Comscore Tracker

Gak Melulu Negatif, Inilah 5 Hal Positif jika Tinggal di Rumah Mertua

Mertuamu juga orang tuamu sendiri

Setelah menikah, memang enaknya punya rumah sendiri dan tinggal mandiri. Namun, jangan pula memaksakan diri jika memang belum berkecukupan, tinggal di rumah orang tua atau mertuamu tidak jadi masalah.

Nah, jika memang harus tinggal di rumah mertua pun, lapangkan dada dengan ikhlas. Anggap pernikahan adalah sebuah proses hidup untuk mencapai masa depan yang lebih baik. Meski, stigma negatif tentang tinggal di rumah mertua itu membuat tidak nyaman dan tidak bebas dalam beraktivitas.

Ada yang perlu disimak dengan kepala dingin. Tidak melulu hal yang berbau negatif tentang tinggal di rumah mertua. Memang sih, lebih baik tinggal mandiri atau mengontrak rumah agar lebih hidup damai. Tapi, jika keadaan terpaksa dan memang sang mertua ingin ditemani apa boleh buat. Yuk, berdamai saja dengan dengan keadaan serta ambil positifnya jika kamu pun pada akhirnya harus tinggal di rumah mertua.

1. Lebih mengakrabkan diri karena mertuamu pun adalah orangtuamu juga

Gak Melulu Negatif, Inilah 5 Hal Positif jika Tinggal di Rumah MertuaPexels.com/Maryia Plashchynskaya

Bagi kamu yang sebelumnya belum akrab sama sekali dengan mertuamu, ajang tinggal di rumahnya adalah sebagai penyesuaian dalam mengakrabkan diri juga. Kamu bisa mengetahui sifat serta perilakunya serta saling memberi perhatian di dalam keluarga barumu. Ingat, mertuamu adalah orangtuamu juga, jadi harus tetap kamu hormati dan hargai seperti oran tuamu sendiri.

2. Membangun harmonisasi dengan mengikuti hobinya atau menjalankan aktivitas bersama

Gak Melulu Negatif, Inilah 5 Hal Positif jika Tinggal di Rumah MertuaPexels.com/Andrea Piacquadio

Setelah mengakrabkan diri dengan mertua, kamu pun dapat memulai hubungan dua arah yang nantinya harus selaras dan harmonis. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membina hubungan tersebut. Misalnya, dengan mengajak memasak bersama, berolah raga, pergi ke suatu tempat, atau sekadar ngobrol apa saja yang ringan dan menyenangkan.

Baca Juga: 5 Cara Jadikan Rumah Mertua Senyaman Rumah Sendiri

3. Saling berbagi rezeki dan efeknya berkah bagi keadaan rumah tanggamu

Gak Melulu Negatif, Inilah 5 Hal Positif jika Tinggal di Rumah MertuaPexels.com/LisaFotios

Tinggal di rumah mertua juga seyogyanya selalu berbagi rezeki atas penghasilan kamu sendiri. Tak cuma membantu uang listrik, misalnya. Kamu pun bisa membelikan sesuatu yang membuat bapak dan ibu mertua senang. Berbagi rezeki tentunya akan mendatangkan berkah bagi kehidupan rumah tanggamu sendiri.

4. Mendapatkan dobel kasih sayang, selain dari orangtua kandung sendiri

Gak Melulu Negatif, Inilah 5 Hal Positif jika Tinggal di Rumah MertuaPexels.com/Andrea Piacquadio

Tentunya, kamu akan mendapatkan kasih sayang yang dobel dari kedua belah pihak. Tak hanya dari orang tuamu, mertuamu pun akan memberikan kasih sayang yang sama. Ingat pepatah, jika kamu berbuat baik, maka kebaikan akan kamu dapatkan. Dan begitulah, jika kamu berbakti dengan mertuamu, akan mendapatkan balasan yang sama.

5. Mengambil pelajaran hidup dari keseharian mertua

Gak Melulu Negatif, Inilah 5 Hal Positif jika Tinggal di Rumah MertuaPexels.com/Cottonbro

Nah, ini yang terakhir. Kamu pun dapat mengambil pelajaran hidup dari keseharian mertuamu. Kebiasaan apa yang sering dilakukan, apakah membaca kitab suci, berolah raga, memasak, atau hal lain yang menjadi inspirasi bagimu. Hal positif dari keseharian mertuamu dapat kamu serap dengan baik, sehingga hidupmu pun selaras dengannya.

Jadi, stigma negatif tentang tinggal di rumah mertua memang tak selamanya benar. Menganggap mertua selayaknya orang tua kandungmu sendiri adalah sikap yang sangat terpuji. Tentunya, kamu pun bisa berbagi pengalaman kepada yang lainnya bahwa tak selamanya tinggal di rumah mertua itu terkekang dan banyak aturan.

Tetap mengambil hikmah dalam menjalankan pernikahanmu. Sekali lagi, bahagia bukan terletak di mana kita tinggal, tapi bagaimana cara memperlakukan pasangan serta keluarga dengan sepenuh hati. Bahagianya!

Baca Juga: 5 Sikap yang Bikin Mertua Sayang & Menganggapmu Anak Sendiri

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya