Comscore Tracker

6 Cerita yang Bisa Dibacakan pada Janin oleh si Ibu, Gak Cuma Dongeng!

#IDNTimesLife bisa ceritakan kisahmu juga

Bayi dapat mempelajari suara ibu secara alami. Diafragma yang bergerak ketika ibu berbicara, akan membuat suara semakin menonjol saat didengar oleh sang bayi. Begitu fakta yang diungkap dalam jurnal Acta Paediatrica.

Karenanya, kamu bisa melakukan interaksi bermanfaat seperti bercerita. Hal ini dapat membantu menstimulasi anak dan baik untuk perkembangan otaknya. Berikut cerita yang bisa dibacakan pada janin oleh si ibu.

1. Membacakan cerita fabel

6 Cerita yang Bisa Dibacakan pada Janin oleh si Ibu, Gak Cuma Dongeng!pexel.com/pixabay

Cerita pertama yang bisa dibacakan adalah fabel. Kamu bisa menceritakan kisah-kisah yang diperankan oleh tokoh binatang serta menyampaikan pesan baik dari cerita tersebut.

Misalnya, kisah Si Kancil yang Cerdik, Si Singa Pemberani, atau tentang semut yang rajin bergotong royong. Kamu juga bisa menambahkan efek-efek suara binatang supaya anak semakin mengenalnya.

2. Membacakan cerita rakyat

6 Cerita yang Bisa Dibacakan pada Janin oleh si Ibu, Gak Cuma Dongeng!pexels.com/Leah Kelley

Banyak cerita yang berkembang di tengah kehidupan masyarakat sejak dahulu. Cerita tersebut disebut cerita rakyat. Cerita yang satu ini dapat dikenalkan untuk anak sejak di dalam kandungan.

Nilai dan pesan yang disampaikan dari cerita rakyat, sangat bagus dan baik untuk kehidupan. Misalnya, cerita rakyat Bawang Merah dan Bawang Putih serta cerita Batu Menangis.

3. Bercerita menggunakan bahasa asing

6 Cerita yang Bisa Dibacakan pada Janin oleh si Ibu, Gak Cuma Dongeng!pexels.com/Anna Tarazevich

Ada beberapa orangtua yang ingin anaknya menguasai beberapa bahasa. Ibu bisa mulai mengenalkan bahasa tersebut sejak anak masih dalam kandungan. Ini karena janin telah mampu mendengar dan kelak saat sudah lahir, bisa familiar dengan bahasa tersebut.

Ibu pun akan lebih mudah untuk mengajarkannya. Ibu bisa menceritakan hal-hal sederhana seperti kisah-kisah menginspirasi dari cerita fiksi maupun nonfiksi. Mengajaknya mengobrol dengan bahasa asing, juga bisa ibu lakukan.

Baca Juga: 5 Bahaya Orangtua Terlalu Mudah Memberi Maaf Atas Kesalahan Anak 

4. Menceritakan masa kecil kamu

6 Cerita yang Bisa Dibacakan pada Janin oleh si Ibu, Gak Cuma Dongeng!pexels.com/Jonathan Borba

Dengan menceritakan masa kecilmu, anak yang ada dalam kandungan dapat mengetahui silsilah keluarganya dan dapat memberikan stimulasi untuk siap dilahirkan. Kamu juga bisa menceritakan masa kecil sang ayah yang membantu anak mendapatkan ikatan yang kuat dari kedua orangtuanya.

5. Bercerita kisah teladan Nabi dan Rasul

6 Cerita yang Bisa Dibacakan pada Janin oleh si Ibu, Gak Cuma Dongeng!pexels.com/cottonbro

Banyak kisah dari Nabi dan Rasul yang bisa dijadikan teladan. Nilai-nilai baik tersebut bisa kamu bacakan dan ceritakan sambil mengelus perutmu, seraya mendoakan anakmu kelak bisa memiliki sifat seperti para teladannya.

6. Menceritakan hal-hal yang menyenangkan

6 Cerita yang Bisa Dibacakan pada Janin oleh si Ibu, Gak Cuma Dongeng!pexels.com/Garon Piceli

Ibu hamil harus selalu happy dan beraura positif. Dengan begitu, anak pun akan tertular dan terpengaruh dari apa yang ibu berikan. Perkembangan janin pun akan berlangsung baik.

Menceritakan hal yang menyenangkan di dalam hidup ibu, akan menghibur bayi di dalam perut. Tambahkan ekspresi serta intonasi supaya semakin seru. Hindari menceritakan hal-hal sedih dan hal yang memancing emosi, ya!

Itu dia beberapa cerita yang bisa dibacakan pada janin oleh ibu hamil. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 9 Kandungan Skincare yang Bahaya untuk Ibu Hamil, Jangan Dipakai Dulu!

Topic:

  • Rifdah Jihan Azizah
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya