Comscore Tracker

Ayah Ibu Semakin Tua, Tunjukkan Rasa Cintamu Melalui 8 Hal Ini

Bukan cuma pacar yang butuh perhatian, orangtua juga

"Kamu masih sibuk dengan segudang aktivitasmu, sementara ada pribadi yang menunggu perhatianmu". Pernyataan tersebut menjadi renungan bagi kita semua, terkhusus yang masih memiliki orangtua. Terkadang kesibukan kita begitu dominan menguras waktu dan fokus, atau kita lebih sering menghabiskan waktu bersama teman sehingga kita lupa masih ada yang butuh perhatian. Orangtuamu tentu bahagia melihat kamu sekarang, anak kecil mereka sudah besar. Tapi mereka juga sedih, rindu waktu-waktu bersama denganmu, apalagi ketika mengingat masa kecilmu yang tidak pernah jauh dari mereka.

Faktanya, kamu memang tidak bisa selalu bersama mereka, dan mereka juga menyadari itu, sehingga mereka hanya bisa menunggu, tidak memaksamu. Tapi bukan tidak mungkin untuk meluangkan sedikit waktumu buat mereka. Jika kamu sudah punya rencana yang ingin di lakukan bersama mereka, segera wujudkan. Kalaupun belum, mungkin delapan hal sederhana ini bisa menjadi referensi untuk kamu quality time bersama mereka.

1. Masak makanan yang kamu bisa

Ayah Ibu Semakin Tua, Tunjukkan Rasa Cintamu Melalui 8 Hal IniUnsplash.com/Zachary Staines

Pernahkah kamu dimintai tolong orangtuamu memasakkan sesuatu buat mereka, atau cuma sekedar mie instan? Tentu permintaan itu tidak terucap begitu saja. Orangtuamu ingin mencicipi masakan anaknya, sesederhana apapun itu. Apalagi sekarang banyak artikel yang membahas beraneka resep masakan yang bisa kamu pelajari dan praktikkan di dapur. Jangan malas untuk belajar memasak, terkhusus buat orangtuamu.

2. Suapanmu berarti bagi mereka

Ayah Ibu Semakin Tua, Tunjukkan Rasa Cintamu Melalui 8 Hal IniUnsplash.com/Pablo Merchan Montes

Ketika kamu membawa makanan yang dibeli dari luar, tidak salah kalau kamu mengajak orangtuamu untuk makan bersama. Sambil ceritakan makanan yang kamu beli itu, beri suapan buat mereka. Atau ceritakan pengalamanmu seharian, kenapa kepikiran membeli makanan itu, bangun suasana yang hangat. Kamu dan orangtuamu tidak bermusuhan kan?

3. Jangan malu pergi bersama ke mall

Ayah Ibu Semakin Tua, Tunjukkan Rasa Cintamu Melalui 8 Hal IniPexels.com/@freestocks

Kamu sering pergi ke mall bareng teman-temanmu? Atau bareng pacarmu? Sekarang giliran orangtuamu yang bisa kamu ajak buat sekedar cuci mata. Gak perlu malu jalan bareng mereka, karena saat ini sudah menjadi tren anak pergi ke mall bareng ayah atau ibunya. Gak perlu malu juga memegang tangan mereka, karena mungkin ini kali pertama mereka ke mall, dan genggaman tanganmu akan membuat mereka nyaman meski di keramaian.

4. Ajak mereka olahraga bareng

Ayah Ibu Semakin Tua, Tunjukkan Rasa Cintamu Melalui 8 Hal IniPexels.com/@d123x

Alasan utama orangtua malas berolahraga karena tidak ada yang menemaninya. Kadang mereka ingin jalan-jalan santai keliling perumahan di pagi hari, tapi mereka segan untuk mengajakmu. Luangkan waktumu untuk berolahraga bareng orangtua, setidaknya kamu bisa pastikan mereka tetap sehat dan peduli kesehatan.

Baca Juga: 6 Tekanan Mental yang Sering Dihadapi Orangtua dengan Anak Difabel

5. Gak masalah kok karaokean bareng

Ayah Ibu Semakin Tua, Tunjukkan Rasa Cintamu Melalui 8 Hal IniPixabay.com/Dawnyell Reese

Sebenarnya, salah satu tujuan pengusaha membangun tempat karaoke adalah untuk keluarga bisa menghabiskan waktu bernyanyi bersama. Ajak mereka ke tempat karaokean favoritmu, pilih lagu yang sering mereka dengar, atau yang pernah kalian nyanyikan bersama. Selain bisa bernostalgia akan masa kecilmu, kalian juga bisa bergembira bersama tanpa malu dilihat orang lain. No "jaim" dengan orangtuamu!

6. Beribadah bersama terkhusus di hari raya

Ayah Ibu Semakin Tua, Tunjukkan Rasa Cintamu Melalui 8 Hal IniUnsplash.com/Wisnu Widjojo

Hari raya adalah momen yang cocok buat kamu yang jarang menghabiskan waktu dengan orangtua. Hari tersebut menjadi hari khusus buat keluarga besar. Bahkan di banyak kebudayaan, hari itu menjadi momen untuk minta maaf dengan keluarga, "sungkeman" dengan orangtua, atau tradisi lainnya. Jika kamu merayakan hari raya, pergilah beribadah bersama orangtua. Hal ini akan membuat bangga orangtuamu, karena mereka melihat anaknya selalu dekat dengan Tuhan, seperti waktu kecil dulu.

7. Telpon mereka walau sekedar menanyakan kabar

Ayah Ibu Semakin Tua, Tunjukkan Rasa Cintamu Melalui 8 Hal IniUnsplash.com/Akshar Dave

Bagi yang jauh dari rumah, tentu enam hal di atas belum bisa dilakukan. Tapi kamu bisa menelpon orangtuamu, atau menelpon tetangga untuk di sambungkan ke orangtuamu, jika keluarga di rumah belum punya telpon seluler. Orangtuamu akan selalu khawatir dengan anaknya yang sedang di perantauan, dan dengan memberi kabar akan menenangkan hati mereka. Jangan ragu juga untuk video call jika bisa dilakukan.

8. Kirim kue atau bingkisan spesial

Ayah Ibu Semakin Tua, Tunjukkan Rasa Cintamu Melalui 8 Hal IniUnsplash.com/Rawpixcel

Perkembangan zaman yang maju memberikan kemudahan bagi kita untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang kita cintai. Jika kamu ingin memberikan kue atau bingkisan spesial kepada orangtuamu, kamu punya banyak pilihan. Kamu bisa membuat bingkisan hadiah, dan kamu kirim melalui jasa pengiriman yang beragam.

Kamu juga bisa menghubungi penyedia souvenir atau kue untuk mengirimkan sesuatu yang spesial buat orangtuamu. Pilihan lain, kamu bisa meminta bantuan temanmu yang usaha kue atau bingkisan, sehingga lebih terpercaya. Jarak tidak menjadi halangan untuk menunjukkan perhatianmu kepada orangtua.

Orangtua selalu berusaha memberikan yang terbaik buat anaknya. Bekerja siang malam agar dapat melihat anaknya memiliki masa depan yang cerah, tanpa mengharapkan balasan. Kebahagiaan kita adalah nomor satu. Sekarang, kerutan di wajah mereka mulai terlihat, dan hari-hari mereka mulai berjalan cepat. Sudahkah kamu berikan sesuatu yang terbaik kepada orangtuamu? Mereka menantikannya.

Baca Juga: Ternyata 5 Pesan Ini yang Selalu Orangtuamu Sematkan di Dalam Doanya

Taoto Photo Community Writer Taoto

Mulai saja dulu, nanti pasti terbiasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 15:30:03

Progress: 767.825 dari 813.350 TPS (94.40278%)

Just For You