Comscore Tracker

Bukan Penyakit, 5 Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome Tanpa Dokter 

#IDNTimesLife Me time adalah salah satunya

Baby blues syndrome adalah gangguan suasana hati yang dialami ibu setelah melahirkan. Biasanya dialami oleh ibu baru, gangguan ini bukanlah sebuah penyakit. Namun jika dibiarkan, ini bisa berakibat pada kesehatan ibu dan bayi.

Kondisi ini menyebabkan ibu mudah sedih, lelah, mudah marah, menangis tanpa alasan, mudah gelisah, dan lain sebagainya. Menjadi ibu memang membutuhkan adaptasi. Berikut beberapa cara mengatasi baby blues syndrome yang bisa kamu terapkan.

1. Komunikasi dengan pasangan dan keluarga

Bukan Penyakit, 5 Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome Tanpa Dokter pexels.com/Andrea Piacquaido

Ketika merasakan keadaan atau emosimu gak stabil, kamu harus segera mengomunikasikannya ke pasangan dan keluargamu. Dukungan dari pasangan sangat penting untuk menjaga dirimu agar tetap waras.

Ceritakan kegelisahan dan ketidaknyamananmu selama menjadi ibu baru. Ini karena mengasuh anak merupakan tanggung jawab berdua, yaitu ayah dan ibu, bukan ibu saja.

2. Menyempatkan untuk me time

Bukan Penyakit, 5 Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome Tanpa Dokter pexels.com/Andrea Piacquaido

Menjadi ibu baru akan membawa banyak perubahan pada dirimu. Supaya kamu bisa beradaptasi dengan perubahan itu dan menjadi lebih baik, kamu bisa melakukan me time.

Jangan terlalu terbebani dengan mengurus anak! Sediakanlah waktu untuk merawat diri sendiri supaya kebahagiaan tetap terjaga!

3. Quality time bersama pasangan

Bukan Penyakit, 5 Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome Tanpa Dokter pexels.com/Katerina Holmes

Setelah jadi ibu, kamu memang akan menghabiskan waktu bersama si kecil. Namun, kamu bisa sesekali mencoba menghabiskan waktu dengan suami, seperti jalan-jalan atau kencan berdua. Mengingat kembali momen-momen bahagia, akan membuat perasaanmu lebih baik.

Baca Juga: 5 Ide Kado Bayi Baru Lahir di Bawah Rp200 Ribu, Hemat Bermanfaat!

4. Berbagi cerita

Bukan Penyakit, 5 Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome Tanpa Dokter pexels.com/Artem Podrez

Kamu gak boleh memendam semuanya sendirian. Bercerita dipercaya mampu sedikit meringankan beban atau masalah yang kamu hadapi.

Kamu bisa bersosialisasi dan bercerita dengan ibu baru lainnya mengenai perasaan apa  yang sedang kalian alami. Dengan ini, tentu kamu gak akan merasa sendirian dan kesepian menghadapi peran sebagai ibu baru.

5. Penuhi kebutuhan makanan harian

Bukan Penyakit, 5 Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome Tanpa Dokter pexels.com/Alex Green

Karena sibuk mengurus bayi, kamu gak boleh melupakan asupan makanan yang cukup setiap hari. Hal ini berguna untuk mengubah suasana hati atau mood kamu jadi lebih baik. Asupan makanan yang beragam ini, juga akan membantu memenuhi kebutuhan gizimu.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi baby blues syndrome. Kalau masih belum merasa membaik, kamu bisa mendatangi ahli dan mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Bedak Bayi, Harumnya Bikin Pengen Nyium Terus!

Topic:

  • Rifdah Jihan Azizah
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya