Comscore Tracker

7 Tips Menabung Pendidikan Anak, Cocok Untuk Pasangan Muda Nih!

Asuransi pendidikan hingga investasi emas

Kebutuhan anak memang harus diutamakan, mulai dari sandang dan pangannya hingga kebutuhan pendidikan. Oleh karena itu, kamu wajib menyisihkan dana jauh-jauh hari demi memberi bekal kepada si kecil dan biaya pendidikannya bisa terpenuhi.

Meski semua kebutuhan mulai naik, jangan khawatir ada 7 cara atau tips menabung pendidikan anak yang bisa dicoba untuk pasangan muda. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasannya dibawah ini:

1. Tahapan berjangka dengan sistem auto debit.

7 Tips Menabung Pendidikan Anak, Cocok Untuk Pasangan Muda Nih!dataperbankan.com

Tahapan berjangka atau tabungan rencana bisa dibilang adalah langkah jitu yang bisa kamu coba untuk menabung demi pendidikan anak. Dengan sistem auto debit, maka pihak bank akan otomatis menarik dana yang sudah kamu sepakati dan memasukannya ke tabungan rencana. Jangka waktunya juga tergolong tak terlalu lama. Minimal kamu bisa menyisihkan dana selama satu tahun sebelum mencairkannya. Kamu dan pasangan bisa menyisihkan dana Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta rupiah tiap bulannya.

Dalam setahun kalian punya anggaran : Rp 6 - 12 juta

2. Investasi emas.

7 Tips Menabung Pendidikan Anak, Cocok Untuk Pasangan Muda Nih!arabianbusiness.com

Investasi emas bisa dilakukan untukmu yang ingin bentuk investasi aman. Kamu bisa kumpulkan uang setelah lumayan banyak jadi kamu bisa membeli emas dengan kadar yang lumayan tinggi. Hari ini harga emas berkisar Rp 530 ribu per gramnya. Setelah 2-5 tahun kamu bisa jual kembali emas yang sudah kamu beli. Keuntungan yang kamu dapat berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Pasalnya, sejak tahun 2001 harga emas bisa naik 20-37% tiap tahunnya.

3. Depositokan bonus tahunan.

7 Tips Menabung Pendidikan Anak, Cocok Untuk Pasangan Muda Nih!money.usnews.com

Jika kalian gak punya kebutuhan mendesak, maka bonus tahunan sebaiknya tak perlu digunakan. Atau kamu bisa menggunakan sekian persen dari bonus tahunan dan sisanya bisa dimasukkan ke dalam deposito. Selain aman, bunga yang didapatkan juga tergolong lumayan jika semakin lama durasi kamu menyimpannya.

4. Ikut asuransi pendidikan.

7 Tips Menabung Pendidikan Anak, Cocok Untuk Pasangan Muda Nih!qerja.com

Asuransi pendidikan bisa jadi salah satu cara mengamankan kondisi keuangan. Biasanya besaran premi yang harus dibayarkan tiap bulan adalah Rp 500 ribu. Ada jangka waktu tertentu juga sehingga kamu bisa memetakan sampai jenjang apa kebutuhan pendidikan si kecil terproteksi. Selain itu, proteksi asuransi itu lebih aman, jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu denganmu maka premi per bulan tetap dibayarkan oleh pihak asuransi dan si kecil tetap bisa menikmati dana pendidikannya.

Baca juga : Dilema Millennials: Mending Beli Mobil atau Rumah Dulu?

5. Jangan asal beli mainan, beli mainan yang ada unsur pendidikan.

7 Tips Menabung Pendidikan Anak, Cocok Untuk Pasangan Muda Nih!renzocosta.com

Mainan sebenarnya bisa dijadikan salah satu cara mendidik anak. Sekarang ini sudah banyak mainan yang didesain untuk mengedukasi. Meski memiliki harga yang agak sedikit lebih mahal, tapi ini bisa jadi salah satu cara investasi untuk memberikan pendidikan kepada si kecil sedari usia dini.

6. Gak perlu cari sekolah yang terlalu populer.

7 Tips Menabung Pendidikan Anak, Cocok Untuk Pasangan Muda Nih!ability22.blogspot.com

Sekarang ini banyak sekolah eksklusif yang membutuhkan biaya yang besar. Kamu harus menganggarkan dana sekian puluh juta hanya untuk biaya masuknya. Biaya bulanannya pun sudah menyentuh angka jutaan. Gak perlu menuruti gengsi dan mencari sekolah populer. Yang penting sekolah untuk si buah hati memiliki lingkungan aman dan track record bagus.

7. Kamu bisa memangkas keuangan dengan cara menurunkan ilmu yang kamu punya langsung ke anak.

7 Tips Menabung Pendidikan Anak, Cocok Untuk Pasangan Muda Nih!unsplash.com

Memberikan ilmu sendiri kepada sang anak bisa jadi cara jitu untuk menghemat pengeluaran. Misalnya kamu pandai berenang, fasih berbahasa Inggris, atau jago dalam hitung berhitung. Kamu bisa menurunkannya kepada si kecil. Selain hemat biaya karena gak perlu membayar tutor, kedekatanmu dengan si anak juga makin terjalin.

Gimana? Sudah tahu kan sekarang tips menabung demi pendidikan anak. Ingat kamu harus mempersiapkan dimulai dari sekarang ya!

Baca juga : Trik Nabung Beli Mobil Selama 1 Tahun Khusus Pasangan Baru

Topic:

Berita Terkini Lainnya