Comscore Tracker

5 Desain Jendela Unik, Bikin Rumah Makin Estetik

Unsur penting yang gak boleh terlewatkan

Artikel ini merupakan kerjasama dengan Dekoruma 

Sebagai satu kesatuan struktur, jendela merupakan aspek desain yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Jendela bukan cuma soal peningkatan estetika rumah, tetapi juga punya fungsi yang benar-benar berguna untuk para penghuni rumah. Hal ini dikarenakan jendela berfungsi sebagai kanal masuknya cahaya matahari dan bagian dari sirkulasi udara sebagai jalan masuk dan keluarnya udara. Maka dari itu, jendela tidak boleh absen dari rumah. 

Di luar sisi fungsional, kembali lagi bahwa sisi estetika dari jendela juga tidak boleh diabaikan. Desain jendela juga mendukung keseluruhan estetika rumahmu. Oleh karenanya, desain yang indah dan menggugah juga mesti diaplikasikan. Dari sekian banyak desain yang bisa bikin rumah kamu makin estetika, Dekoruma punya lima inspirasi desainnya berikut ini.

1. Manisnya bay window

5 Desain Jendela Unik, Bikin Rumah Makin Estetikfreshome.com

Setidaknya di Indonesia, desain jendela seperti ini tidak terlalu umum, tapi merupakan aksen yang manis saat dipasang di rumah. Posisinya yang agak menjorok ke luar membuat ruang kecil di antara jendela-jendela tercipta. Ruang kecil ini bisa diubah menjadi area duduk.

Bay window umumnya dipasang di ruang keluarga, kamar tidur, ruang kerja, atau perpustakaan. Ruangan-ruangan yang juga bisa menjadi tempat bersantai ketika dibutuhkan. 

2. Desain jendela asimetris

5 Desain Jendela Unik, Bikin Rumah Makin Estetikcontemporist.com

Perkembangan tren arsitektur khususnya di genre modern minimalis menciptakan desain jendela asimetris. Dengan garis-garis diagonal atau bahkan di beberapa desain tampak tidak beraturan malah justru memberikan aksen dekoratif yang unik di luar aspek fungsionalitas yang masih terjaga. 

3. Bernuansa bahari dengan jendela bulat

5 Desain Jendela Unik, Bikin Rumah Makin Estetikdecoist.com

Jendela bulat sering dijumpai dengan rumah-rumah di pinggir pantai dan jendela-jendela yang ada di kapal. Meski identik dengan nuansa bahari, jendela seperti ini bisa ditempatkan di sudut rumah disesuaikan dengan konsep arsitektur rumah.

Baca Juga: 7 Inspirasi Desain Rumah ala Hygge dengan Warna Menarik

4. Desain jendela tiga dimensi

5 Desain Jendela Unik, Bikin Rumah Makin Estetikdecoist.com

Tidak melulu diapit dua dinding, jendela rumah juga bisa dibentuk menjadi tiga dimensi. Pada desain di atas, jendela dibuat menjorok ke luar dengan bingkai hitam yang tebal. Bentuk geometrisnya ini menjadikan area jendela sebagai pusat perhatian di ruangan.

5. Ultra modern dengan jendela tanpa bingkai

5 Desain Jendela Unik, Bikin Rumah Makin Estetikcontemporist.com

Desain jendela tanpa bingkai merupakan salah satu inovasi paling baru di dunia arsitektur. Jendela konvensional harus memiliki bingkai sebagai penyangga keseluruhan struktur jendela dan kaca jendela. Namun, para produsen jendela tanpa bingkai bisa membuat struktur penyangga tersebut tersembunyi sehingga jadilah jenis jendela baru yang seamless dan tidak terobstruksi oleh bingkai atau teralis. Desain ini cocok untuk rumah yang bergaya ultra modern dan minimalis. 

Pada akhirnya, jendela tak hanya berperan sebagai jalan cahaya alami dan sirkulasi udara di rumah saja, tapi juga menjadi unsur estetika ruang. Tentunya dengan penyesuaian gaya desain ruangnya juga.

Baca Juga: 12 Dekorasi Rumah Impian Berdasarkan Zodiak, Jangan Bingung Lagi!

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You