Comscore Tracker

Peran Penting Ayah ASI dalam Melancarkan Proses Menyusui

Ketika ayah memiliki peranan dan tugas yang sangat penting

ASI menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap bayi. Tapi tahu gak sih, ternyata kesuksesan dalam menyusui tak hanya bergantung pada peran ibu saja, lho. Sosok pendamping, misalnya ayah, menjadi sumber pendukung yang turut memengaruhi proses tersebut. Lalu, apa saja sih yang harus dilakukan seorang ayah untuk melancarkan proses menyusui secara tepat?

1. Tunjukkan kepedulian bukan hanya omongan, melainkan terutama lewat tindakan

Peran Penting Ayah ASI dalam Melancarkan Proses Menyusuiinstagram/tarrabudiman

Proses menyusui bukan sekadar memberikan ASI pada bayi yang dilakukan oleh ibu. Lebih dari itu, seorang ibu membutuhkan kenyamanan saat menyusui. Nah, sebagai seorang ayah yang sigap, kamu bisa memberikan kenyamanan dengan membawakannya bantal penyangga agar tubuh ibu tidak merasa pegal. Sesekali, cobalah untuk menggendong bayi agar ibu tidak merasa lelah sendiri. Seorang ibu bisa melakukan proses menyusui lebih lama bila merasa mendapat dukungan yang luar biasa dari suami, lho. Makanya, tunjukkan aksi nyata kepedulian kamu saat sang istri tengah menyusui, ya.

Baca Juga: Mastitis dan 9 Keluhan Ini Sering Dialami Ibu Selama Menyusui

2. Lakukan kontak fisik dengan bayi maupun ibu

Peran Penting Ayah ASI dalam Melancarkan Proses Menyusuiinstagram/raditya_dika

Usai melakukan persalinan, kondisi istri belum pulih sepenuhnya. Inilah saatnya kamu memberikan tindakan nyata untuk menyenangkan hati istri. Menatap ibu dan bayi dengan penuh cinta serta bahasa tubuh lain yang penuh kasih sayang sangat diperlukan. Terlebih lagi, tubuh kamu yang kuat dan kokoh tentu tidak akan keberatan bila menggendong si kecil sambil menyanyikan senandung lagu pengantar tidur, bukan.

3. Membantu ibu mencari informasi

Peran Penting Ayah ASI dalam Melancarkan Proses Menyusuiinstagram/putrititian

Sebagai ayah ASI, kamu bisa membantu ibu dalam mencari informasi seputar proses menyusui. Misalnya, berapa jeda waktu yang dibutuhkan saat melakukan proses menyusui. Apa saja yang boleh maupun tidak untuk dimakan. Melakukan pijatan di sekitar area puting demi membangkitkan gairah menyusui sang ibu. Ayah ASI juga berperan penting lho dalam memberikan ASI perah. Namun, bila ingin mempergunakan botol, sebaiknya tunggu sampai usia bayi 3-4 minggu. Karena pada usia ini, bayi sudah memahami bagaimana teknik menyusui yang baik dan benar.

Nah, itulah peran penting ayah ASI dalam proses menyusui. Terlebih lagi bagi kamu yang baru saja menyandang status ayah, mulailah mencoba dan menjalani peran pentingmu sebagai ayah ASI. Semangat, ya!

Baca Juga: Happy Father's Day: 7 Gaya Asuh Ayah Millennials yang Super Kekinian

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Elfida

Just For You