Comscore Tracker

Terlihat Sepele, Ini, Lho, 6 Alasan Pentingnya Tertawa Bersama Anak

Tertawa itu gratis, kok!

Anak adalah anugerah terindah yang harus kita jaga, rawat, dan didik dengan benar. Perlunya ia untuk selalu bahagia supaya dapat membantu masa perkembangannya lebih baik. 

Tertawa bersama anak bukan suatu hal yang sulit, tapi ada banyak alasan pentingnya hal tersebut dilakukan. Penasaran apa saja alasan tersebut? Yuk, kita simak penjelasan berikut ini! 

1. Menghilangkan stres dan menciptakan semangat untuk ibu

Terlihat Sepele, Ini, Lho, 6 Alasan Pentingnya Tertawa Bersama Anakilustrasi keluarga (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Ada banyak sekali manfaat dari tertawa. Salah satunya bisa menghilangkan stres. Hal ini menjadi salah satu alasan pentingnya kita tertawa bersama anak, yaitu untuk menghilangkan stres dan menciptakan semangat untuk ibu.

Tidak bisa dipungkiri, jika menjadi seorang ibu bukan pekerjaan yang mudah. Terkadang stres itu muncul karena berbagai hal, dan tertawa bersama anak punya manfaat besar untuknya.

2. Menciptakan memori indah untuk anak

Terlihat Sepele, Ini, Lho, 6 Alasan Pentingnya Tertawa Bersama Anakilustrasi keluarga (pexels.com/Jonathan Borba)

Walau tampak sederhana, kebiasaan tertawa bersama anak punya manfaat luar biasa yang salah satunya bisa menciptakan memori indah pada anak. Anak akan mengingat selalu kebahagiaan di waktu kecil mereka dengan kebiasaan sederhana tersebut.

Ketika ada memori indah yang bisa terus dikenang oleh anak, ia mudah sekali untuk selalu sayang kepada orang tua mereka. Benar-benar luar biasa sekali bukan?.

3. Meningkatkan kesehatan tubuh anak dan ibu

Terlihat Sepele, Ini, Lho, 6 Alasan Pentingnya Tertawa Bersama Anakilustrasi keluarga (pexels.com/RODNAE Productions)

Sudah banyak yang tahu jika tertawa dapat meningkatkan kesehatan kita. Hal ini juga berguna sekali untuk kesehatan tubuh anak dan ibu ketika kita membiasakan diri untuk tertawa bersama anak.

Dari mulai bercanda atau bahkan keceriaan berdua sambil mengerjakan pekerjaan rumah secara bersama. Banyak manfaat yang bisa di ambil. Makanya jangan ragu untuk membiasakan hal tersebut.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Tertawa Adalah Solusi Terbaik saat Pandemik

4. Membantu meningkatkan kecerdasan emosi pada anak

Terlihat Sepele, Ini, Lho, 6 Alasan Pentingnya Tertawa Bersama Anakilustrasi keluarga (unsplash.com/Alexander Dummer)

Seperti dilansir Biznews, humor terkait dengan kecerdasan emosional yang tinggi. Hal ini sedikit banyak menjelaskan jika tertawa bisa saja meningkatkan kecerdasan emosional kita.

Pentingnya bagi anak akan hal tersebut, jadi tidak ada salahnya kita membiasakan diri barang sejenak untuk bercanda dan tertawa bersama anak. Hal kecil ini sangat bermanfaat untuk anak kita.

5. Membangun pikiran positif pada ibu

Terlihat Sepele, Ini, Lho, 6 Alasan Pentingnya Tertawa Bersama Anakilustrasi tertawa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selain pada anak, untuk ibu juga ada manfaat luar biasa dengan tertawa bersama anak. Hal ini menjadi alasan akan pentingnya membiasakan hal tersebut. Walau terlihat sepele, agaknya jika kita menyadari pentingnya manfaat dari tertawa akan lebih baik.

Adalah bisa membangun pikiran positif pada ibu menjadi salah satu manfaat tersebut. Pikiran positif yang terus ada akan mempengaruhi ibu dalam pola asuhnya. Ia mungkin bisa saja jarang pandai mengendalikan emosinya setiap saat.

6. Menciptakan pola asuh yang lebih baik tanpa emosi

Terlihat Sepele, Ini, Lho, 6 Alasan Pentingnya Tertawa Bersama Anakilustrasi keluarga (pexels.com/Julia M Cameron)

Benar saja manfaat dengan tertawa bisa melatih kita untuk tidak terlalu emosional. Ketika hal ini terus berlanjut, bisa saja mempengaruhi pola asuh kita yang jauh lebih baik.

Tanpa banyak menggunakan emosi, anak akan selalu merasa nyaman dekat dengan orang tua. Hal ini sangat baik sekali untuk pertumbuhan mereka di masa depannya.

Kebersamaan dengan anak adalah waktu yang berharga, terlebih lagi ketika adanya kebahagiaan dengan canda dan tawa. Manfaatkan waktu sebaik mungkin, yuk, Moms!.

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya