Comscore Tracker

6 Tips Mengatasi Insecure saat Tak Kunjung Dikaruniai Momongan

Yuk kurangi sedihmu!

Banyak orang mempunyai tujuan yang sama ketika ia menikah, yaitu untuk mempunyai keturunan. Jika memang hal ini tak kunjung didapat, bukan sesuatu yang seharusnya membuat kita stres lho apa lagi bisa merusak kesehatan. Duh sebaiknya jangan deh!

Merasa inscure terhadap apa yang ia alami itu wajar, terlebih lagi ketika ada omongan orang lain yang justru terkesan menyinggung. Walau demikian, kamu perlu coba 6 tips berikut supaya bisa menguranginya.

1. Tenangkan diri dan buang jauh pikiran negatif

6 Tips Mengatasi Insecure saat Tak Kunjung Dikaruniai MomonganPexels.com/Samarth Singhai

Belum dikaruniai keturunan bukan sesuatu yang buruk kok. Jangan berpikir negatif dulu, apalagi merasa hidup kita tak berguna. Bahkan, ada banyak pasangan di luar sana yang tetap bisa bertahan dan bahagia walau hanya hidup berdua.

Rasa tidak nyaman dan tidak percaya diri tersebut perlu kita atasi dengan baik supaya tak berimbas pada kesehatan kita, apa lagi sampai mempengaruhi keharmonisan dalam pernikahan.

Coba untuk bisa menenangkan diri dan bisa membuang jauh-jauh pikiran negatif yang ada. Hal ini semata-mata kita lakukan demi kebahagiaan diri kita sendiri dan hubungan dengan pasangan.

2. Cari teman dan pergaulan yang tepat

6 Tips Mengatasi Insecure saat Tak Kunjung Dikaruniai MomonganPexels.com/Helena Lopes

Terkadang, perasaan insecure yang kita rasakan akibat kita kurang begitu tepat dalam memilih teman dan pergaulan kita. Sering kali merasa beda dari mereka, atau bahkan merasa mereka tidak memahami sepenuhnya posisi kita yang memang belum dikaruniai momongan itu sering kali terjadi.

Teman dan pergaulan yang tepat bisa menjadi wadah kenyamanan untuk kita. Baik berbagi kesedihan, keluh kesah atau bahkan kebahagiaan. Teman yang baik pasti akan memahami dan menerima semua keadaan kita. Pandailah dalam memilihnya, supaya kita juga merasa bahagia dan jauh dari rasa insecure.

3. Tebalkan telinga dan jangan ambil hati setiap omongan orang yang bisa menyinggungmu

6 Tips Mengatasi Insecure saat Tak Kunjung Dikaruniai MomonganPexels.com/ELEVATE

Tebalkan telinga dalam artian kita sebaiknya tidak begitu mendengarkan apa yang orang lain katakan jika itu hanya akan membuat perasaan kita sakit hati. Semakin hal ini kita konsisten jalani, semakin berkurang rasa insecure dalam diri kita.

Terkadang ada saja orang berucap sadar atau tidak sudah menyinggung perasaan kita yang memang belum dikaruniai momongan. Dengan terbiasa tidak mudah baper justru akan menjadi pukulan keras orang yang berniat menyinggung kita tersebut.

4. Lebih bisa ikhlas, bersyukur dan sabar

6 Tips Mengatasi Insecure saat Tak Kunjung Dikaruniai MomonganPexels.com/Andrea Piacquadio

Rasa insecure itu muncul perlahan dengan adanya perasaan tidak ikhlas, tidak mau bersyukur hingga tak mudah bersabar. Agaknya harus kita hindari betul supaya tidak memperburuk keadaan.

Masalah belum dikaruniai momongan itu hanya soal waktu, tinggal bagaimana kita selalu tetap berusaha dan berdoa. Selebihnya dengan ikhlas, sabar dan bersyukur akan semakin memperkuat dan mendewasakan diri kita sendiri.

5. Pupuk kedekatan dan keharmonisan dengan pasangan

6 Tips Mengatasi Insecure saat Tak Kunjung Dikaruniai MomonganPexels.com/Elly Fairytale

Belum dikaruniai momongan bukan suatu masalah besar jika kita dan pasangan masih tetap bisa selalu harmonis. Walau terkadang ada rasa insecure, melalui usaha kita untuk selalu memupuk kedekatan dan keharmonisan dengan pasangan akan membuat hidup lebih baik.

Percayalah jika kita dan pasangan sanggup melewati semuanya dengan baik dengan semakin fokus mendewasakan diri, perlahan usaha yang dilakukan akan terasa ringan untuk dijalani.

6. Coba untuk menyibukan diri dengan hal yang positif

6 Tips Mengatasi Insecure saat Tak Kunjung Dikaruniai MomonganPexels.com/cottonbro

Kesedihan karena apa pun penyebabnya mudah sekali hilang jika kita bisa menyibukkan diri dengan semua hal positif dalam hidup kita. Hal ini juga berlaku ketika kita merasa insecure dengan keadaan kita yang belum dikaruniai momongan.

Dengan bekerja, membuka usaha, sibuk dengan hobi atau bahkan melakukan kegiatan sosial akan membawa aura positif untuk kita sendiri. Perlahan, semua kesedihan dan perasaan insecure itu hilang dan diganti kebahagiaan diri.

Banyak pasangan yang justru menggunakan waktu mereka di tengah keadaan belum punya momongan untuk semakin memperkuat rasa cinta keduanya. Jauhi perasaan insecure yang merugikan ini yuk. Tetap semangat!

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya