Comscore Tracker

5 Mainan Bayi yang Baik untuk Perkembangan Sensorik

Daftar mainan yang bisa mengedukasi tumbuh kembang bayi

Terkadang kita bingung sebenarnya anak membutuhkan mainan dari usia berapa sih? Ternyata rentang usia 0-6 bulan bayi sudah membutuhkan mainan yang bisa membantu tumbuh kembangnya lho. Di masa ini orangtua harus melatih kemampuan untuk menarik respon sehingga sensorik bayi dapat terangsang.

Pilihlah mainan yang mampu melatih motorik bayi mulai dari pendengaran, sentuhan, suara sampai rasa. Berikut ini beberapa macam mainan bayi yang baik untuk melatih sensorik bayi yang bisa kamu pilih.

1. Melatih respon bayi dengan bouncer ayunan yang terdapat mainan bentuk serta bunyian

5 Mainan Bayi yang Baik untuk Perkembangan SensorikInstagram/sugarbaby.co.id

Bouncer menjadi tempat berbaring bayi yang paling diandalkan oleh orangtua millennial. Biasanya bouncer terbuat dari besi dengan bantalan sebagai alas. Bagian yang paling menarik adalah gantungan mainan yang berada tempat di ata kerangka bouncer.

Gerakan mata bayi ke atas dan ke samping bisa dilatih menggunakan bentuk dan bunyian dari mainan pada bouncer. Jangan lupa pilih mainan yang memiliki warna mencolok seperti merah, kuning, hijau, orange dan biru.

2. Playmat mampu melatih kemampuan kognitif bayi

5 Mainan Bayi yang Baik untuk Perkembangan SensorikInstagram/sugarbaby.co.id

Matras motif untuk bayi atau lebih keren dikenal playmat bisa kamu jadikan alternatif melatih kemampuan kognitif bayi. Biasanya playmat dilengkapi berbagai fitur pendukung, mulai dari gambar dengan ragam warna, bunyian sampai ruang gerak.

Bayi bisa berbaring, tengkurap sampai bergerak sesukanya. Kamu bisa melatih bayi dengan memberikan mainan, pancing si bayi untuk mengikuti arahan. Hal ini berguna banget untuk melatih kekuatan otot tubuh terutama pada tangan, kaki dan leher. 

3. Melatih pendengaran dan penglihatan bayi dengan mainan rattle

5 Mainan Bayi yang Baik untuk Perkembangan SensorikPinterest/justsimplymom.com

Kamu tahu dong mainan dengan ragam bentuk yang memiliki bunyian serta warna mencolok, yap rattle! Biasanya rattle tersedia dalam bentuk bulat, persegi, abstrak maupun karakter.

Pada bagiannya juga dipasangkan aksesoris pendukung seperti bunyian yang bisa menarik perhatian bayi. Sederet pakar tumbuh kembang anak juga mengatakan bahwa rattle bisa jadi mainan terbaik untuk melatih pendengaran maupun penglihatan bayi. Agar lebih aman, kamu bisa memilih rattle bahan plastik atau karet.

Baca Juga: 12 Ide Kreasi dari Mainan Dinosaurus Karet, Ciamik Banget!

4. Menumbuhkan minat baca sejak dini, kamu bisa memilih buku mainan dari kain

5 Mainan Bayi yang Baik untuk Perkembangan SensorikPinterest/interweave.com

Memberikan buku bacaan pada bayi apakah tepat? Tenang mom! Meski masih berusia di bawah 6 bulan, bayi memiliki keinginan untuk memegang dan menggerakkan tangannya untuk meraih benda.

Buku yang terbuat dari kain bisa melatih sensoriknya dalam merangsang indera perasa. Kamu juga bisa membiasakan bayi untuk mendengarkan dongeng sebelum tidur. Siapa tahu, kebiasaan ini bisa terus hingga si kecil besar.

5. Teether dapat mengasah bayi untuk berani bereksplorasi dengan tangan dan mulutnya

5 Mainan Bayi yang Baik untuk Perkembangan SensorikPinterest/fatbraintoys.com

Kamu pasti sudah tahu dong, saat memasuki usia 4 bulan, bayi mulai suka memasukkan berbagai jenis benda ke mulutnya. Sebagai alternatif benda yang aman untuk bayi, kamu bisa memilih teether.

Teether sendiri merupakan benda yang terbuat dari silikon atau karet yang khusus diperuntukkan bagi bayi yang sedang eksplorasi dengan tangan, mulut dan gusinya. Teether juga bisa mengurangi gatal pada gusi bayi yang ingin tumbuh gigi.

Itulah mainan bayi yang bisa melatih sensorik anak, yang paling penting pilih yang sesuai dengan tahapan bayi kamu ya. 

Baca Juga: Melatih Motorik dengan Memilih Mainan Edukatif yang Tepat untuk Anak 

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Just For You