Comscore Tracker

5 Cara Memenuhi Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Anak Usia Dini

Perhatikan kebutuhan asupan makanan si kecil sejak dini

Untuk mendukung tumbuh kembang anak, kamu harus memahami bagaimana cara memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya. Pada dasarnya, anak usia 1-5 tahun memiliki kecenderungan picky eaters namun kamu bisa kok mencegah hal itu dengan melakukan pengenalan dini terhadap sejumlah makanan yang berbeda, baik secara bentuk maupun rasa. Hal ini agar pengetahuan anak terhadap hal itu semua bisa lebih kaya lagi. Nah, berikut ini merupakan cara mudah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi anak supaya seimbang.

1. Ajak si kecil makan bersama orangtua, dengan begitu anak akan merasa dilibatkan

5 Cara Memenuhi Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Anak Usia Dinipexels.com/ rawpixel

Tanpa kita sadari anak mengikuti apa pun yang kita lakukan sebagai orangtua. Sekecil dan mendasar apa pun anak akan dengan mudah mencontohnya. Ketika menjalani aktivitas makan, biasakan mengikutsertakan anak, hindari kebiasaan anak makan duluan, baru setelah itu kamu. Lakukan kebiasaan ini sejak dini agar anak terbiasa dengan pola makan yang kamu ajarkan. Tetaplah tenang ketika anak menolak menghabisi makanan yang kamu berikan, berikan penjelasan secara perlahan. Kalau sudah begitu, suasana makan akan terasa nyaman dan menyenangkan.

2. Mengolah bahan makanan sesuai dengan tahapan usia anak

5 Cara Memenuhi Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Anak Usia Dinipexels.com/rawpixel

Kamu juga harus bijak dalam menyajikan sebuah makanan. Bila anak masih kecil yakni usia 1-5 tahun, berikanlah makanan dengan potongan lebih kecil dan tekstur yang tidak terlalu keras. Namun bila usia sudah menginjak 5 tahun ke atas, berikan makanan yang tidak membosankan dari segi rasa maupun menunya. Karena anak mudah sekali bosan, hal inilah yang terkadang menjadi penghambat pemenuhan nutrisi dan gizi pada anak.

3. Berikan makanan selingan seperti camilan

5 Cara Memenuhi Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Anak Usia Dinipexels.com/

Tak hanya makanan berat, makanan ringan seperti buah, snack, yogurt, susu, sereal, roti, dan lainnya juga mampu menyeimbangkan nutrisi dan gizi anak, lho. Terlebih lagi bagi anak yang susah sekali mengonsumsi karbohidrat, memberikan makanan selingan seperti ini sangat direkomendasikan. Jangan lupa perhatikan jarak menikmati kudapan dengan waktu makan utama.

Baca Juga: 7 Makanan Bernutrisi Ini Bisa Bantu Menaikkan Berat Badanmu

4. Penuhi kebutuhan asupan makronutrien

5 Cara Memenuhi Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Anak Usia Dinipexels.com/Sydney Troxell

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinis, Nurul Ratna Mutu Manikam mengungkap, orangtua haruslah berperan terhadap pemilihan asupan dan pola makan sehari-hari anak. Kebutuhan nutrisi dan gizi anak yakni menyempurnakan asupan makronutrien, seperti misalnya lemak, protein, dan karbohidrat. Karena masing-masing zat tersebut memiliki peranan yang baik terhadap pertumbuhan dan perkembangan otak. Lemak sebagai penyedia asam lemak esensial serta proteksi organ dalam dan protein yang bermanfaat bagi imunitas tubuh serta kontraksi otot rangka.

5. Makanan dimasak dengan matang sempurna

5 Cara Memenuhi Kebutuhan Gizi dan Nutrisi Anak Usia Dinipexels.com/Daria Obymaha

Untuk melindungi kandungan vitamin yang ada pada makanan seperti sayuran, daging maupun ikan, kamu harus memerhatikan cara pengolahannya. Misalnya, masak dengan api kecil atau sedang agar bahan makanan tetap matang dan tetap terjaga kualitas nutrisinya. 

Nah, itulah cara mudah untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi pada anak usia dini. Sebagai pelengkap, orangtua dapat memberikan air mineral, jus buah, dan susu. Tetap semangat ya, mom!

Baca Juga: 5 Nutrisi yang Tidak Ada Dalam Sayur Ataupun Buah! 

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Elfida

Just For You