Comscore Tracker

5 Manfaat Minyak Serai untuk Bayi, dari Pijat sampai Usir Nyamuk!

#IDNTimesLife salah satunya sebagai penghangat tubuh

Serai merupakan tumbuhan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan. Di Indonesia, sejak zaman dulu, serai telah dipercaya untuk berbagai macam kegunaan.

Selain untuk masakan dan kecantikan, tumbuhan yang satu ini juga punya beragam manfaat untuk bayi, lho! Simak artikel manfaat minyak serai untuk bayi berikut ini, yuk!

1. Sebagai aromaterapi

5 Manfaat Minyak Serai untuk Bayi, dari Pijat sampai Usir Nyamuk!pexels.com/Helena Lopes

Manfaat yang pertama adalah sebagai aromaterapi alami. Aroma tersebut didapat dari uap.

Untuk mendapatkannya, kamu cukup memasukan minyak serai ke dalam diffusser. Masukan minyak serai pada saat menjelang waktu si kecil tidur. Aromaterapi minyak serai ini akan membuat tidur bayi semakin nyaman.

2. Sebagai penghangat tubuh

5 Manfaat Minyak Serai untuk Bayi, dari Pijat sampai Usir Nyamuk!pexels.com/Laura Garcia

Suhu tubuh bayi sering kali gak stabil, apalagi kalau berada dalam ruangan yang dingin dan saat ia merasa kedinginan. Minyak serai dapat digunakan untuk mempercepat peningkatan suhu tubuh.

Caranya, oleskan minyak serai ke bagian-bagian tubuh si kecil seperti telapak kaki, telapak tangan, dan perut. Bayi pun akan merasa hangat dan nyaman kembali.

3. Digunakan untuk minyak pijat

5 Manfaat Minyak Serai untuk Bayi, dari Pijat sampai Usir Nyamuk!pexels.com/Polina Tankilevitch

Minyak yang satu ini juga bermanfaat untuk memijat kulit bayi. Pijatan yang dilakukan pada bayi berfungsi untuk menghilangkan pegal-pegal yang dirasakan bayi.

Bayi pun akan lebih nyaman setelahnya. Memijat bayi dengan lembut juga dapat menstimulasinya. Cara ini bisa digunakan, baik sebelum atau setelah bayi mandi.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Cologne Bayi Murah dan Super Wangi, Pengen Meluk Terus

4. Mengatasi ruam pada kulit

5 Manfaat Minyak Serai untuk Bayi, dari Pijat sampai Usir Nyamuk!pexels.com/Nelly Aran

Bayi memiliki kulit yang masih halus dan dan rentan. Salah satu penyebabnya, biasanya, karena penggunaan popok. Penyebab lainnya juga bisa berasal dari produk yang gak cocok dikenakan pada kulitnya yang sensitif.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengoleskan minyak serai di bagian ruam pada kulit si kecil. Gunakanlah setelah bayi selesai mandi.

5. Bisa usir serangga dan nyamuk

5 Manfaat Minyak Serai untuk Bayi, dari Pijat sampai Usir Nyamuk!acehpungo.com

Manfaat yang terakhir adalah sebagai pengusir alami serangga dan nyamuk. Karena berasal dari bahan alami, minyak serai dinilai lebih aman digunakan untuk dioleskan pada kulit bayi yang masih sensitif.

Minyak serai dapat memberikan perlindungan selama 480 menit dari gigitan nyamuk dengan konsentrasi 20-25 persen. Wah, cukup lama ya?

Itu dia beberapa manfaat minyak serai untuk bayi. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Hati Ikan Kod bagi Anak, Penting untuk Kesehatan

Topic:

  • Rifdah Jihan Azizah
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya