Comscore Tracker

Sedang Program Hamil, 5 Tanda Ovulasi Ini Patut Kamu Cermati

Semoga program hamil kalian lekas berhasil, ya

Dianugerahi keturunan merupakan hal yang diidam-idamkan oleh pasangan suami isteri. Tak jarang, pasutri lantas menjalani program hamil. Nah, salah satu poin krusial selama program ini adalah memantau masa subur si isteri. Demi meningkatkan peluang kehamilan, pakar reproduksi sangat menganjurkan untuk bersenggama dengan pasangan secara lebih intens dalam masa subur tersebut. Yuk, simak tanda-tanda isterimu sedang dalam masa suburnya!

1. Libido cenderung meningkat

Sedang Program Hamil, 5 Tanda Ovulasi Ini Patut Kamu Cermatihealthline.com

Menghitung masa ovulasi umumnya dilakukan dengan pengecekan kalender terkait jadwal menstruasi. Selain itu, ternyata peningkatan gairah seks atau libido juga dapat menjadi indikator bahwa isterimu sedang dalam masa suburnya, lho. Nah, jangan sampai melewatkan kesempatan ini jika kalian memang sedang merencakan untuk segera memiliki momongan, ya.

2. Cairan atau bercak di area genital

Sedang Program Hamil, 5 Tanda Ovulasi Ini Patut Kamu Cermatimissmalini.com

Perlu diketahui, cairan ini berbeda dengan keputihan. Cairan ini menandakan bahwa isterimu sedang dalam puncak masa suburnya. Cairan tersebut pula yang membantu memudahkan sperma bergerak di dalam rahim.

Baca Juga: 7 Tips Mengurangi Gas Dalam Perut Agar Tak Sering Kentut Saat Hamil

3. Nyeri di area payudara

Sedang Program Hamil, 5 Tanda Ovulasi Ini Patut Kamu Cermatikabar.news

Menjelang dan beberapa saat setelah siklus menstruasi usai, sensitivitas pada area payudara akan meningkat drastis. Tak jarang, kebanyakan wanita akan merasa payudaranya nyeri. Jangan khawatir, ini justru merupakan sinyal bahwa tubuh isterimu sedang dalam masa subur, lho.

4. Indra penciuman cenderung lebih sensitif

Sedang Program Hamil, 5 Tanda Ovulasi Ini Patut Kamu Cermatihellosehat.com

Ketika masa ovulasi, hidung wanita akan menjadi ekstra peka terhadap bebauan. Bahkan, selama masa subur ini, wanita cenderung lebih mudah tertarik pada pasangan dan bau feromonnya, lho.

5. Kram di perut bagian bawah

Sedang Program Hamil, 5 Tanda Ovulasi Ini Patut Kamu Cermatialodokter.com

Beberapa wanita mengalami nyeri atau kram ringan di perut bagian bawah ketika memasuki masa subur. Dalam dunia medis, hal ini dikenal sebagai sensasi Mittelschmerz. Selain itu, rasa mual atau keluarnya cairan vagina kadang juga turut muncul bersamaan dengan rasa sakit tersebut.

Nah, isterimu mengalami yang mana?

Baca Juga: 7 Tips Rahasia Menikmati Long Haul Flight untuk Ibu Hamil

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You