Comscore Tracker

5 Cara Agar Terhindar dari Tindakan Diskriminasi Dalam Rumah Tangga 

Karena cinta saja tidak cukup

Menikah itu bukan hanya tentang bahagia saja. Mungkin, awal pernikahanmu, kamu dan pasangan saling mencintai satu sama kain dan merasa bahwa tidak akan ada yang menyakiti satu sama lain. 

Namun, seiring berjalannya waktu, cinta itu akan hilang. Akan ada banyak masalah yang hadir, termasuk tindakan mendiskriminasi dalam rumah tangga.

Di mana, salah satu pihak akan bertindak semena-mena dalam rumah tangga bahkan sampai menganggap rendah. Hal inilah yang nantinya muncul kekerasan dalam rumah tangga. 

Nah, agar hal itu tidak terjadi padamu, sebaiknya, ada baiknya kamu melakukan lima hal di bawah ini. 

1. Punya penghasilan sendiri

5 Cara Agar Terhindar dari Tindakan Diskriminasi Dalam Rumah Tangga unsplash.com/Alexander Mils

Sebagian besar, perceraian yang disebabkan oleh kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT timbul karena salah satu pihak tidak punya penghasilan sendiri. Di mana pihak yang punya penghasilan itu lebih dominan sehingga dia bisa berlaku semena-mena dalam rumah tangga.

Oleh karena itu, punya penghasilan sendiri dan pekerjaan yang tetap akan menghindarkanmu dari diskriminasi. Punya penghasilan berarti kamu juga berkontribusi pada keuangan keluarga. 

2. Tegas pada setiap tindakan

5 Cara Agar Terhindar dari Tindakan Diskriminasi Dalam Rumah Tangga unsplash.com/Priscilla Du Preez

Jika kamu selalu pasrah dan ikut saja pada setiap keputusan yang diambil oleh pasanganmu, maka kamu akan dianggap tidak berkontribusi pada rumah tangga. Pasanganmu menganggap bahwa kamu adalah orang yang tidak dapat dijadikan partner, makanya tak heran jika nanti kamu akan diperlakukan semena-mena olehnya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk bersikap tegas dan ikut andil dalam segala keputusan yang dibuat untuk kebaikan dalam rumah tangga. 

Baca Juga: 6 Tips Menjaga 'Kewarasan' Ibu Rumah Tangga Biar Gak Stres

3. Saling menghargai sekecil apa pun tak yang dilakukan pasangan

5 Cara Agar Terhindar dari Tindakan Diskriminasi Dalam Rumah Tangga pexels.com/Andrea Piacquadio

Sebagai pasangan, kamu harus bisa saling menghargai setiap detail kecil apa pun yang dilakukan oleh pasangan. Berikan dia pujian dan ucapan terima kasih. Bukan hanya itu saja, berikan dia sebuah perlakukan istimewa juga darimu.

Dengan melakukan hal tersebut, pasangan juga akan memperlakukanmu dengan sangat istimewa. Tidak ada tindakan diskriminasi yang akan diterima karena pasangan sakit hati kamu tidak memperlakukannya layaknya pasanganmu. 

4. Menjaga agar kehidupan seksual tetap harmonis

5 Cara Agar Terhindar dari Tindakan Diskriminasi Dalam Rumah Tangga unsplash.com/Pablo Heimplatz

Hubungan ranjang atau seksual itu adalah bentuk komunikasi tertinggi dalam rumah tangga. Kamu dapat menjaga kedekatan emosionalmu dengan melakukan seks secara rutin dengan pasangan, sehingga rasa cinta dan sayang akan tetap terjaga dengan sangat baik. Tentunya tidak akan ada tindakan semena-mena yang dilakukan dalam rumah tangga karena kedekatan emosionalmu tetap ada. 

5. Dekat dengan kedua keluarga besar

5 Cara Agar Terhindar dari Tindakan Diskriminasi Dalam Rumah Tangga unsplash.com/Loly Gelina

Kedekatan antar keluarga itu perlu. Bukan hanya antara kamu dan orangtuamu saja, tapi dengan orangtua pasangan juga. Dengan kamu dekat dengan orangtua pasanganmu, dia akan menganggapmu sebagai pribadi yang bisa memperlakukan mertua dengan sangat baik layaknya orangtuamu sendiri.

Dia pun akan berpikir dua kali jika menyakitimu. Kamu yang menyayangi orangtuanya mana tega dia menyakitimu, sebab menyakitimu sama saja dia menyakiti hati kedua orangtuanya sendiri. 

Itulah lima cara agar kamu bisa terhindar dari tindakan diskriminasi dalam rumah tangga. Kelimanya harus kamu lakukan tanpa terkecuali, jika kamu tidak ingin tindakan diskriminasi terjadi padamu. Selamat mencoba! 

Baca Juga: 5 Aktivitas Sederhana Rumah Tangga yang Mampu Ciptakan Sisi Romantis

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya