Comscore Tracker

7 Pelajaran Parenting dari Anime SPY x FAMILY

Kehangatan dari keluarga palsu yang menginspirasi

Anime SPY x FAMILY menceritakan sebuah keluarga palsu yang anggotanya saling menyimpan rahasia masing-masing. Namun, di balik itu semua terdapat sebuah kehangatan keluarga yang memancar dari mereka. 

Loid Forger dan Yor Forger berperan menjadi sosok orang tua bagi Anya Forger. Walaupun hanya sebuah peran sandiwara, mereka tetap melaksanakan tugas orang tua sewajarnya dengan memberikan kasih sayang dan perhatian penuh terhadap anaknya.

Hal ini membuat banyak penonton bisa merasakan kehangatan dari keluarga Forger dan iri mengenai keharmonisan mereka. Berikut 7 bentuk parenting Loid dan Yor dalam mendidik Anya yang bisa menginspirasi kamu.

1. Memuji dan mengapresiasi atas keberhasilan anak

7 Pelajaran Parenting dari Anime SPY x FAMILYkelolosan Anya (dok. Shueisha/SPY x FAMILY)

Seorang anak akan sangat senang jika keberhasilannya dipuji oleh orang tua. Hal ini bisa menjadi motivasi tersendiri bagi sang anak. Tak hanya pencapaian yang besar, seperti kelulusan atau memenangkan lomba, tetapi hal-hal kecil juga bisa membangkitkan semangat anak.

2. Melakukan kontak fisik

7 Pelajaran Parenting dari Anime SPY x FAMILYYor memeluk Anya (dok. Shueisha/SPY x FAMILY)

Dengan memberikan sentuhan kasih sayang akan membuat sang anak tahu bahwa dirinya dicintai oleh orang tua. Kontak fisiknya bisa berupa pelukan, berpegangan tangan, atau mengelus kepalanya. 

3. Menjadikan orang tua sebagai sosok panutan anak

7 Pelajaran Parenting dari Anime SPY x FAMILYkebersamaan Anya dan Loid (dok. Shueisha/SPY x FAMILY)

Hal yang perlu dilakukan agar sang anak menjadikan orang tuanya sebagai panutan adalah dengan cara memberikan contoh berperilaku baik. Dengan melakukan hal tersebut di depan anak akan membuat dia mengikuti tindakan orang tuanya. 

Maka dari itu, jangan menunjukkan hal-hal buruk di depan anak karena berisiko untuk diikuti olehnya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Terjadi pada SPY x FAMILY Part 2, Loid Meninggal?

4. Tidak memaksa anak untuk mengikuti kemauan orang tua 

7 Pelajaran Parenting dari Anime SPY x FAMILYLoid dan Yor menenangkan Anya (dok. Shueisha/SPY x FAMILY)

Menjadi sosok yang tegas itu sangat diperlukan, tetapi bukan berarti orang tua bisa seenaknya memaksakan kehendak kepada sang anak. Biarkan anak menentukan pilihannya sendiri dan menemukan potensi miliknya. 

Dengan memaksakan keinginan orang tua kepada anak sejak dini, akan berdampak ke masa dewasanya nanti. Kemungkinan besar, dia akan kesulitan memilih kemauannya karena terbiasa diperintahkan oleh orang tua. 

5. Menghabiskan waktu bersama anak

7 Pelajaran Parenting dari Anime SPY x FAMILYkeluarga Forger jalan-jalan (dok. Shueisha/SPY x FAMILY)

Anak akan sangat senang jika kegiatannya didampingi oleh orang tua. Misalnya, mengerjakan tugas atau bermain. Hal ini sekaligus juga bisa membuat orang tua mengamati perkembangan sang anak. 

Kehadiran orang tua di sisinya akan menjadi sangat berarti dan menjadi sebuah bentuk kasih sayang kepadanya. 

6. Biarkan anak mencoba hal baru

7 Pelajaran Parenting dari Anime SPY x FAMILYAnya membantu Loid (dok. Shueisha/SPY x FAMILY)

Orang tua bisa mengajak anak untuk mencoba hal baru. Misalnya, membiarkan anak ikut melakukan tugas rumah seperti memasak atau membersihkan rumah. 

Walaupun dia tidak terlalu membantu banyak atau malah mengacaukannya. Sebagai sosok orang tua bisa mencoba untuk membimbingnya dan membuat hal tersebut menjadi sebuah pengalaman di hidup.nya.

7. Mengingat kesukaan anak

7 Pelajaran Parenting dari Anime SPY x FAMILYAnya dengan makanan favoritnya (dok. Shueisha/SPY x FAMILY)

Seorang anak pasti memiliki kesukaan masing-masing, seperi makanan atau acara televisi favoritnya. Dengan orang tua mengingat hal-hal kecil tersebut akan membuat sang anak merasa bahagia.

Hal ini bisa juga dijadikan pancingan kepada anak untuk menceritakan tentang kesukaannya. Maka dengan itu, anak bisa menjadi pribadi yang terbuka kepada orang tua.

Nah, itu dia ketujuh bentuk parenting Loid dan Yor di dalam anime SPY x FAMILY yang bisa diterapkan oleh para orang tua saat mendidik anak.  Tentunya, membangun sebuah keharmonisan keluarga akan membuat anak merasa nyaman dan aman ketika bersama orang tuanya.

Memang, menjalani misi sebagai orang tua itu sangat berat, seperti yang diungkapkan Loid dalam episode 1. Namun, ketika berhasil melihat senyum seorang anak, tentu hal yang sulit menjadi terasa melegakan, bukan?

Baca Juga: 7 Anime Terbaik Garapan WIT STUDIO, Ada SPY x FAMILY!

Rifqa Nisyardhana Photo Writer Rifqa Nisyardhana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya