Comscore Tracker

5 Cara Hormati Hubungan Percintaan Orangtuamu dengan Kekasih Barunya

Jangan egois ya! 

Setiap orang pasti menginginkan sebuah keluarga yang utuh dan jauh dari sebuah masalah. Namun, setiap keluarga pasti memiliki masalahnya sendiri. Ada masalah yang biasa saja hingga ada masalah yang terlalu berat hingga berakhir di perceraian. 

Selepas perceraian, salah satu dari orangtuamu pasti lambat laun akan memiliki kekasih baru untuk dijadikan pengganti dari pasangannya. Meski kamu kecewa, kamu pun harus tetap menghormati hubungan orangtuamu dengan kekasih barunya.

Berikut ini beberapa cara terbaik untuk menghormati hubungan orangtuamu dengan kasih barunya, simak baik-baik ya! 

1. Hargai setiap keputusan yang diambil orangtuamu

5 Cara Hormati Hubungan Percintaan Orangtuamu dengan Kekasih Barunyapexels.com/Kevin Bidwell

Apa pun keputusan yang dibuat oleh orangtuamu, maka hargailah. Orangtuamu punya kehidupannya tersendiri, di mana bisa mengeksplorasi hidupnya untuk kebahagiaannya sendiri. 

Kamu pasti ingin orangtuamu bahagia selepas bercerai, bukan? Salah satu bentuk usaha untuk membahagiakan orangtuamu adalah dengan menghargai setiap keputusannya, meskipun keputusan itu menujukkan bahwa orangtuamu ingin menjalin hubungan dengan sosok yang baru. 

2. Bersikaplah biasa saja tapi tetap hormati keduanya

5 Cara Hormati Hubungan Percintaan Orangtuamu dengan Kekasih Barunyapexels.com/Jopwell

Ketika orangtuamu sudah menjalin hubungan dengan kekasih barunya, tugasmu adalah bersikap biasa saja. Biasakan diri untuk menerima kehadiran orang baru dalam hidupmu. Jangan pernah untuk menyinggung, apa lagi mencela hal-hal yang berkaitan dengan hubungan percintaan orangtuamu.

Jika kamu tak ingin orangtuamu merasa sakit hati akan sikapmu, meski sebenarnya kamu tak menginginkannya, maka cukuplah untuk menghormati saja keduanya tampan ikut campur hal yang bisa merusak suasana. 

3. Jangan pernah membandingkan kekasih orangtuamu dengan yang lain

5 Cara Hormati Hubungan Percintaan Orangtuamu dengan Kekasih Barunyaimdb.com

Meski kamu kecewa pada perceraian orangtuamu dan ditambah kecewa karena salah satu orangtuamu memiliki kekasih baru, jangan pernah untuk menunjukan sikap tak sukamu padanya. Salah satu sikap ketidaksukaan pada kekasih baru orangtuamu adalah membandingkan sikap dan perilakunya dengan pasangan orangtuamu dulu.

Hal itu tidak baik dilakukan, sebab jika kamu melakukannya, siap-siap deh kamu dan orangtuamu akan bertengkar hanya gara-gara sikap kekanakan yang kamu lakukan. 

Baca Juga: 5 Perbedaan Pola Asuh Orangtua Millennial Vs Orangtua Baby Boomers

4. Jangan pernah menunjukan sikap bahwa kamu tak menyukainya

5 Cara Hormati Hubungan Percintaan Orangtuamu dengan Kekasih Barunyaunsplash.com/Christin Hume

Kamu boleh tidak menyukai kekasih dari orangtuamu, tapi simpanlah rasa tersebut. Menujukkan bahwa kamu tidak menyukainya hanya akan memperumit hubunganmu dengan orangtuamu.

Belajarnya menjadi sosok yang dewasa. Menerima segalanya adalah hal yang baik untuk hidupmu. Rasa kecewa yang kamu rasakan pun lambat laun akan semakin berkurang dan digantikan dengan penerimaan akan hadirnya orang baru sebagai calon untuk orangtuamu juga. 

5. Berikan waktu pada orangtuamu agar dirinya bisa bahagia

5 Cara Hormati Hubungan Percintaan Orangtuamu dengan Kekasih Barunyapexels.com/Jonathan Borba

Mungkin saat keluargamu masih utuh, salah satu dari orangtuamu merasa tidak nyaman dan tak bahagia. Nah, ketika dia punya hubungan baru pasca perceraiannya, dia akan merasa bahagia kembali, seolah-olah dirinya kembali ke masa remaja saat gelora cinta masih membara.

Kebahagiaan orangtua tentunya adalah kebahagiaanmu juga, maka berikanlah waktu untuk orangtuamu dan kekasih barunya agar dapat menikmati momen bersama selama menjalin hubungan asmara. Tidak perlu marah karena kamu tak diperhatikan, karena orangtuamu pun punya hak untuk bahagia atas hidupnya. 

Itulah sederet cara untuk dapat menghormati hubungan orangtua dengan kekasih barunya. Kecewa boleh saja, tapi kamu juga harus ingat bahwa orangtuamu punya hak untuk hidup nya sendiri dan memilih sesuatu yang dapat membuatnya bahagia. Tugasmu hanyalah mendukung semua keputusannya. Jangan sampai rasa egoismu membuat kerenggangan antara kamu dan orangtua. 

Baca Juga: Sering Terjadi, 5 Hal yang Kamu Keluhkan Ini Bisa Bikin Orangtua Sedih

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya