Comscore Tracker

5 Trik Si Kecil Gemar Membaca yang Wajib Diterapkan Orangtua Cerdas

Mulailah dari diri sendiri dulu

'Buku adalah jendela dunia', begitulah bunyi pepatah.

Sayangnya, penelitian yang dilakukan oleh The World Most Literate Nation Study mengungkapkan bahwa ternyata tingkat literasi Indonesia masih sangat rendah. Nah, peran orangtua dalam mendorong kebiasaan membaca tentu sangat krusial. Yuk, ikuti tips berikut supaya si buah hati pun jatuh cinta dengan buku!

1. Jadikan diri sendiri sebagai teladan

5 Trik Si Kecil Gemar Membaca yang Wajib Diterapkan Orangtua Cerdasblog.ekrut.com

Jadilah sosok yang gemar membaca. Sehingga anak lantas akan terbiasa menemukan aktivitas membaca dalam kesehariannya. Dimulai dari rasa penasaran dengan gambar pada sampul buku yang sedang dibaca orangtuanya, lalu perlahan dia terdorong untuk mencari tahu jawabannya melalui membaca.

2. Bacakan buku sejak anak berusia dini

5 Trik Si Kecil Gemar Membaca yang Wajib Diterapkan Orangtua Cerdasfriendshipcircle.org

Anak sudah bisa dibacakan buku bahkan sejak dalam kandungan, lho. Variasi intonasi saat membaca, alur cerita, pokok-pokok kritis dalam bacaan, hingga pesan moral merupakan bentuk 'kehangatan' bagi anak. Perlahan, dia akan merasa candu, sehingga keterbiasaannya dengan bacaan akan berlanjut hingga dewasa kelak.

3. Sediakan variasi bacaan yang cukup

5 Trik Si Kecil Gemar Membaca yang Wajib Diterapkan Orangtua Cerdasthebetterindia.com

Lengkapi pula koleksi buku anak secara berkala. Sediakanlah buku yang bervariasi untuk merangsang wawasannya. Tak harus dibeli kok, meminjam buku di perpustakaan pun dapat dijadikan alternatif. Namun, perhatikan pula isi dan hal-hal penting sesuai dengan umurnya, ya.

Baca Juga: 9 Hal yang Membuat Pria yang Gemar Membaca Itu Seksi di Mata Kaum Hawa

4. Biarkan anak memilih bacaan favoritnya

5 Trik Si Kecil Gemar Membaca yang Wajib Diterapkan Orangtua Cerdasicytales.com

Jangan memaksa anak untuk membaca topik yang tak digemarinya, biarkan dia memilih bacaan yang membuatnya antusias. Baik itu cerita dongeng, hingga eksperimen sains sederhana yang dapat dilakukan bersama orangtua. Tujuannya, supaya anak tak merasa terpaksa dan malah menjadikan aktivitas membaca sebagai sebuah momok.

5. Tumbuhkan kesan positif terhadap buku

5 Trik Si Kecil Gemar Membaca yang Wajib Diterapkan Orangtua Cerdasthegreenparent.com

Respon anak terhadap buku harus dibangun dengan baik, ciptakanlah kesan positif terhadap buku. Misalnya, buku favoritnya dijadikan sebagai hadiah saat momen tertentu ataupun rutin mengajak ke toko buku sambil memancing mereka untuk menerka isi buku di balik sampulnya.

Nah, membangun kebiasaan gemar membaca itu memang butuh proses, mom & dad. Jadi, bersabar dan terus berusahalah, tanpa harus memaksa anak. Semoga berhasil!

Baca Juga: Banyak Tantangan, Ini 8 Panduan Mendidik Anak Bagi Ibu Millennial

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You