4 Manfaat Bersepeda untuk Anak, Tingkatkan Konsentrasi

Kegiatan menyenangkan dan bikin sehat

Bersepeda menjadi salah satu kegiatan yang bisa orang tua coba untuk mengisi waktu luang bersama anak. Selain menghibur dan menyenangkan, bersepeda sendiri memiliki manfaat terhadap pertumbuhan anak. 

Ada beberapa manfaat yang bisa anak dapatkan dari bersepeda, lho! Tidak hanya baik untuk kesehatan, berikut di bawah ini adalah empat manfaat bersepeda untuk anak. Yuk simak ulasannya! 

1. Meningkatkan kebugaran

4 Manfaat Bersepeda untuk Anak, Tingkatkan Konsentrasiilustrasi anak sedang bersepeda (unsplash.com/Jordaneil)

Seperti yang kita tahu, bersepeda menjadi salah satu olahraga yang dapat melatih kekuatan otot di seluruh tubuh. Bersepeda juga memiliki manfaat penting terhadap paru-paru dan jantung anak, detak jantung yang meningkat ketika mengayuh sepeda akan memperkuat otot jantung dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan paru-paru. Hal ini akan memiliki dampak baik terhadap stamina pada anak.  

2. Melatih konsentrasi dan tanggung jawab

4 Manfaat Bersepeda untuk Anak, Tingkatkan KonsentrasiIlustrasi anak sedang bersepeda (unsplash.com/Liz99)

Bersepeda juga dapat melatih konsentrasi dan tanggung jawab pada anak. Ketika orangtua mengajari anak bersepeda, tentu anak akan berusaha fokus terhadap hal baru yang mereka pelajari. Anak akan berkonsentrasi menjaga tubuhnya supaya tetap seimbang di atas sepeda, melalui jalan yang akan dilewati. Bukan hanya itu, bersepeda juga dapat melatih tanggung jawab anak terhadap sepedanya serta perilaku dijalan ketika sudah bisa mengendarai sepeda nantinya. 

Baca Juga: 7 Cara Aman Membonceng Anak Naik Sepeda Motor

3. Meningkatkan kepercayaan diri

4 Manfaat Bersepeda untuk Anak, Tingkatkan KonsentrasiIlustrasi anak sedang bersepeda (unsplash.com/Markusspiske)

Setiap orang tentu akan mengalami kesulitan ketika mulai belajar hal baru, hal tersebut juga berlaku kepada anak yang baru belajar bersepeda. Rasa takut, ragu dengan diri sendiri, serta tidak nyaman pasti akan dirasakan.

Namun meyakinkan anak untuk melawan rasa takut dan berani mencoba akan berdampak baik, anak akan melawan ketakutannya untuk gagal selama belajar bersepeda. Ketika berhasil, anak akan merasa bangga dengan pencapaiannya dan membuatnya lebih percaya diri serta percaya dengan kemampuannya. 

4. Membantu anak mendapatkan aktivitas fisik yang cukup

4 Manfaat Bersepeda untuk Anak, Tingkatkan Konsentrasiilustrasi anak sedang bersepeda (unsplash.com/Carolinehdz)

Anak dengan usia sekolah disarankan mendapat aktivitas fisik selama 60 menit dalam sehari. Bersepeda di saat waktu luang dapat menjadi olahraga yang dapat mencukupi waktu tersebut, selain itu bersepeda bisa mengurangi waktu bermain smartphone pada anak di waktu luang. Selain sehat, bersepeda membuat anak menikmati waktu menyenangkan bersama keluarga maupun teman-teman. 

Itu dia empat manfaat bersepeda untuk anak. Bukan hanya memiliki dampak baik terhadap pertumbuhan anak, bersepeda juga meningkatkan ikatan antara orang tua dan anak. Gimana tertarik mengisi waktu luang dengan bersepeda bersama keluarga? 

Baca Juga: 5 Tips Bersepeda saat Hamil yang Aman dan Nyaman

Suandewi Oka Photo Verified Writer Suandewi Oka

Stay happy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya