7 Aktivitas Mengisi Waktu Libur Sekolah Bersama si Kecil

Biar mereka gak bosan dan tetap happy 

Libur akhir tahun yang dilaksanakan pada akhir Desember ini dibarengi dengan libur sekolah, merupakan waktu yang paling dinanti oleh anak-anak sekolah. Kini waktunya mereka bermain hingga rehat sejenak dari belajar di sekolah.

Waktu liburan memang waktu yang paling disukai oleh anak-anak, tapi terkadang malah membuat si kecil bosan jika hanya berdiam diri saja. Nah, di bawah ini ada tujuh aktivitas seru untuk mengisi waktu liburan si kecil, lho. Check this out!

1. Pergi ke kebun binatang

7 Aktivitas Mengisi Waktu Libur Sekolah Bersama si KecilIlustrasi kebun binatang (pexels.com/Git Stephen Gitau)

Pertama, pergi ke kebun binatang bersama anak-anak. Tentunya pergi ke kebin binatang akan membuat sang anak mengenal berbagai hewan, dari hewan melata hingga hewan berkaki, dari hewan pemakan tumbuhan sampai hewan buas yang bikin takut hingga mereka pun melihat hewan yang hampir punah.

Selain itu, ke kebun binatang juga membuat si kecil lebih peduli dengan hewan-hewan sambil mengenal kehidupan alam. Beberapa kebun binatang yang ada di Indonesia, ada Taman Margasatwa Ragunan, Taman Safari Indonesia, Batu Secret Zoo, hingga Bali Zoo Park. Nah, mau pergi ke mana nih, bareng si kecil?

2. Mengunjungi taman bermain

7 Aktivitas Mengisi Waktu Libur Sekolah Bersama si KecilIlustrasi pergi ke alam (pexels.com/Jill Wellington)

Ketika kamu mengajak anak-anak ke area hijau atau taman bermain, tentunya akan membuat anak ikutan refreshing karena kesegarannya. Manfaat pergi ke sini, yaitu: melatih fisik, menambah skill bersosialisasi di sekitar, mengenal alam, hingga mengurangi ketergantungan gadget pada anak.

Kamu bisa mengajak anak-anak ke luar rumah untuk pergi ke taman bermain, seperti alun-alun sebuah kota, lapangan umum, ataupun taman kota yang bahkan ada area bermain yang aman dan seru bagi si kecil. Bahkan di kota-kota besar ada juga beberapa taman yang hijau nan asri lho, kamu tinggal pilih mau pergi ke mana?

3. Pergi ke kolam renang umum

7 Aktivitas Mengisi Waktu Libur Sekolah Bersama si KecilIlustrasi kolam renang (pexels.com/SHVETS production)

Lalu, untuk mengisi liburan sekolah kamu bisa pergi ke kolam renang umum bareng si kecil, lho. Kamu bisa mengajak si kecil untuk belajar berenang hingga main air, tentunya keselamatan si kecil diutamakan, ya.

Kolam renang umum memang memiliki banyak kolam renang dan juga memiliki fasilitas seru seperti perosotan hingga ember jatuh, tapi kamu mesti mencari waktu yang pas karena ketika mendekati libur akhir tahun biasanya ada banyak pengunjung. Kolam renang umum pun ada banyak di wilayah Indonesia, kamu hanya perlu nyari yang tempatnya sesuai.

Baca Juga: 5 Hotel Kids Friendly di Puncak Bogor, Bikin Liburan Makin Seru

4. Mengunjungi taman hiburan

dm-player
7 Aktivitas Mengisi Waktu Libur Sekolah Bersama si KecilIlustrasi taman hiburan (pexels.com/Mihai Vlasceanu)

Lalu, pergi ke taman hiburan dengan menaiki berbagi wahana yang sesuai dengan umur si kecil juga jadi favorit, ya. Dengan pergi ke taman hiburan, dapat meningkatkan kekebalan fisik, menguatkan sendi hingga otot si kecil dengan berbagai aktivitas hingga tentunya membuat anak merasa bahagia dan bebas.

Di Indonesia sendiri, wahana bermain anak ada Taman Mini Indonesia Indah, Dufan hingga kegiatan outbound dan tentunya masih banyak lagi. Tentukan pilihanmu dan sesuaikan dengan ketertarikan si kecil.

5. Jalan-jalan 

7 Aktivitas Mengisi Waktu Libur Sekolah Bersama si KecilIlustrasi kendaraan di jalan (pexels.com/Mikechie Esparagoza)

Nah, ajak sesekali jalan-jalan si kecil ke luar rumah juga pasti akan membuatnya bahagia. Gak harus pergi ke mana-mana, sesimpel mengajaknya pergi ke warung, atau beli makanan pun akan membuat si kecil happy.

Jalan-jalan sederhana pun gak perlu mengeluarkan uang banyak, kamu bisa ajak anak-anak jogging di pagi hari, olahraga dan belanja ke car free day, dan tentunya aktivitas sederhana lainnya. Anak bahagia, orang tua pun ikut bahagia.

6. Lakukan aktivitas seru di rumah

7 Aktivitas Mengisi Waktu Libur Sekolah Bersama si KecilIlustrasi warna rumah (pexels.com/Pixabay)

Jika si kecil sedang tidak pergi liburan, kamu juga tetap bisa melakukan aktivitas seru di rumah. Dengan tetap menciptakan momen seru meskipun di rumah, karena bisa sekalian menghemat pengeluaran budget liburanmu.

Macam-macam aktivitas seru di rumah, seperti menata ulang kamar dan rumah dengan bantuan si kecil, menonton film keluarga yang tentunya ramah anak, hingga bermain board game (monopoli, catur, ular tangga, dll). Kamu juga bisa lakukan kegiatan untuk menambah skill-nya seperti mengajari si kecil memasak, ajak anak berkebun, hingga membuat video kreatif bareng si anak. Wah, ternyata ada banyak ya kegiatan seru lainnya.

7. Berkunjung ke rumah saudara

7 Aktivitas Mengisi Waktu Libur Sekolah Bersama si KecilIlustrasi rumah (pexels.com/Evgeny Tchebotarev)

Terakhir, hal yang bisa dilakukan ketika liburan adalah berkunjung ke rumah nenek hingga saudara. Apalagi jika saudara atau keluargamu ada yang bekerja di luar kota atau desa lain. Kalian bisa sekalian berlibur pula, lho.

Dengan berkunjung bisa sekalian ikut bersilaturahmi dengan saudara baik itu di desa atau ke luar kota. Kegiatan tersebut tentunya memiliki banyak manfaat, anak-anak bisa ikut bermain bersama sepupu, kemudian mereka akan memiliki kenangan bersama, bahkan dapat sekalian berinteraksi dengan akrab.

Aktivitas seru ini tentunya bisa membuat si anak happy dan belajar hal baru, lho. Yuk, luangkan waktu untuk berlibur dengan si kecil, ya. Kamu mau melakukan aktivitas yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Game Spesial Natal yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

sarah aisyah Photo Verified Writer sarah aisyah

Books, Poem, and Blue

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya