Comscore Tracker

Sejak Dini, Ajarkan Anak Mengelola Uang Lebaran dengan 5 Cara Ini

Kesempatan yang baik untuk mendidik nih!

Hari raya Idul Fitri adalah momen yang paling membahagiakan untuk seluruh umat muslim tak terkecuali anak-anak. Di hari Raya Idul Fitri sumber kebahagiaan tidak hanya berasal dari makanan khas lebaran yang lezat-lezat seperti opor ayam, rendang, gulai dan ketupat tetapi juga momen silaturahmi dengan saudara dan teman yang sudah lama dirindukan. Momen silaturahmi juga membahagiakan anak-anak karena pada momen ini mereka akan memperoleh angpao atau salam tempel.

Anak-anak bersuka cita menerima uang yang diberikan orang tua atau kerabatnya. Namun, setelah lebaran usai orang tua harus turun tangan membimbing anaknya untuk mengelola uang tersebut agar tidak dihamburkan untuk hal yang sia-sia. Orang tua dapat mendidik anak-anaknya untuk mengelola uang tersebut dan menanamkan dasar-dasar pengelolaan uang yang merupakan kemampuan yang harus dimiliki setiap orang di masa dewasa. Mengajarkan sejak dini akan lebih membuat anak mengerti. Nah, ikuti 5 cara ini lah yang harus diajarkan pada sang anak. Simak yuk!

1. Ajarkan anak tanggung jawab dengan memperbolehkan mereka menyimpan uangnya sendiri.

Sejak Dini, Ajarkan Anak Mengelola Uang Lebaran dengan 5 Cara Inihttp://bisniskeuangan.kompas.com

Pada saat menghitung uang angpao lebaran orang tua bisa ikutan, tapi berikanlah hak pada anak untuk menyimpan uangnya sendiri. Hal tersebut akan memberikan taanggung jawab tersendiri pada anak sehingga mereka bisa melajar menghargai uang yang mereka punya.

2. Agar uangnya tidak mubadzir, bantulah anak saat membelanjakan uang Lebaran.

Sejak Dini, Ajarkan Anak Mengelola Uang Lebaran dengan 5 Cara Inihttps://www.finansialku.com

Bantulah anak untuk memutuskan apa yang akan mereka beli dengan uang lebaran mereka. Tidak semua hal bisa dibeli dengan uang mereka. Bantulah anak untuk memilih barang yang nantinya akan bermanfaat bagi mereka.

3. Ajarkan anak menghargai uangnya dengan mengajaknya untuk menabung.

Sejak Dini, Ajarkan Anak Mengelola Uang Lebaran dengan 5 Cara Inihttp://www.ummi-online.com

Orang tua bisa mengajarkan anak untuk lebih menghargai uang yang mereka miliki dengan cara menabung sebagian uang mereka. Dengan cara ini orang tua dapat mengajarkan konsep menabung untuk masa depan. Sehingga anak tidak menjadi boros dan dapat belajar untuk menentukan prioritas kebutuhan.

4. Ajarkan anak nilai sosial untuk peduli sesama melalui menyisihkan sebagian uang untuk beramal.

Sejak Dini, Ajarkan Anak Mengelola Uang Lebaran dengan 5 Cara Inihttp://www.kompasiana.com

Dalam kelapangan rizki seseorang terdapat hak orang lainnya. Orang tua bisa mengajarkan anak nilai-nilai kehidupan seperti nilai sosial untuk peduli sesama. Ajarkan anak untuk menyisihkan sebagain uangnya untuk beramal. Orang tua bisa mengajarkan anak untuk beramal melalui kotak amal di tempat ibadah dan tempat belanja atau langsung memberikannya pada mereka yang membutuhkan.

5. Ajarkan anak untuk menjemput kemandirian keuangan dengan mengajarkannya wirausaha sejak dini.

Sejak Dini, Ajarkan Anak Mengelola Uang Lebaran dengan 5 Cara Inihttp://www.anakku.net

Agar lebih bermakna, orang tua bisa mengajak anak-anak untuk melakukan wirausaha sederhana bermodalkan uang lebaran yang diperolehnya. Dengan cara ini orang tua bisa mengajarkan salah satu cara untuk mencapai kemandirian keuangan di masa depan dengan berwirausaha. Usaha yang dipilih tentunya usaha-usaha sederhana yang bisa dilakukan oleh anak seperti berjualan kue.

Nah, itu dia 5 hal yang harus diajarkan pada anak dalam mengelola uang lebarannya, semoga bermanfaat ya!

Sari Nurmayani Photo Verified Writer Sari Nurmayani

Science and Research enthusiast | Love teaching so much

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

Berita Terkini Lainnya