Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Selagi Masih Punya Orangtua, Jangan Sampai Nyesel

Selagi masih ada, sayangilah mereka!

Sangat disayangkan, banyak sebagian anak yang tidak menyadari hal tersebut. Akibat terlalu asyik dengan dunianya, sampai lupa bahwa ada orangtua di rumah yang harus kita perhatikan pastinya. Nah, apabila kamu masih memiliki mereka berdua, lakukanlah lima hal di bawah ini sebagai bentuk baktimu kepadanya. Jangan sampai menyesal, ya!

1. Menjaga tutur kata yang baik

Lakukan 5 Hal Ini Selagi Masih Punya Orangtua, Jangan Sampai Nyeselilustrasi anak berbicara dengan ibu (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seorang anak, hendaknya memiliki tutur kata yang baik dan sopan kepada orangtuanya. Jangan sampai mereka merasa sakit hati karena tutur katamu yang kurang baik. Ya, walaupun misalnya kamu belum bisa membahagiakannya, setidaknya kamu tidak menyakitinya. Ada pepatah mengatakan,

"Tidak pandai menjaga lisan adalah bukti tidak pandai menjaga hati". 

2. Jangan sampai lost contact ketika sedang jauh dari orang tua

Lakukan 5 Hal Ini Selagi Masih Punya Orangtua, Jangan Sampai Nyeselilustrasi sedang video call (pexels.com/Artem Podrez)

Ketika kamu sedang merantau jauh, baik itu sedang bekerja ataupun belajar, jangan sampai lost contact dari orangtua, ya. Cobalah luangkan waktu sejenak untuk menanyakan kabar kepada mereka. Atau, kamu juga bisa melakukan video call, sebagai obat rindu virtual yang paling sering digunakan pada saat ini. Awas, jangan sampai orangtua sedih karena kurangnya perhatian darimu, ya!

Baca Juga: 5 Tips Bagi Kamu yang Sedang Berbakti Merawat Orangtua di Masa Tuanya

3. Jika mampu, berilah hadiah kepada mereka berdua

Lakukan 5 Hal Ini Selagi Masih Punya Orangtua, Jangan Sampai Nyeselilustrasi memberi hadiah (pexels.com/Porapak Apichodilok)

Ketika kamu sudah sukses, ingatlah bahwa ada orangtua di belakang kita yang selalu support dan mendoakan. Kirimlah mereka uang setiap bulan atau kamu juga bisa memberi hadiah surprise ketika mereka sedang berulang tahun. Intinya, gak usah pelit, ya. Justru ketika kamu memberi orang tua, maka yakinlah bahwa hidupmu akan penuh dengan keberkahan. 

4. Ketika sedang diberi nasihat, jangan marah

Lakukan 5 Hal Ini Selagi Masih Punya Orangtua, Jangan Sampai Nyeselilustrasi ayah menasihati sang anak (pexels.com/August de Richelieu)

Orangtua mana sih yang gak sayang sama anaknya? Senakal-nakalnya anak pun, orangtua pasti akan tetap menyayanginya. Maka wajar saja jika misalnya ada orangtua yang agak cerewet ketika hendak menasihati sang anak. Itu semata-mata agar kamu menjadi anak yang baik. Dengarkan dengan baik ketika mereka sedang menasihatimu, jangan malah kesal, ya! Apalagi sampai tidak terima jika kamu dinasihati.

5. Membantu meringankan pekerjaan rumah

Lakukan 5 Hal Ini Selagi Masih Punya Orangtua, Jangan Sampai Nyeselilustrasi anak sedang menyapu (pexels.com/RODNAE Productions)

Ada banyak hal kecil yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk bakti kepada kedua orangtua. Salah satunya adalah dengan membantu meringankan pekerjaan di rumah. Semampunya saja, seperti menyapu, mengepel dan hal-hal kecil lainnya. Dengan demikian, kamu pun pastinya akan mendapatkan feedback positif, bahwa secara tidak sadar, jiwa kemandirian dan kedewasaanmu akan terlatih dengan perlahan. 

Ingat, mintalah doa dan berbuat baiklah selagi mereka masih ada. Karena pada dasarnya, keberhasilan seorang anak itu terletak pada sebesar mana kasih dan bakti yang ia berikan kepada kedua orangtuanya. Selamat berbakti!

Baca Juga: 6 Ayat Al-Quran tentang Berbakti kepada Orang Tua, Berkah Selalu

Muhammad Riyadi Nugraha Photo Verified Writer Muhammad Riyadi Nugraha

Memediasi pena untuk mengkspresikan sebuah rasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya