Comscore Tracker

Sering Dibilang Manja, Anak Tunggal Justru Punya 7 Kelebihan Ini

Yang anak tunggal, mana suaranya...

Jadi satu-satunya anak di rumah memang memiliki suka duka tersendiri bagi yang merasakannya. Kalau kamu termasuk anak tunggal, kamu pasti bakal sering banget mendengar ejekan bahwa kamu anak manja dan mengungkit kehidupanmu yang seperti di istana karena kamu hanya sendirian.

Padahal sebenarnya tidak seperti itu, kamu sebagai anak tunggal justru memiliki 7 kelebihan ini yang belum tentu dimiliki oleh anak yang punya saudara.

1. Karena tidak punya saudara, anak tunggal akan berusaha jauh lebih keras untuk membuat orangtuanya bangga

Sering Dibilang Manja, Anak Tunggal Justru Punya 7 Kelebihan Inifanpop.com

Dia tahu dirinya hanya satu-satunya anak dalam keluarga dan otomatis orangtuanya sangat berharap padanya. Inilah yang akan membuatnya secara otomatis bekerja jauh lebih kuat dan keras untuk membuat orangtuanya bangga padanya. Dia juga adalah penopang orangtuanya.

2. Anak tunggal rentan dengan kesepian, tapi itu yang membuatnya jadi mandiri

Sering Dibilang Manja, Anak Tunggal Justru Punya 7 Kelebihan Iniimdb.com

Karena dia tidak punya saudara yang bisa dia andalkan, makanya dia butuh mengandalkan dirinya sendiri. Dia mau tidak mau harus kuat dan mengandalkan dirinya sendiri. Kalau anak lain harus ada yang dipaksa untuk jadi mandiri, anak tunggal malah sudah terbiasa menjadi mandiri.

3. Anak tunggal memang cenderung pendiam, tapi dia adalah pendengar yang baik

Sering Dibilang Manja, Anak Tunggal Justru Punya 7 Kelebihan Inifanpop.com

Dia cenderung kesepian karena tidak memiliki saudara, tapi itu membuatnya otomatis menjadi pendengar yang baik. Dia akan dengan senang hati mendengarkan siapa saja yang bicara padanya karena itu lebih baik baginya dibandingkan harus sendirian lagi.

4. Anak tunggal punya kepercayaan diri yang baik

Sering Dibilang Manja, Anak Tunggal Justru Punya 7 Kelebihan Iniimdb.com

Dia mendapatkan dukungan penuh dengan orangtuanya. Berbeda dengan anak yang memiliki saudara yang cenderung berat sebelah dalam menerima kasih sayang orangtua, anak tunggal tidak akan merasa disaingi oleh siapapun makanya dia pasti tumbuh dengan rasa percaya diri yang cukup tentang dirinya sendiri.

Baca juga: Jangan Lakukan Kebiasaan Ini Kalau Gak Mau Harga Dirimu Hancur!

5. Anak tunggal terbiasa mengungkapkan apa yang dia rasakan dengan tegas

Sering Dibilang Manja, Anak Tunggal Justru Punya 7 Kelebihan Inipopsugar.com

Tidak ada lagi orang yang bisa diajak bicara olehnya selain orangtuanya, makanya dia pasti terbiasa langsung mengatakan apa yang dia rasakan tanpa berpikir ulang. Anak tunggal biasanya juga cenderung memiliki sifat yang jujur karena perhatian orangtuanya yang hanya mengarah padanya membuatnya tidak bisa menyembunyikan sesuatu.

6. Anak tunggal cenderung lebih teratur dan terorganisir

Sering Dibilang Manja, Anak Tunggal Justru Punya 7 Kelebihan Inicollider.com

Karena di rumah orangtua hanya mengurusinya seorang, anak tunggal yang dididik dengan benar akan terbiasa dengan kerapian dan keteraturan. Tidak ada adik atau kakak yang memecah perhatian orangtua sehingga dia kemungkinan besar akan jadi anak yang tenang dan tertata.

7. Anak tunggal terbentuk kritis tentang segala hal di sekitarnya

Sering Dibilang Manja, Anak Tunggal Justru Punya 7 Kelebihan Iniaceshowbiz.com

Dia memiliki hubungan yang dekat dengan orangtuanya karena tidak ada lagi yang bisa dia ajak bicara selain orangtuanya. Makanya, anak tunggal cenderung kritis dalam berpikir dan bertanya. Dia akan langsung menanyakan apa yang tidak dia mengerti pada orangtuanya.

Jadi anak tunggal kadang membuatmu kesepian, tapi kamu memiliki beban yang lebih berat daripada anak yang memiliki saudara. Orangtua jelas sepenuhnya tanggung jawabmu karena tidak ada lagi yang bisa diandalkan selain anak tunggalnya. Jadi, kamu sebagai anak tunggal patut bangga, bahwa secara langsung kamu tumbuh menjadi anak yang mandiri.

Baca juga: 8 Fakta Membingungkan Orang Introvert yang Bikin Salah Sangka

Topic:

Berita Terkini Lainnya