Comscore Tracker

5 Cara Tetap Rukun dengan Orangtua Meski Serumah

Gak jarang, ada anak yang merasa gak nyaman di rumah sendiri

Ketika kamu baru saja lulus dari perguruan tinggi, kembali ke rumah orangtuamu untuk mengawali karirmu bukanlah hal yang buruk. Kamu bisa menghemat biaya sewa untuk tahun pertama atau tahun keduamu. Hal ini tentu saja tidak tanpa kendala, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan supaya kamu bisa nyaman ketika tinggal di rumah orangtuamu.

Ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan jika kamu kembali lagi tinggal di rumah bersama keluargamu. Kamu bisa mempererat ikatan kekeluargaanmu. Namun, jika kamu tidak berhati-hati, hal ini bisa juga meretakkan hubunganmu. Oleh karena itu, ada baiknya kamu melakukan 5 tips di bawah ini.

1. Atur nada hubungan sejak awal 

5 Cara Tetap Rukun dengan Orangtua Meski SerumahIlustrasi sebuah keluarga (Pexels/Fox)

Ada berbagai macam ekspektasi ketika kamu kembali ke rumah untuk hidup bersama orangtuamu lagi, ada baiknya kamu membicarakan apa saja yang bisa keluargamu harapkan darimu dan juga sebaliknya. Kamu bisa membicarakan ini bahkan sebelum kamu pindah ke rumah orangtuamu lagi. Hal ini penting dilakukan agar tidak ada kesalahpahaman yang terjadi antaramu dan keluargamu.

Dengan mengatur nada hubungan sejak awal kamu juga akan diuntungkan, karena kamu akan mempunyai bayangan tentang apa yang akan terjadi ketika nanti kamu sudah sepenuhnya kembali ke rumah orangtuamu. Kamu akan memiliki persiapan yang lebih matang dan akan memiliki waktu yang menyenangkan ketika kamu tinggal di rumah orangtuamu lagi.

2. Tetapkan aturan rumah sejak awal 

5 Cara Tetap Rukun dengan Orangtua Meski SerumahIlustrasi seorang anak yang sedang berbicara dengan orang tuanya (Pexels/Julia M Cameron)

Tentukanlah siapa yang akan membersihkan rumah di hari-hari tertentu. Kamu harus membantu orangtuamu dengan pekerjaan di rumah. Meskipun demikian kamu bisa membicarakan hal ini jika kamu sedang sibuk, sehingga orangtuamu tidak akan memaksakan kehendaknya kepadamu. Kamu harus membicarakan ini dengan kejelasan.

Aturan rumah memang terdengar kaku. Namun, ini lebih baik daripada tidak memilki aturan sama sekali. Kamu bisa memasang peringatan di telepon pintarmu ketika jadwal membersihkan rumah sudah di tentukan sehingga kamu tidak lupa. Bicarakan semua hal yang bisa mengakibatkan kesalahpahaman. Semakin jelas aturan yang kamu dan orangtuamu buat akan semakin baik.

3. Jangan jadi pemalas 

5 Cara Tetap Rukun dengan Orangtua Meski SerumahIlustrasi seorang pemalas (Pexels/Ketut Subiyanto)

Orangtuamu harus bisa berharap sesuatu darimu, dan jika kamu jadi pemalas ketika kamu pindah ke rumah orangtuamu lagi, itu adalah hal yang tidak baik untuk kedua belah pihak. Kamu harus lebih sadar bahwa kamu memiliki kesempatan yang sangat bagus untuk kembali lagi ke rumah orangtuamu. Semakin sadar kamu tentang posisimu di rumah orangtuamu akan semakin baik.

Bantulah pekerjaan rumah meskipun kamu tidak di suruh, jika kamu sedang memiliki waktu luang. Hal ini tentu saja akan membuat hubungan di rumah menjadi lebih harmonis. Pada akhirnya, jika kamu tidak menjadi seorang pemalas, orang yang di untungkan adalah dirimu sendiri, maka carilah cara untuk membuat hidup di rumahmu menjadi lebih baik setiap harinya, dengan menyebarkan kebaikan.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Anak Jahil, Orangtua Harus Jeli

4. Strategi keluar 

5 Cara Tetap Rukun dengan Orangtua Meski SerumahIlustrasi seseorang yang meninggalkan rumah (Pexels/Dương Nhân)

Meskipun kamu mengharapkan hal-hal yang terbaik akan terjadi, terkadang hal-hal yang tidak di inginkan bisa terjadi begitu saja, mengenai hal ini, kamu harus siap untuk keluar dari rumah orang tuamu jika keadaan sudah tidak baik untuk kedua belah pihak. Kamu harus bisa menjadi dewasa dan memikirkan langkah apa yang akan kamu ambil.

Memiliki strategi keluar yang jelas akan membantumu ketika hal-hal genting terjadi. Kamu sudah mempunyai bayangan tentang apa yang akan terjadi pada hidupmu untuk setidaknya beberapa bulan ke depan. Kamu bisa mulai menabung untuk kejadian yang tidak mengenakkan ini. Walaupun tidak enak, ada baiknya kamu memikirkan kemungkinan yang satu ini juga agar kamu terhindar dari stres yang berlebihan ketika hal ini benar-benar terjadi.

5. Jaga dirimu, dan gunakan waktu dengan baik 

5 Cara Tetap Rukun dengan Orangtua Meski SerumahIlustrasi seseorang yang sedang mengecek waktu (Pexels/energepic.com)

Ketika kamu sedang berada di rumah orangtuamu, kamu harus menggunakan waktumu dengan baik. Ingatlah kembali betapa beruntungnya kamu bisa memiliki kesempatan ini. Kamu bisa menjadi lebih sadar dengan menggunakan jurnal yang kamu gunakan untuk mencatat setiap harinya dan menghitung mundur kapan kamu akan keluar dari rumah orangtuamu.

Memiliki target adalah hal yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan masa depanmu. Kamu juga harus menjaga dirimu selama kamu berada di rumah orangtuamu. Kamu harus memperhatikan kesehatan fisik dan kesehatan mentalmu. Dan jika ada masalah yang berarti, bicarakanlah dengan orangtuamu, agar kamu bisa menyeelsaikan masalahmu dengan baik dan cepat.

Itulah 5 tips yang bisa kamu terapkan jika kamu berencana untuk kembali tinggal bersama orangtuamu lagi. Perhatikanlah orangtuamu dan saudara-saudaramu, manfaatkan waktumu dengan sebaik-baiknya, dan semoga kamu memiliki kehidupan di rumah yang menyenangkan!

Baca Juga: 5 Cara Ungkapkan Cinta pada Orangtua jika Gengsi Mengatakan Langsung

Rizky Adipratama Photo Verified Writer Rizky Adipratama

Halo (...) *anggap saja aku sedang memanggil namamu. Wattpad: https://www.wattpad.com/user/Rizkyfaj

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya