masa depan mereka nanti. Mereka akan dapat melakukan berbagai aktivitas fisik dengan luwes dan cekatan.

3. Membuat anak gak stres dan gak bosan

Jangan Dilarang, 6 Manfaat Ini Akan Dirasakan Anak Ketika Main di Luarpexels/Agung Pandit Wiguna

Kamu pasti tahu bahwa anak-anak umumnya gampang sekali bosan. Kalau melakukan kegiatan yang sama terus-menerus untuk waktu yang lama, mereka bakal mudah bosan. Maka daripada duduk seharian menatap layar gadget, pasti berpetualang di luar rumah bakal lebih asyik bagi mereka.

Hal itu berlaku khususnya buat anak yang cenderung hiper dan gak bisa diam. Jika mereka hanya 'dikurung' di rumah seharian, lama-kelamaan pasti mereka akan stres. Maka jauh lebih baik untuk membiarkan mereka bermain di luar dengan bebas.

Baca Juga: Seru, 6 Destinasi Terbaik Dunia untuk Berlibur dengan Anak-anak

4. Belajar bersosialiasi

Jangan Dilarang, 6 Manfaat Ini Akan Dirasakan Anak Ketika Main di Luarpexels/Archie Binamira

Saat bermain di luar rumah, kemungkinan si anak gak akan bermain sendirian. Anak-anak lain di sekitar rumah mungkin akan ikut bermain bersamanya. Hal itu sangat bagus karena bisa melatih si anak untuk belajar bersosialisasi dengan mereka.

Dan gak hanya dengan teman sebaya, anak juga bisa belajar bersosialisasi dengan orang dewasa lho. Misalnya dengan orangtua temannya atau dengan tetangga lain. Semua itu gak akan mereka dapat kalau seharian cuma di rumah saja, kan?

5. Belajar berempati dan bersyukur

Jangan Dilarang, 6 Manfaat Ini Akan Dirasakan Anak Ketika Main di Luarchildrens.com

Dari sosialisasi dengan orang-orang, si anak juga akan menyadari bahwa ternyata ada banyak orang yang hidupnya gak seberuntung dia. Misalnya temannya yang kurang mampu secara materi atau sedang sakit. Hal itu akan membantunya belajar berempati pada orang lain, sekaligus bersyukur karena keadaannya masih lebih baik dari mereka.

6. Belajar tentang Tuhan

Jangan Dilarang, 6 Manfaat Ini Akan Dirasakan Anak Ketika Main di Luarpexels/thiszun

Satu manfaat lagi yang gak kalah penting adalah seorang anak bisa belajar tentang Tuhan dari alam sekitarnya. Terutama bila ia ditemani oleh orang dewasa yang bisa memberinya pemahaman bahwa segala keindahan alam di sekitarnya adalah hasil karya Sang Pencipta yang menakjubkan. Pastinya, contoh nyata seperti itu akan lebih mudah ia pahami dibanding sekadar kata-kata.

Itulah enam manfaat yang bisa didapatkan seorang anak dari aktivitas bermain di luar ruangan. Maka tunggu apa lagi? Cepat ajak anak-anak di keluargamu untuk pergi keluar dan bermain!

Baca Juga: 8 Tips Mudah Snorkeling untuk Pemula, Anak-anak Juga Saja Bisa Lho!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya