Comscore Tracker

Jauh dari Keluarga? Ini 5 Cara Atasi Long Distance Family Relationship

Gak cuma sama pasangan, LDR sama keluarga juga berat lho

Hubungan jarak jauh tidak hanya terjadi pada hubungan asmara. Hubungan ini juga bisa terjadi antara orangtua dan anak. Penyebab hubungan jarak jauh antara orangtua dan anak biasanya karena urusan pekerjaan atau pendidikan.

Hal ini sudah banyak terjadi sehingga diperlukan cara supaya hubungan antara orang tua dan anak yang menjalani hubungan jarak jauh tetap terjalin dengan baik walaupun interaksi antara keduanya tidak berlangsung setiap saat.

Nah berikut adalah cara menjaga hubungan dengan keluarga walaupun jarak memisahkan. Yuk kita simak!

1. Komunikasi secara rutin

Jauh dari Keluarga? Ini 5 Cara Atasi Long Distance Family Relationshipunsplash/Fezbot2000

Hal yang paling utama dan wajib dilakukan dalam menjalani hubungan jarak jauh antara orang tua dan anak adalah komunikasi. Peralatan komunikasi yang terus berkembang tentu mendapat peran penting supaya orang tua dan anak tetap menjalin hubungan yang lebih intens.

Orangtua bisa seringkali menelepon, bisa membicarakan keseharian atau membangun komunikasi yang lebih intim dengan anak.

2. Pulang ke rumah adalah reward

Jauh dari Keluarga? Ini 5 Cara Atasi Long Distance Family Relationshipford.k-state.edu

Kesibukan di luar kota tentu membuat kita merasa perlu memberikan reward kepada diri kita sendiri sebagai hadiah setelah berhasil melakukan pekerjaan. Pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga tentu menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan yang bisa dijadikan reward setiap kita menyelesaikan kesibukan di luar kota.

Baca Juga: 11 Langkah Mudah Jadi Family Goals bagi Keluarga Milenial 

3. Gunakan waktu berkumpul dengan sebaik-baiknya

Jauh dari Keluarga? Ini 5 Cara Atasi Long Distance Family Relationshipetiqa.com.sg

Ketika telah menemukan waktu yang tepat untuk menyempatkan diri pulang ke rumah, maka pergunakanlah waktu yang ada dengan sebaik-baiknya.

Perbanyaklah berkumpul bersama orangtua atau anak untuk sekedar berbagi cerita antar anggota keluarga. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan cara melakukan rekreasi bersama keluarga atau cara yang lebih sederhana dengan selalu menerapkan kebiasaan makan bersama.

4. Orang tua tetap melakukan pengawasan terhadap anak

Jauh dari Keluarga? Ini 5 Cara Atasi Long Distance Family Relationshipunsplash/Mimi Thian

Di tempat yang jauh dari jangkauan, tentu menjadi ketakutan tersendiri bagi orangtua ketika anak-anak mereka mungkin saja mendapatkan teman bergaul yang kurang baik atau bahkan membawa pengaruh buruk. Hal ini tentu bukan tanpa alasan karena memang telah banyak terjadi di sekitar kita.

Untuk itu orang tua yang mengkhawatirkan hal-hal semacam ini perlu mempercayakan seseorang yang dekat dengan anak-anak untuk mengawasi perilaku mereka.

Orangtua bisa mempercayakan anak mereka kepada teman-teman yang telah dipercaya atau kepada saudara dekat yang tentunya dilakukan tanpa membuat anak merasa tidak nyaman.

5. Saling berkunjung ke kota rantau

Jauh dari Keluarga? Ini 5 Cara Atasi Long Distance Family Relationshipunsplash/Ben Konfrst

Saat ada waktu luang, tidak ada salahnya bagi orang tua atau anak untuk berkunjung ke kota rantau masing-masing. Misalnya orang tua mengunjungi anak mereka yang sekolah atau kuliah di luar kota, atau anak yang mengunjungi kota tempat orang tua bekerja saat weekend tiba.

Masih banyak cara untuk tetap dekat dengan keluarga walaupun ruang dan jarak memisahkan. Jangan sampai kita benar-benar jauh dari keluarga ya! 

Baca Juga: Hamil Anak Kedua, Ini 10 Potret Kebahagiaan Keluarga Tya Ariestya

Rahmalia Nurida Photo Community Writer Rahmalia Nurida

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You