8 Aktivitas Ngabuburit yang Gak Membosankan untuk Wanita Hamil

#RamadanMasaKini Asyik dan seru, deh!

Sambil menunggu waktu berbuka, kegiatan apa yang bisa dilakukan supaya nggak bosan? Yang jelas, jangan cuma duduk di depan laptop untuk terus bekerja, menonton tv atau tidur di rumah! Selama masa kehamilan, harus tetap bergerak atau melakukan aktivitas supaya kaki nggak mengalami pembengkakan karena terlalu lama berdiri atau duduk.

Nah, berikut ada delapan aktivitas yang bisa dilakukan ketika menunggu waktu berbuka puasa supaya nggak bosan untuk wanita yang sedang hamil.

1. Baca ayat suci Al-Qur'an

8 Aktivitas Ngabuburit yang Gak Membosankan untuk Wanita Hamilmuslimgirl.com

Manfaatkan bulan suci Ramadan untuk memperdalam iman dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Cara termudah yang bisa dilakukan adalah rajin membaca Al-Qur'an dan mengaji. Kegiatan ini sangat baik untuk membuat tubuh lebih tenang. Apalagi jika perkiraan tanggal kelahiran sudah dekat.

Jadi, secara psikologis menjadi siap menyambut kehadiran bayi di tengah keluarga.

2. Masak untuk santapan buka puasa

8 Aktivitas Ngabuburit yang Gak Membosankan untuk Wanita Hamilfirst1000days.ie

Ketika liburan tiba dan punya banyak waktu di rumah, gunakan untuk membuat menu khusus untuk keluarga tercinta. Pilihan menu makanan nggak boleh sembarangan, ya! Mengingat sedang hamil. Wanita hamil membutuhkan setidaknya 20% lemak baik, 30% protein dan 50% karbohidrat. Pastikan semua jenis makanan dengan kandungan tersebut ada di meja ketika berbuka puasa.

Misalnya saja menu yang bisa dibuat adalah nasi merah dengan lauk-pauk seperti ayam, biji-bijian, ikan, kacang-kacangan atau sayuran hijau. Dan pencuci mulutnya, ganti dengan buah-buahan yang mengandung banyak air. Misalnya, jeruk, melon dan semangka.

3. Bersih-bersih rumah untuk kenyamanan diri sendiri dan keluarga

8 Aktivitas Ngabuburit yang Gak Membosankan untuk Wanita Hamilvideoblocks.com

Wanita hamil juga bisa meluangkan waktu untuk membersihkan rumah sejenak. Undanglah suami atau anak untuk bergabung dan nggak perlu khawatir tentang janin yang dikandung. Karena, aktivitas ini aman untuk wanita hamil. Asalkan sadar diri sejauh mana kekuatan tubuh yang dimiliki. Jika lelah, harus berhenti dan beristirahat.

Wanita hamil bisa melakukan pekerjaan rumah ringan seperti membersihkan debu menggunakan masker, mencuci piring atau menyapu. Aktivitas tersebut bisa menghilangkan kejenuhan dan hitung-hitung sembari menyiapkan rumah menjadi lebih bersih ketika menyambut lebaran tiba.

4. Berkebun juga hal yang menyenangkan

8 Aktivitas Ngabuburit yang Gak Membosankan untuk Wanita Hamilcelebratelifewithus.com

Mengisi waktu menunggu buka puasa dengan berkebun atau cuman sekedar berjalan-jalan di kebun, juga bisa memiliki efek luar biasa pada wanita hamil. Selain hawa yang sejuk, melihat hijaunya rumput dan langit biru juga sangat bermanfaat. Namun perlu diingat, pastikan untuk memakai perlengkapan berkebun dan memprioritaskan keamanan.

Baca Juga: Bagaimana Efek Puasa Ibu Hamil terhadap Kondisi Bayi? Ini 7 Faktanya!

5. Berolahraga sebelum buka puasa

8 Aktivitas Ngabuburit yang Gak Membosankan untuk Wanita Hamilwinfitclubs.com

Wanita hamil tetap harus berolahraga. Sambil menunggu waktu buka puasa tiba, bisa menghabiskan setidaknya 30 menit atau 1 jam untuk berolahraga. Nggak perlu yang berat, lakukan saja berenang, jogging atau yoga ringan. Semua olahraga tersebut sangat baik untuk wanita hamil.

Olahraga juga bisa membantu mempercepat proses persalinan. Jika rutin melakukan yoga, maka akan lebih siap menghadapi kontraksi dan mampu mengatur nafas dengan mantap ketika detik-detik melahirkan.

6. Hunting makanan

8 Aktivitas Ngabuburit yang Gak Membosankan untuk Wanita Hamilrealitytoursandtravel.com

Aktivitas yang satu ini sering dilakukan dan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu ketika puasa. Luangkan waktu ngabuburit untuk berburu makanan. Namun, harus menghindari atau mengurangi asupan makanan gorengan ketika berbuka puasa! Minyak dan lemak jenuh yang berlebihan bisa membuat asam lambung meningkat, sehingga mengalami mual dan muntah.

Baiknya, berbuka puasa dengan meminum satu gelas air dengan suhu normal terlebih dahulu. Lalu, konsumsilah dua potong kurma untuk menambah gula darah kembali. Setelahnya, bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan lain dengan porsi yang nggak berlebihan. Sehingga, perut bisa beradaptasi.

7. Membuat kue lebaran

8 Aktivitas Ngabuburit yang Gak Membosankan untuk Wanita Hamilhandletheheat.com

Bagi yang gemar memasak dan membuat kue, sebaiknya gunakan waktu untuk membuat berbagai jenis kue Idul Fitri. Bisa membuat beberapa jenis kue seperti nastar, kastengel, snow princess dan berbagai jenis lainnya. Namun, selama kehamilan, nggak boleh mengonsumsi terlalu banyak kue, ya!

Kue lebaran mengandung banyak tepung dan lemak jenuh yang bisa membuat berat badan bertambah. Nggak cuman itu, kandungan gula yang tinggi pada kue Idul Fitri bisa menyebabkan menderita diabetes gestasional. Boleh memakannya, asalkan nggak berlebihan.

8. Belanja kebutuhan hari raya

8 Aktivitas Ngabuburit yang Gak Membosankan untuk Wanita Hamilbabymonitor.org

Salah satu hal terpenting dan bisa menghilangkan kebosanan ketika berpuasa adalah berbelanja kebutuhan hari raya. Wanita hamil masih bisa terlihat modis menggunakan beberapa kaftan. Pilih bahan kaftan yang sejuk dan nggak panas untuk kenyamanan ketika rumah dipenuhi banyak orang.

Selain itu, pastikan kaftan nggak terlalu sempit. Karena, bisa membuat sulit bergerak dan nggak nyaman. Bisa juga membeli beberapa peralatan lebaran lainnya seperti jilbab dengan berbagai model yang disukai.

Itulah tadi beberapa rekomendasi aktivitas ngabuburit bagi wanita hamil supaya bebas dari rasa bosan. Selamat mencoba.

Baca Juga: 5 Kegiatan Berpahala Bagi Ibu Hamil & Menyusui di Bulan Ramadan

Riyan Sumarno Photo Community Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You