Comscore Tracker

Happy Father's Day: 7 Gaya Asuh Ayah Millennials yang Super Kekinian

Gaya asuh sesuai dengan zaman now

Peran ayah masa kini memang sudah mengalami banyak perubahan, tak ada lagi kesan ayah otoriter soal pola asuh yang diterapkan pada anak. Ayah-ayah millennials jauh memiliki potensi untuk bisa menjadi sahabat sekaligus figur idaman yang didambakan setiap anak. Memang sih, bukan persoalan yang mudah untuk bisa menjadi ayah di zaman serba cepat ini. Butuh pemahaman untuk bisa menghadapi tingkah laku anak zaman now.

Sama seperti ibu millennials, ayah millennials juga memiliki gaya asuh yang tak kalah seru, lho. Hal ini bisa kita lihat dari gaya asuh super nyentrik dan kocak para selebriti yang kini berperan sebagai ayah millennials. Jadi penasaran, kira-kira siapa saja ya mereka?

1. Gaya asuh kocak ala Ringgo Agus Rahman

Happy Father's Day: 7 Gaya Asuh Ayah Millennials yang Super Kekinianinstagram/Ringgoagus

Dalam setiap unggahan di media sosial, Ringgo selalu membubuhkan kepsyen menggelitik pada fotonya. Terlebih lagi, saat menerangkan bagaimana kedekatannya dengan Bjorka. Sejak awal, Ringgo selalu menginginkan gaya asuh yang santai tanpa banyak peraturan. Ringgo ingin membangun gaya asuh selayaknya sepasang sahabat dengan Bjorka. Sehingga, kedekatan itu akan terus tumbuh semakin erat sampai Bjorka bisa melakukan semuanya sendiri. Baginya, gak ada tuh gaya asuh otoriter atau orangtua selalu benar. Menjunjung demokrasi dalam sebuah hubungan orangtua dan anak sangat penting demi terciptanya keluarga yang sehat lahir dan batin. 

2. Berbicara dari hati ke hati, Rio Dewanto mengajak Salma lebih dekat dengan alam

Happy Father's Day: 7 Gaya Asuh Ayah Millennials yang Super Kekinianinstagram/Riodewanto

Aktor tampan yang satu ini memang tak pernah gagal membuat perempuan gregetan dengan semua sikap manisnya. Bersama sang putri kesayangan, Salma, Rio kerap mengajaknya untuk mengunjungi berbagai destinasi alam di sejumlah daerah. Rio berharap pendekatan emosional ini bisa membuat Salma tubuh menjadi gadis yang tangguh dan mandiri. Sesekali, Rio menyanyikan lagu untuk Salma dengan iringan ukulele atau mengajaknya bermain pasir di pantai. Salma harus tahu, bahwa alam tak pernah lelah memberikan pesonanya untuk kehidupan kita. 

Baca Juga: 5 Gaya Asuh Kate Middleton yang Bisa Dijadikan Panutan Semua Ibu

3. Ditto Percussion, melibatkan anak dalam setiap aktivitas seru

Happy Father's Day: 7 Gaya Asuh Ayah Millennials yang Super Kekinianinstagram/dittopercussion

Ditto Percussion dan Ayudia Bing Slamet memutuskan untuk tidak melibatkan pihak pengasuh untuk mengurus Sekala. Sejak kelahiran Sekala, keduanya kompak mengurus segala kebutuhan sang buah hati secara mandiri. Sebagai seorang ayah, Ditto selalu berusaha untuk bisa menjadi sahabat bagi Sekala. Ditto selalu mengajak Sekala untuk terlibat dalam segala aktivitas yang seru dan bisa diikutinya. Misalnya, saat latihan perkusi, traveling, sampai menonton konser dan kegiatan seru lainnya.  

4. Ajak si kecil berdiskusi ala Ernest Prakasa

Happy Father's Day: 7 Gaya Asuh Ayah Millennials yang Super Kekinianinstagram/ernestprakarsa

Komika, penulis, sekaligus aktor Ernest Prakasa merupakan sosok ayah millennials yang sangat dengan dengan kedua buah hatinya, terutama si sulung Snow. Keduanya kerap terlihat berdiskusi layaknya orang dewasa dalam vlog pribadinya. Gaya asuh Ernest ini seakan menerangkan bahwa ayah millennials bisa menjadi sosok yang didambakan setiap anaknya. Komunikasi yang baik merupakan modal utama yang harus dimiliki setiap orangtua, lho. 

5. Dwi Sasono, jadi orangtua yang up to date itu penting

Happy Father's Day: 7 Gaya Asuh Ayah Millennials yang Super Kekinianinstagram/dwisasono

Peran orangtua millennials itu gak jauh dari kata up to date. Yap, penting sekali mengetahui segala informasi tentang masing-masing anak. Meski memiliki segudang aktivitas di luar rumah, bagi Dwi meluangkan waktu untuk mengetahui keluh kesah anak itu kewajiban yang tak boleh dilewatkan. Selama ini, Dwi selalu tahu hari apa Widuri les, jam berapa Dru pulang sekolah, atau kapan waktunya Den Bagus tidur siang. Pokoknya sebisa mungkin, Dwi jadi ayah yang super asyik untuk ketiga anak-anaknya. 

6. Desta: "Urus anak itu harus kompak"

Happy Father's Day: 7 Gaya Asuh Ayah Millennials yang Super Kekinianinstagram/desta80s

Dikarunia tiga buah hati perempuan, membuat Desta harus pintar-pintar dalam ambil sikap. Meski selalu tampil kocak penuh canda, ternyata sosok Desta saat di rumah jauh dari kesan tersebut, lho. Saat di rumah, Desta menunjukkan sosok ayah yang bisa dijadikan panutan. Baginya, hal terpenting dalam mengasuh anak yakni membangun kekompakan dengan istri. Jadi, usahakan tidak terjadi kesalahpahaman atau timpang dalam pola asuh orangtua. 

7. Baldy Mulya Putra, berikan kebebasan pada anak sesuai bakat yang dimiliki

Happy Father's Day: 7 Gaya Asuh Ayah Millennials yang Super Kekinianinstagram/Baldynola

Suami dari Nola B3 ini mengaku sempat kewalahan bagaimana menerapkan gaya asuh atau pola asuh untuk ketiga anaknya, yakni, Naura, Bevan, dan Neona. Pasalnya, ketiga anaknya ini memiliki karakter yang sangat berbeda yang tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Baldy dan Nola. Salah satu hal yang harus dimiliki anak, yakni kepercayaan diri untuk bisa melakukan segala hal positif yang diyakini. Hal ini dilatih Baldy dengan memberikan kebebasan agar anak bisa memiliki hal yang disukainya. Selain itu, hindari pengekangan agar terhindar dari gaya asuh yang otoriter. 

Nah, itulah gaya asuh ala ayah millennials yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan kamu bersama si kecil. Semoga bisa menginspirasi, ya. 

Baca Juga: 5 Hal Ini Akan Kamu Rasakan Jika Miliki Hubungan Buruk Dengan Ayah

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Elfida

Just For You