Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Orangtua Gak Menyukai Pasanganmu

Kamu perlu berjuang bersama pasangan untuk dapat restu

Ketika menjalin hubungan cinta ke arah yang serius, maka restu orangtua adalah segalanya bagimu. Namun, bagaimana jika orangtua malah bersikap tak menyukai pasanganmu dan menyuruhmu untuk tidak melanjutkan hubungan? Perasaan sedih dan kecewa pasti ada, karena harapanmu akan berakhir sia-sia. 

Jika kamu mengalami hal seperti itu, tak perlu berlarut-larut dalam kesedihan dan rasa kecewamu terhadap orangtua, karena kamu hanya perlu melakukan beberapa hal di bawah ini saja, agar orangtua bisa menyukai pasanganmu dan memberikan restunya pada hubungan cintamu ini. Simak baik-baik, ya! 

1. Komunikasikan secara baik dengan orangtua, mengapa ia tak menyukainya

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Orangtua Gak Menyukai Pasanganmupexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika orangtua tak menyukai pasanganmu, maka kamu harus mencari tahu alasan yang melatarbelakangi ketidaksukaannya tersebut. Karena, orangtua yang tak menyukai hubungan asmara anaknya, pastilah punya alasan yang tidak pernah kamu tahu.

Untuk itu, cobalah melakukan komunikasi secara baik dan terbuka dengan orangtua. Dengan begitu kamu akan mengetahui segalanya. Namun, saat orangtua berbicara menjelaskan semuanya, maka terimalah segala nasehat darinya dan jangan pernah sekalipun kamu membantah perkataannya.

2. Intropeksi diri dari pembicaraan yang dilakukan bersama orangtua

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Orangtua Gak Menyukai Pasanganmupexels.com/Chinmay Singh

Setelah mengetahui semua alasan ketidaksukaan orangtua pada pasanganmu, kini renungilah semua alasannya. Intropeksi dirilah, apakah hubunganmu selama ini membawa pengaruh buruk bagimu atau tidak. 

Jika membawa pengaruh buruk, maka patuhilah nasehat dari orangtuamu untuk tidak melanjutkan hubungan dengannya, karena jika melanjutkan hanya akan membuatmu sengsara. Namun, jika tak membawa pengaruh buruk apa pun, maka kamu harus berusaha untuk meyakinkan orangtuamu. 

3. Pahami, bahwa ketidaksukaan mereka hanya kerena kurang yakin pada pasanganmu

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Orangtua Gak Menyukai Pasanganmuunsplash.com/Daniel Mingook Kim

Dalam intropeksi yang kamu lakukan, pahamilah bahwa ketidaksukaan orangtuamu hanyalah ketidakyakinan yang mereka rasakan dan bukan berarti mereka tak merestui hubunganmu. Justru, mereka ingin mengenal lebih jauh lagi untuk meyakinkan dirinya akan pilihanmu itu.

Oleh karena itu, sebagai anak, kamu harus memberi keyakinan orangtuamu, bahwa pasangan yang kamu pilih untuk jadi pendamping hidupmu ini benar-benar baik dan kamu sangat mencintainya. 

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Dapatkan Restu Cinta Beda Agama dari Orangtua 

4. Mulailah sering cerita tentang kebaikan pasanganmu pada orangtua

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Orangtua Gak Menyukai Pasanganmupexels.com/Andrea Piacquadio

Meyakinkan orangtua itu tidaklah mudah. Pastinya kamu akan menemukan berbagai hambatan dalam meyakinkan mereka tentang sosok pendamping hidup pilihanmu. Untuk itu, setiap kesempatan sering-seringlah membicarakan tentang kebaikan yang dimiliki oleh pasanganmu.

Misalnya, ketika kamu sedang santai bersama orangtua saat menonton film, cobalah untuk sesekali mengobrol dan membicarakan tentang pasanganmu. Katakan, bahwa selama ini dia baik padamu dan sering menolongmu di setiap kesulitan yang kamu rasakan. Dengan begitu, orangtuamu akan berpikir, bahwa pasanganmu cocok dijadikan menantu oleh mereka. 

5. Tetap berusaha dan berjuang bersama untuk dapat restu orangtuamu

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Orangtua Gak Menyukai Pasanganmupexels.com/GUIVERG

Tentunya bukan hanya kamu saja yang berjuang melakukan segala upaya, agar orangtua luluh pada keinginanmu menikah dengan pasangan. Namun, pasanganmu pun harus berjuang bersama denganmu.

Dia harus melakukan berbagai macam tak untuk dapat restu orangtuamu, bahkan kamu perlu juga mengajaknya ke rumah dan berkunjung sesering mungkin, agar orangtuamu bisa mengenal lebih jauh tentangnya. 

Itulah lima hal yang harus dilakukan saat orangtua tidak menyukai pasanganmu. Nah, sampai sini, sudahkah kamu paham untuk melakukan apa dalam hubunganmu, agar direstui orangtua? Selamat mencoba, ya! 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Pernikahan Tanpa Restu Orangtua Seringkali Kandas

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya