Comscore Tracker

5 Tips ART Balik Bekerja Usai Libur Lebaran

Berikan kesan yang baik agar ART senang

Peran asisten rumah tangga dalam sebuah kelurga memang memiliki posisi penting. Hampir setiap hari asisten rumah tangga membantu kita dalam menyelesaikan segala pekerjaan rumah. Jelang musim libur panjang hari raya Idulfitri, biasanya asisten rumah tangga akan mengambil cuti untuk pulang kampung.

Nah di sinilah, kekhawatiran dengan segala drama dimulai. Kondisi rumah yang kurang nyaman biasanya membuat asisten rumah tangga gak mau balik lagi. Oleh sebab itu, momen ini bisa jadi penilaian dan intropeksi diri untuk kamu dan keluarga. Apakah sudah bersikap baik atau sebaliknya. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan agar asisten rumah tangga balik lagi usai Lebaran. 

1. Antusias menyambut mudik dengan membelikan tiket transportasi

5 Tips ART Balik Bekerja Usai Libur LebaranPexels.com/Torsten Dettlaff

Kamu bisa mengajaknya berbincang dengan topik yang ringan seputar kampung halamannya. Menanyakan bagaimana keluarga dan keseruan Lebaran di kampungnya. Setelah itu, berikan kejutan dengan menyampaikan bahwa kamu ingin membelikan tiket transportasi pulang-pergi saat mudik. Tunjukkan antusias dan rasa bahagia kamu agar asisten rumah tangga bisa merasakan energi positif yang kamu berikan. Hal ini bisa memberikan rasa percaya lebih dalam dan ART akan balik lagi usai Lebaran.

2. Membahagiakan ART dengan memberikan THR dua kali lipat dari gaji layaknya karyawan kantoran

5 Tips ART Balik Bekerja Usai Libur LebaranUnsplash.com/bady qb

Bersikaplah profesional dengan ART kamu. Berikan THR dua kali lipat dari gaji biasanya. Mendapatkan pundi-pundi rupiah yang lebih banyak akan membuat ART senang dan termotivasi untuk bekerja kembali usai Lebaran. Posisikan ART sama dengan pekerja lainnya yang mendapat bonus hari raya.

Baca Juga: Asisten Rumah Tangga Mudik? Tenang, Terapkan Saja Tips Ini

3. Menjalin hubungan lebih baik dengan mengajak ART refreshing

5 Tips ART Balik Bekerja Usai Libur LebaranInstagram/Ashanty_ash

Tinggalkan kesan manis dan hangat sebelum ART mudik. Kamu bisa mengajaknya buka puasa bersama lengkap dengan seluruh anggota keluarga. Bisa juga mengajaknya jalan-jalan ke tempat yang belum pernah dikunjungi oleh ART. Buatlah ART nyaman dan merasa menjadi bagian dari anggota keluargamu. Hal sederhana ini justru memberikan pengalaman dan kesan mendalam baginya. Ingat ART anggota rumah yang berperan penting dalam mengurus seisi rumah.

4. Bersikap baik dalam sikap dan tutur kata

5 Tips ART Balik Bekerja Usai Libur Lebaranpexels.com/mentatdg

Alasan terbesar ART ogah balik lagi pasca libur Lebaran salah satunya karena majikan menunjukkan sikap yang kurang baik pada ART. Tak jarang ART mendapat perlakukan yang kurang menyenangkan. Membentak, menyuruh terus menerus, kasar dan lainnya. Sehingga ART merasa tidak ada lagi yang harus diperjuangkan saat bekerja di sana. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu menunjukkan sikap yang baik. Berkatalah dengan lembut saat meminta tolong dan saling menghargai.

5. Terima kasih ART, jangan lama-lama pulang, kami cepat rindu

5 Tips ART Balik Bekerja Usai Libur LebaranInstagram/Siti_syalalah

Saat ART ingin berangkat mudik, sempatkanlah waktu untuk sekadar mengantarnya ke stasiun, terminal, pelabuhan atau bandara. Sebagai bentuk terima kasih, pelayanan sederhana ini sengaja kamu lakukan demi membuat ART bahagia. Katakan padanya, kalau rumah akan terasa berbeda bila ditinggal oleh ART terlalu lama. Makanya, segeralah pulang, berikan pelukan hangat, untuk membangun ikatan yang lebih kuat.

Nah, itu tips yang bisa kamu lakukan agar ART bisa bekerja kembali usai Lebaran. Selama ART pergi kamu bisa memanfaatkan waktu dengan membereskan rumah dengan seluruh anggota keluarga, siapa tahu bisa menambah quality time yang sempat hilang.

Baca Juga: Kami Tahu ke Mana Kamu Mudik Hanya dengan 1 Pertanyaan Ini!

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Pinka Wima

Just For You