Comscore Tracker

5 Kiat Sederhana untuk Bahagiakan Orangtua, Sering Disepelekan

Yuk, coba dipraktikkan!

Mungkin kamu sering membaca artikel dengan topik "cara sederhana untuk membahagiakan orangtua", dan tips yang diberikan kebanyakan justru mengharuskan pembacanya untuk menyisihkan sedikit uang agar dapat diberikan pada orangtua mereka.

Memang, cara itu gak salah. Tapi, kalau esensinya adalah "sederhana", sebenarnya gak melulu harus dengan mengeluarkan uang, kok! Beberapa kiat sederhana di bawah ini, bisa kamu praktikkan untuk membahagiakan orangtuamu. Simak baik-baik, ya tipsnya!

1. Cobalah memuji masakan yang sudah dibuat orangtuamu!

5 Kiat Sederhana untuk Bahagiakan Orangtua, Sering Disepelekanunsplash.com/Arturo Alvarez

Orangtuamu di rumah, terutama ibu pasti sering memasak makanan untuk keluargamu, kan? Nah, kamu bisa lho sesekali mencoba untuk memberikan pujian terhadap masakan yang sudah dibuatnya. Katakan kalau "masakan ibu sangat enak!" atau "terima kasih sudah memasak makanan untuk kami!".

Walaupun awalnya, ibumu akan menggodamu dengan mengatakan kalau kamu "lebay", jangan langsung buru-buru marah padanya, ya! Sebenarnya, itu cuma cara dia untuk menyembunyikan kegembiraannya saat dipuji olehmu. Jadi, siap mencobanya?

2. Bantu mereka dengan beres-beres rumah

5 Kiat Sederhana untuk Bahagiakan Orangtua, Sering Disepelekanpexels.com/Andrea Piacquadio

Kalau lagi gak ada kegiatan lain, kenapa gak inisiatif untuk membantu orangtuamu agar dapat meringankan pekerjaan rumah mereka? Gak susah, kok, kamu bisa mulai dengan coba menyapu ruangan atau mencuci peralatan makan yang sudah menumpuk.

Percaya, deh! Orangtuamu pasti akan senang, karena kamu gak jadi anak pemalas yang kerjaannya rebahan melulu di atas kasur. Beban mereka di rumah pun juga ikutan berkurang. Siapa, sih, yang gak senang melihat orangtuanya sendiri bahagia?

Baca Juga: 5 Keuntungan yang Bisa Kamu Peroleh Jika Tulus Membahagiakan Orangtua

3. Cium tangannya terlebih dulu sebelum bepergian

5 Kiat Sederhana untuk Bahagiakan Orangtua, Sering Disepelekanislam.nu.or.id

Budaya yang sudah melekat bagi orang Indonesia, yaitu mencium tangan orangtua sebelum berpamitan. Namun, sepertinya anak-anak jaman sekarang sudah mulai meninggalkan kebiasaan ini.

Padahal cuma butuh waktu sebentar saja untuk melakukannya, tapi kayaknya mereka-mereka ini justru langsung ngibrit pergi, tanpa mencium tangan orangtuanya terlebih dahulu. 

Meskipun sederhana, tapi kegiatan yang satu ini sebenarnya cukup bermakna bagi orangtua kita, lho. Orangtua tentu akan merasa bahagia karena kita, anaknya, telah berhasil menunjukkan rasa hormat pada mereka, walau hanya lewat sebuah kecupan manis di tangannya.

4. Jangan menunda-nunda saat disuruh oleh orangtua

5 Kiat Sederhana untuk Bahagiakan Orangtua, Sering Disepelekanpexels.com/Anna Shvets

Siapa di sini yang sering berkata "sebentar-sebentar", saat disuruh orangtuanya untuk membeli bumbu dapur? Kalau kamu masih melakukannya, jangan diulangi lagi, ya! Orangtua kita pasti akan sedih, kalau kita terus menunda-nunda saat dimintai tolong olehnya.

Padahal, perintah yang disuruhkannya itu ujung-ujungnya untuk kamu juga. Kalau kamu gak mau membeli bahan atau bumbu dapur, ibumu pasti jadi bingung ingin masak menu apa? Memangnya kamu tahan gak makan seharian?

5. Sisihkan waktu untuk mengobrol sebentar dengannya

5 Kiat Sederhana untuk Bahagiakan Orangtua, Sering Disepelekanpexels.com/Andrea Piacquadio

Siapa, sih, orangtua yang gak senang saat diajak bicara oleh anaknya sendiri? Bahkan, jika orangtuamu adalah tipe orang yang gak banyak bicara, tetap saja dia akan merasa senang kalau anaknya sesekali mau meluwangkan waktu untuk mengobrol dengannya.

Kamu bisa awali dengan coba menanyakan kabarnya atau mungkin menceritakan kesibukanmu akhir-akhir ini padanya. Gak cuma bikin orangtua bahagia, hal ini pun bisa membuat hubungan kita dengan orangtua jadi terasa makin akrab.

Tapi, melakukannya gak melulu harus dengan menemui mereka secara langsung, kok! Kalau kamu masih di perantauan, kan, bisa telponan atau video call. Ya, walaupun kalau lagi gak di luar kota, memang lebih baik bertatap muka langsung sama orangtua kita, agar pembicaraan yang dihasilkan lebih terasa intim dan berkualitas. Setuju?

 

Itulah 5 tips sederhana untuk membahagiakan orangtua yang mesti kamu coba. Semoga semua tips yang dipaparkan bisa membantu kamu, ya! Kalau punya tips-tips lainnya, boleh banget share jawabanmu di kolom komentar di bawah

Baca Juga: 5 Momen Sederhana yang Justru Sangat Membahagiakan bagi Orangtua

Han So Hee Photo Verified Writer Han So Hee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya