Comscore Tracker

5 Desain Kamar Tidur Mezanin, Cocok buat Pasutri Muda dan Anak Kos!

Yuk, maksimalkan penggunaan ruang dengan mezanin!

Artikel ini merupakan kerja sama dengan Dekoruma

Lantai tambahan yang posisinya lebih rendah dari lantai kedua di suatu bangunan ini umumnya ditemukan di apartemen atau ruang tinggal bergaya loft. Namun, sekarang ini rumah-rumah tinggal konvensional juga menambahkan mezanin dalam perencanaan arsitekturnya sebagai variasi desain yang sebelumnya jarang ditemukan di hunian pada umumnya. Untuk tahu seperti apa saja lantai mezanin bisa dimanfaatkan di kamar tidur, lihat yuk desain kamar tidur dengan mezanin dari Dekoruma berikut ini!

1. Area tidur ekstra di atas

5 Desain Kamar Tidur Mezanin, Cocok buat Pasutri Muda dan Anak Kos!houzz.com

Desain ini bisa jadi solusi untuk kamu yang tinggal sekamar dengan saudara atau punya lebih dari satu anak dengan tempat tinggal dengan luas yang terbatas. Supaya kamu dan saudara atau anak-anak tetap punya privasi meski ditempatkan di satu kamar yang sama, bangun saja mezanin untuk menjadi area tempat tidur kedua di luar area tidur utama di bawah.

2. Sulap bagian bawah menjadi ruang penyimpanan pakaian

5 Desain Kamar Tidur Mezanin, Cocok buat Pasutri Muda dan Anak Kos!thespruce.com

Dengan area tidur di bagian atas, ruang kosong di bagian bawah bisa dimanfaatkan untuk berbagai fungsi. Salah satunya adalah menjadi ruang penyimpanan untuk pakaian dan aksesorismu.

Tambahkan kabinet, rak, gantungan baju, atau pula tembok untuk area yang lebih tertutup. Area ini juga sekaligus bisa menjadi ruang ganti, jadi kamu bisa banget menambahkan cermin. 

3. Area serbaguna di bagian bawah

5 Desain Kamar Tidur Mezanin, Cocok buat Pasutri Muda dan Anak Kos!thespruce.com

Bagian bawah dari mezanin bisa diperuntukkan untuk hampir apa saja. Menjadikannya sebagai area duduk serbaguna akan memberikan kemudahan untuk penghuni kamar.

Area di bagian bawah ini juga bisa menjadi tempat untuk bekerja, membaca buku, bersantai, bahkan makan dan minum. Penggunaan furnitur-furnitur pintar seperti rak built-in untuk ruang penyimpanan tambahan, serta meja dan kursi lipat bisa mendukung multifungsionalitas area serbaguna ini.

Baca Juga: 11 Desain Kamar Tidur Unik, Makin Betah Rebahan

4. Ruang penyimpanan tambahan di atas

5 Desain Kamar Tidur Mezanin, Cocok buat Pasutri Muda dan Anak Kos!decorits.com

Bila area mezanin terlalu sesak untuk menaruh tempat tidur dengan ukuran single sekalipun, kamu bisa menjadikannya ruang penyimpanan terbuka tambahan. Letakkan barang-barang yang jarang dipakai, tetapi masih dibutuhkan.

Untuk penyimpanan yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan kabinet dan rak. Dengan begitu, area tidur bisa bersih dari barang-barang yang berserakan.

5. Mezanin untuk ruang kreatif

5 Desain Kamar Tidur Mezanin, Cocok buat Pasutri Muda dan Anak Kos!thespruce.com

Untukmu yang berkarier di industri kreatif, memiliki mezanin di kamar bisa diubah menjadi tempat untuk kamu bekerja. Selain itu fungsikan juga untuk melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaanmu.

Kamu bisa menjadikan mezanin sebagai studio foto, studio musik, atau workshop untuk segala aktivitas yang membuatmu bisa mengekspresikan kreativitasmu dengan bebas dan nyaman di kamar sendiri.

Itulah kelima desain kamar tidur bermezanin yang bisa kamu jadikan inspirasi saat mendesain kamarmu. Mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 9 Inspirasi Desain Kamar Mandi Bernuansa Pink, Instagramable Banget!

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You