Comscore Tracker

5 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan sebelum Memutuskan Punya Anak

Diperlukan komitmen dan kesadaran dari calon orangtua

Salah satu mimpi besar bagi pasangan yang telah sah menikah adalah memiliki buah hati. Kehadiran anak dalam sebuah keluarga bisa menjadi pelengkap kebahagiaan dan membawa keceriaan dalam setiap langkah hidup yang dijalani.

Sayangnya, masih saja banyak pasangan yang punya anak tanpa persiapan. Akibatnya, mereka merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan segala perubahan yang terjadi dan tidak jarang membebankan tanggung jawab pada satu pihak saja.

Jika kamu dan pasangan sepakat untuk memiliki anak, pahami dulu beberapa hal berikut agar menjadi lebih siap. Penting bagi orangtua memiliki kesiapan, lho!

1. Kekuatan fisik dan mental

5 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan sebelum Memutuskan Punya Anakilustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Mengambil keputusan besar untuk punya anak harus diimbangi dengan usaha ekstra, terutama terkait kekuatan fisik dan mental. Calon orangtua perlu mempersiapkan diri dengan baik agar kelak mampu menghadapi segala tantangan dalam merawat dan membesarkan buah hati.

Hal ini tidak berlebihan mengingat bahwa memiliki anak merupakan tanggung jawab yang sangat besar. Ada banyak tuntutan yang harus dipenuhi dan tentu saja melelahkan. Oleh sebab itu, siapkan diri untuk menyambut datangnya momen tersebut dengan penuh kesadaran.

2. Perencanaan keuangan yang matang

5 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan sebelum Memutuskan Punya Anakilustrasi mengatur keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Banyak orang berkata bahwa setiap anak yang lahir ke dunia membawa rezekinya masing-masing. Meskipun kamu percaya hal tersebut, tetapi jangan sampai mengandalkan “rezeki anak”, sehingga tidak merencanakan keuangan untuk keperluan buah hati dengan baik.

Sebagai calon orangtua, kamu dan pasangan wajib menyiapkan dana untuk keperluan anak, mulai sebelum lahir, setelah lahir, bahkan untuk keperluan sehari-hari dan masa depan. Jangan sampai terlalu bersantai hingga lupa bahwa rezeki tidak datang tanpa ada usaha yang mengiringi.

3. Memperkuat kerja sama dengan pasangan

5 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan sebelum Memutuskan Punya Anakilustrasi pasangan memasak bersama (pexels.com/Vlada Karpovich)

Memutuskan untuk memiliki anak artinya siap untuk mencurahkan segala atensi, kasih sayang, dan tenaga untuk si kecil. Namun, di sisi lain tentu ada yang dikorbankan, seperti pekerjaan rumah, sehingga tempat tinggal jadi berantakan.

Kamu dan pasangan harus memosisikan diri sebagai satu tim yang solid. Kalian harus mampu bekerja sama dengan baik untuk saling mengisi. Jadilah peka untuk memberikan bantuan bila ada yang sedang kesulitan. Dengan begini, susah atau senang bisa ditanggung bersama.

Baca Juga: Kenali 5 Tanda Anak Gak Memiliki Sikap Empati, Segera Tangani!

4. Menerapkan pola hidup sehat

5 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan sebelum Memutuskan Punya Anakilustrasi berolahraga (unsplash.com/Kate Trifo)

Persiapan yang juga penting untuk dilakukan sebelum berniat memiliki anak adalah menerapkan pola hidup sehat. Lakukan hal ini sejak dini agar tubuh dan pikiran semakin siap untuk menyambut datangnya buah hati.

Menjaga pola makan, olahraga rutin, serta mengelola stres dengan tepat adalah sesuatu yang wajib dikuasai. Semua itu akan memberikan kontribusi positif bagi calon orangtua maupun anak, sehingga keluarga bisa tumbuh dengan baik.

5. Belajar untuk saling mendukung dan mengasihi

5 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan sebelum Memutuskan Punya Anakilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Pasangan yang berencana memiliki momongan wajib belajar untuk saling mendukung dan mengasihi. Hal ini akan sangat diperlukan kelak ketika menghadapi beragam tantangan dalam merawat anak.

Peristiwa perubahan fisik dan kondisi mental sangat sering terjadi, terutama untuk ibu, sehingga rentan mengalami stres. Namun, hal ini bisa diatasi bila pasangan saling sabar dan menguatkan, sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan bahagia.

Keputusan untuk memiliki anak tidak bisa dianggap remeh. Dibutuhkan komitmen yang besar dan kesadaran penuh bagi setiap pasangan, sehingga kelak bisa melewati seluruh kesulitan bersama-sama dan buah hati tumbuh dengan penuh cinta.

Baca Juga: 5 Sebab Orangtua Wajib Mengapresiasi Usaha Anak, Bukan Cuma Soal Nilai

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya