Comscore Tracker

5 Inspirasi Taman Indoor yang gak Bikin Rumah Sumpek

Berkreasi di lahan yang terbatas bukan masalah #IDNTimesLife

Kehadiran area hijau di dalam sebuah hunian dapat meningkatkan mood penghuninya. Terutama di kala kamu harus beraktivitas dari rumah, unsur hijau di rumah tentunya menjadi daya tarik yang juga dapat meningkatkan kreativitas. Kalau rumahnya luas pasti akan lebih mudah untuk menatanya.

Tapi apa jadinya bila rumahmu berukuran relatif kecil? Tentunya kamu harus pintar-pintar menyiasati agar rumah tidak terlihat sumpek namun area hijau itu tetap ada. Apakah kamu masih bingung tanamanmu mau ditaruh dimana dan dikonsep seperti apa? Yuk simak 5 inspirasi di bawah ini dan ciptakan area hijau versi mini nan asri.

1. Manfaatkan area pasif untuk menaruh tanaman

5 Inspirasi Taman Indoor yang gak Bikin Rumah Sumpekilustrasi beragam tanaman (pexels.com/Ksenia Chernaya)

Ada area di rumahmu dimana tempat itu tidak bisa digunakan untuk apa pun, seperti di sudut-sudut ruangan, area di sela sofa ruang tamu, atau ruang di bawah tangga. Agar area itu terasa lebih hidup, gunakan untuk menaruh pot tanaman yuk. Letakkan tanaman dengan perbedaan ukuran dan tinggi supaya ruang tidak monoton. Mari kita coba!

2. Tanaman gantung yang menghemat tempat

5 Inspirasi Taman Indoor yang gak Bikin Rumah Sumpekilustrasi tanaman gantung (pexels.com/Charlotte May)

Bingung mau meletakkan tanaman dimana lagi? Taman gantung jadi solusinya. Tanaman gantung memberikan sentuhan asri pada rumah. Agar ruangan tidak monoton, pilih tanaman gantung dengan pot beraneka warna.

Ada beberapa jenis tanaman hias yang cocok untuk menghiasi rumahmu seperti tanaman anggrek, lili paris, pakis boston, sirih marble, dan masih banyak lagi. Selain cantik, tanaman tersebut juga minim perawatan, loh. Tunggu apalagi? Yuk segera percantik rumahmu dengan tanaman gantung. Jangan lupa untuk memangkasnya secara rutin, ya, agar tanamanmu tetap rapi. 

3. Taman sayuran

5 Inspirasi Taman Indoor yang gak Bikin Rumah Sumpekilustrasi tanaman sayur (pexels.com/cottonbro)

Jangan batasi rumahmu karena dengan lahan sesempit apa pun kamu bisa meletakkan tanaman hijau di sana. Selain tanaman hias, kamu bisa juga, loh menanam tanaman sayur. Salah satu manfaat dari bertanam sayur di rumah selain lebih hemat yaitu lebih praktis. Kita tidak perlu repot berbelanja di tukang sayur karena untuk beberapa bahan masakan bisa dipetik dari rumah.

Bila area rumahmu terbatas, gunakan pot sebagai media tanam atau menanam dengan konsep hidroponik. Cukup banyak tanaman yang bisa kamu tanam antara lain cabai, bayam, tomat, seledri, kangkung, selada dan daun bawang. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tanaman Indoor Ini Berisiko Memicu Alergi, Ketahui Sebelum Terlambat

4. Terarium yang mempercantik ruangan

5 Inspirasi Taman Indoor yang gak Bikin Rumah Sumpekilustrasi terarium (jennycookies.com)

Terarium adalah replika tanaman mikroorganisme yang diletakkan di dalam wadah kaca transparan. Oleh karena menggunakan wadah yang mini, maka terarium cocok untuk mempercantik ruangan di lahan terbatas. Peletakannya bisa di dinding sebagai dekorasi dinding atau di meja untuk mempercantik ruangan. Gunakan wadah kaca berbagai bentuk untuk variasi hiasan dalam ruangan. Dijamin terariummu akan mencuri perhatian!

5. Taman sukulen

5 Inspirasi Taman Indoor yang gak Bikin Rumah Sumpekcontoh sukulen (pexels.com/Designecologist)

Serupa dengan terarium, sukulen tidak memerlukan tempat yang luas untuk bertumbuh. Bentuk dan rupa yang beragam menjadi daya tarik tanaman sukulen ini. Kombinasikan beberapa jenis sukulen di dalam satu meja atau sudut ruangan untuk memberikan kesan unik. Jade plant, panda plant, kaktus zebra, mcheveria minima, lidah buaya adalah beberapa jenis sukulen yang bisa jadi pilihanmu. Mana favoritmu?

Kehadiran tanaman di dalam rumah tidak hanya mempercantik ruangan tapi juga melancarkan sirkulasi udara. Sebagai solusi keterbatasan ruang, 5 inspirasi taman indoor diatas bisa jadi pilihanmu. Sudah terpikir mau pilih inspirasi tanaman indoor yang mana?

Baca Juga: 9 Ide Spot untuk Meletakkan Tanaman Indoor, Indah Jadi Dekorasi Rumah

Stephanie Priyanka Photo Verified Writer Stephanie Priyanka

Mencoba terus bergerak dengan terus menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya