Comscore Tracker

5 Sikap yang Bikin Mertua Sayang & Menganggapmu Anak Sendiri

Bikin rumah tangga minum drama juga, lho! 

Untuk beberapa orang menjalin hubungan dengan mertua setelah menikah, nyatanya sangat sulit sekali. Kadangkala mertua sering terlihat sinis dan segala hal yang dilakukan olehmu menjadi serba salah di mata mereka. 

Namun, ada pula beberapa sikap yang tanpa kamu sadari dapat membuat mertua jadi sayang dan menganggapmu sebagai anaknya sendiri, tanpa perlu melakukan segala usaha membuatmu lelah sendiri. Penasaran apa saja sikapnya? Berikut pembahasan yang bisa kamu simak. 

1. Kamu memiliki perilaku pekerjaan keras dan bertanggungjawab pada keluarga

5 Sikap yang Bikin Mertua Sayang & Menganggapmu Anak Sendiripexels.com/Andrea Piacquadio

Mertua paling menyukai sosok menantu yang pekerja keras. Dengan perilakumu yang bekerja keras selama ini, nyatanya menunjukkan bahwa sikapmu bertanggungjawab. Bukan hanya untuk keluarga, tapi juga untuk dirimu sendiri. 

Sikap seperti ini, bukan hanya diterapkan pada pria saja, tapi wanita pun perlu. Wanita yang pekerja keras akan dianggap sebagai sosok yang tidak selalu bergantung pada suami. Tanpa kamu sadari, mertua menyukai sosok yang seperti ini, daripada sosok istri yang segalanya dibiayai suami. 

2. Peka pada situasi sekitar dan selalu siap membantu mertua

5 Sikap yang Bikin Mertua Sayang & Menganggapmu Anak Sendiriunsplash.com/Walter Gadea

Kamu yang punya insting kuat dan peka pada sekitarmu, ternyata punya banyak manfaat tersendiri, termasuk disukai oleh mertuamu. Mereka akan menyukai sikap ini karena tak semua orang mampu peka terhadap lingkungan baru dengan orang baru pula. Apa lagi jika ditambah, kamu siap membantu kapan pun yang mertua butuhkan tanpa adanya berat hati. 

Baca Juga: 5 Trik Sikapi Calon Mertua yang Gak Menyukaimu karena Alasan Tertentu

3. Kepedulianmu tidak hanya ditunjukkan pada pasanganmu saja, tapi pada mertua juga

5 Sikap yang Bikin Mertua Sayang & Menganggapmu Anak Sendiriunsplash.com/Dmitry Vechorko

Ketika kamu sudah menikah, jangan hanya peduli pada pasanganmu saja, tapi berikan juga kepedulian pada mertuamu. Dengan kamu peduli dan menganggap mereka sebagai orangtua kandungmu sendiri, maka mertuamu pun akan merasakan ketulusan kasih sayang yang kamu beri pada mereka. Karena, setelah menikah orangtuamu bukan hanya yang kandung saja, tapi mertua juga adalah orangtuamu sekarang ini. 

4. Membuat hubungan mertua dan anak jadi lebih dekat daripada sebelumnya

5 Sikap yang Bikin Mertua Sayang & Menganggapmu Anak Sendiriunsplash.com/Loly Galina

Jangan pernah merasa memiliki pasangan seutuhnya setelah kamu menikah dengannya, apa lagi mengekang pasangan untuk selalu ada untukmu karena hal ini akan merugikanmu sendiri. Di mana, mertuamu akan merasa bahwa kehadiranmu hanya memecah keluarga.

Kamu harus menunjukkan sikap yang baik dengan cara membuat hubungan pasangan dan orangtuanya jadi lebih dekat daripada sebelumnya. Hal itu akan membuat mertuamu jadi lebih sayang padamu juga. 

5. Menerima dan meminta saran dari mertua tentang rumah tanggamu

5 Sikap yang Bikin Mertua Sayang & Menganggapmu Anak Sendirimyliveupdates.com

Mertua pasti saja khawatir dengan rumah tangga anaknya. Memberikan saran padamu akan mereka lakukan. Jangan tersinggung, apa lagi menolak sarannya. 

Jika kamu ingin disukai, maka bersikaplah legowo dan menerima saran serta kritikan dari mereka. Kamu pun bisa meminta saran dari mertuamu bilamana ada hal yang sulit dalam rumah tangga. Tentu saja, mertua akan suka dengan sikapmu karena menganggap meraka penting. 

Itulah lima sikap yang bikin mertua jadi sayang dan menganggapmu sebagai anak sendiri. Sampai sini, adakah di antaranya yang kamu miliki? 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Ibu Mertua Kerap Tak Menyukai Menantu Wanita

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya