Comscore Tracker

Gak Cuma Main Gawai, 5 Aktivitas Ini Bisa Kamu Lakukan Bareng Si Kecil

Ada hal lain kok yang bisa bikin si kecil tersenyum

Di zaman sekarang ini, handphone tidak lagi menjadi barang mewah. Hampir semua orang memilikinya. Dan bahkan anak-anak yang masih kecil pun sudah diperkenalkan dengan gawai.

Tidak jarang ketika ia rewel atau ngambek, bahkan orang-orang sekitarnya mencoba mendiamkannya dengan memberikan gawai. Ya, meskipun memang tidak semua orang juga yang melakukan hal seperti itu.  

Nah, untuk si kecil yang sudah terlanjur mengenal gawai, mungkin beberapa hal ini bisa dicoba dilakukan bersama agar gawai tak lagi menjadi mainannya. Apa aja sih? Yuk simak satu per satu.

1. Ajak ia belajar sambil bermain

Gak Cuma Main Gawai, 5 Aktivitas Ini Bisa Kamu Lakukan Bareng Si Kecilunsplash/Hannah Rodrigo

Mulai sekarang cobalah untuk lebih bisa mengajaknya untuk bermain bersama sambil belajar. Jangan biarkan ia bermain sendirian dengan gawai yang diberikan. Sebab jika sedari kecil sudah mengenal gawai, yang ditakutkan akan sulit untuknya nanti terbebas dari gawai itu. Belum lagi radiasi dari gawai itu yang dapat merusak matanya jika selalu saja harus menatap ponsel terus-terusan. Gak mau kan jika ini sampai terjadi pada si kecil?

2. Ceritakan kepadanya cerita anak-anak atau dongeng

Gak Cuma Main Gawai, 5 Aktivitas Ini Bisa Kamu Lakukan Bareng Si Kecilpexels/Lina Kivaka

Bercerita atau mendongeng kepada si kecil, sekarang ini tampaknya perlahan-lahan mulai ditinggalkan oleh masyarakat kita. Nah, agar kebiasaan ini bisa muncul kembali, cobalah ganti kebiasaan bermain gawai si kecil dengan menceritakan kepadanya cerita anak-anak atau dongeng. Dijamin sikecil akan excited dan penasaran untuk mendengarnya. Sebab di usia-usia tumbuh kembang mereka, rasa penasaran dan ingin tahu mereka sangat tinggi.

3. Ubah kebiasaan memberikan tontonan melalui gawai dengan menonton film lewat TV atau DVD

Gak Cuma Main Gawai, 5 Aktivitas Ini Bisa Kamu Lakukan Bareng Si Kecilunsplash/John Tuesday

Baca Juga: 7 Tips Agar Si Kecil Mau Makan Sayur, Gak Susah Lagi

Tak bisa kita pungkiri, di era teknologi digital yang semakin maju dan berkembang ini, orang-orang lebih senang untuk bisa mengakses hal apapun melalu ponsel pribadi. Dan tanpa disadari, terkadang kebiasaan itu kamu tularkan kepada si kecil. Contohnya saja dengan memberikan ia tontonan melalu video-video yang ada di YouTube. Mulai sekarang, daripada memberikannya tontonan melalui video yang ada di ponsel, mungkin kamu bisa merubah kebiasaan ini dengan menonton bersamanya melalui layar televisi atau menonton DVD.

4. Ajak ia bermain bersama orang sekitar yang sebaya dengannya

Gak Cuma Main Gawai, 5 Aktivitas Ini Bisa Kamu Lakukan Bareng Si Kecilunsplash/Robert Collins

Daripada membiarkannya bermain gawai di rumah, alangkah lebih baik jika diajak untuk bersosialisasi dan bermain dengan anak-anak sekitar lingkungan rumah yang sebaya dengannya. Atau juga bisa mengajak teman-temannya itu bermain di rumah melakukan hal-hal yang mereka sukai. Misalnya bermain mobil-mobilan, boneka, dan lain sebagainya. Karena biasanya anak-anak jika sudah bermain bersama teman-teman akan lupa dengan gawai. Tapi penting juga lho ya untuk selalu mengawasi mereka!  

5. Jangan membujuk atau memperkenalkannya dengan gawai jika tak ingin ia menjadi kecanduan

Gak Cuma Main Gawai, 5 Aktivitas Ini Bisa Kamu Lakukan Bareng Si Kecilunsplash/Tim Gouw

Anak kecil itu sangat mudah sekali menangkap dan merekam hal-hal baru dengan cepat. Diajarkan sekali saja mereka bisa langsung merekam apa yang kita ajarkan kepada mereka. Itulah kenapa jangan sesekali memperkenalkan atau membujuknya saat ia ngambek dengan menggunakan gadget. Karena jika sekali saja ia sudah kenal dan tahu, akan susah nantinya untuk membuatnya terlepas dari hal itu. Bisa-bisa nanti yang ada gadget malah dijadikan sebagai alasan untuknya ngambek. Lalu kita menbujuknya dengan gadget. Alhasil lama kelamaan dia menjadi kecanduan. Dan jika tidak dituruti ia bisa menjadi tak terkontrol.

Nah, itu beberapa hal yang mungkin bisa kita lakukan bersama si kecil. Jadi daripada membiarkannya dengan bermain gawai, yuk ubah kebiasaannya dengan mengajaknya bermain bersama.    

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Pepaya Supaya Si Kecil Tak Lagi Ogah Makan, Coba deh!

Sucy Fujiazma Photo Community Writer Sucy Fujiazma

writing and sharing ✌️ | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You