Comscore Tracker

5 Tips Melatih Anak agar Lebih Percaya Diri Tampil di Depan Umum

Patut dicoba nih, Ma

Layaknya orang dewasa, setiap anak memiliki sifat yang berbeda. Ada anak yang terlahir berani, tapi ada juga yang pemalu dan kurang percaya diri. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), beberapa anak memiliki sifat pemalu karena bawaan dari lahir, sedangkan lainnya karena memiliki pengalaman hidup yang kurang menyenangkan.

Sebenarnya sifat pemalu ini normal, namun menjadi tidak nomal ketika sang anak mengembangkan sifat pemalu menjadi sifat dasarnya. Kalau anak sudah terlalu malu, dia akan kesulitan dalam menjalani kehidupannya nanti. Salah satu kesulitan yang paling sering dihadapi adalah ketika dia tampil di depan umum. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk melatih anaknya menjadi anak yang percaya diri dan tidak mudah malu. Coba deh Mama dan Papa ikuti tips-tips ini!

1. Jangan memberikan label pemalu pada anak

5 Tips Melatih Anak agar Lebih Percaya Diri Tampil di Depan Umumearlychildhoodaustralia.org

Sifat pemalu pada anak bisa saja didapatkan dari label yang terlalu sering diberikan oleh orangtua. Mama harus berhenti memberikan label anak pemalu pada si kecil. Hal ini justru akan selalu terngiang di kepala anak, sehingga anak akan tumbuh menjadi sosok yang pemalu dan kurang percaya diri. Biarkan anak melalukan apa yang dia ingin kerjakan dan sebagai orangtua harus selalu mendukung agar sang anak tampil percaya diri.

2. Ikutkan anak pada kegiatan yang mengandalkan kerja sama tim

5 Tips Melatih Anak agar Lebih Percaya Diri Tampil di Depan Umumcaptain-fantastic.co.u

Sekolah merupakan tempat terbaik untuk membuat anak belajar meningkatkan kepercayaan dirinya. Mama bisa mendorongnya untuk mengikuti kegiatan yang mengandalkan kerja sama tim atau meningkatkan ilmu sosialnya. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler seperti di bidang olahraga, pramuka atau cheerleader bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melatih anak berinteraksi dengan orang lain.

3. Beri kesempatan pada anak berinteraksi dengan orang lain

5 Tips Melatih Anak agar Lebih Percaya Diri Tampil di Depan Umumtrib.com

Beri kesempatan pada anak untuk menghilangkan rasa malunya dengan caranya sendiri. Kesempatan yang bisa kamu berikan untuk melatihnya adalah membiarkan dia memesan makanannya sendiri saat di restoran atau menjawab pertanyaan yang diberikan orang lain padanya.

Mama tidak perlu mewakilkan si kecil ketika dia mendapat pertanyaan, "Siapa namanya?" atau "Kelas berapa sekarang?" Lebih baik biarkan anak melawan rasa malunya dengan menjawab sendiri pertanyaan-pertanyaan itu.

Baca Juga: 5 Cara Hemat Belanja Perlengkapan Bayi, Bisa Irit sampai Separuhnya!

4. Tunjukkan rasa empati Mama padanya

5 Tips Melatih Anak agar Lebih Percaya Diri Tampil di Depan Umumyoutube.com

Pernah melihat anak malu saat bertemu orang? Atau tidak mau menjawab saat diajak berbicara dengan orang lain? Jika berada di situasi ini, katakan saja pada anak untuk tidak malu menjawab pertanyaan orang lain. Katakan bahwa Mama juga pernah mengalaminya, tapi berhasil melawannya. Selain itu, katakan padanya bahwa Mama mengerti apa yang dia rasakan dan berikan semangat untuk melawat rasa malunya itu.

5. Libatkan anak pada beberapa kompetisi

5 Tips Melatih Anak agar Lebih Percaya Diri Tampil di Depan Umuminstagram.com/popmama.expo

Jika si kecil memiliki beberapa keahlian, dorong dia untuk mengikuti kompetisi atau lomba yang ada. Hal ini juga bisa menjadi cara untuk melatih rasa pecaya dirinya. Meskipun anak pemalu bisa menjadi juara karena dia mampu menguasai dirinya dan merasa jago di bidang tersebut.

Nah, hal pertama yang bisa Mama coba adalah dengan mendaftarkan si kecil di lomba menggambar dan menari grup yang akan diadakan Popmama.com di Popmama Expo. Acara ini akan diadakan pada tanggal 28-29 September 2018 di Gandaria City Hall. Tunggu apalagi Ma, daftar sekarang yuk!

Baca Juga: Intip Trik Beli Popok Bayi Sekali Pakai, Bisa Lebih Hemat Nih Ma!

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya